Topik Terkait: Manfaat Surat ASy Syuara (halaman 71)

  • Adakah Dalil Membaca...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 17:07 WIB
    Dalil membaca Surat Yasin di malam Jumat ini kerap dipertanyakan oleh setiap muslim. Mengingat dalil yang shahih terkait surat dalam Al Quran yang dibaca ketika malam Jumat adalah Surah Al Kahfi.
  • Apakah Islam Membolehkan...
    Tausiyah
    Selasa, 11 Februari 2020 - 13:18 WIB
    Perempuan adalah sosok istimewa yang dimuliakan Allah Taala sebagai pendamping laki-laki. Lalu, apakah Islam membolehkan wanita bekerja di luar rumah?
  • Cara Menasihati Anak...
    Muslimah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Surat Luqman merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang berisi nilai-nilai pelajaran untuk orang tua maupun anak. Dalam surat ini, berisi tentang wasiat yang disampaikan oleh Luqman kepada anaknya
  • Bolehkah Puasa Syawal...
    Tausyiah
    Selasa, 25 April 2023 - 08:37 WIB
    Bolehkah puasa Syawal dikerjakan tidak berurutan? Hal ini sering ditanyakan kaum muslim mengingat waktunya yang cukup panjang di bulan Syawal dan melaksanakannya selama 6 hari. Bagaimana menurut syariat?
  • Doa Nabi Yusuf Ketika...
    Tips
    Senin, 15 November 2021 - 20:36 WIB
    Nabi Yusuf alaihissalam merupakan cucu dari Nabi Ishaq yang nasabnya tersambung ke Nabi Ibrahim sampai ke Nabi Nuh. Berikut doa Nabi Yusuf ketika diberi kerajaan.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 11:00 WIB
    Surat At Taubah Ayat 102 menjelaskan tentang orang-orang yang menyesali perbuatannya dan langsung bertaubat dengan memperbanyak amalan soleh dan menyesali perbuatannya.
  • Adab Minum Air Putih...
    Tips
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:03 WIB
    Air adalah salah satu karunia besar Allah untuk kelangsungan hidup manusia. Agar air yang kita minum menjadi berkah ada baiknya kita mengamalkan adab berikut.
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • Pengaruh Zikir dan Manfaatnya...
    Hikmah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:10 WIB
    Membaca zikir atau berzikir memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Selain manfaatnya, ada juga pengaruhnya yang luar biasa terhadap jiwa. Apa saja pengaruh zikir tersebut?
  • Tafsir Al-Kahfi Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 23 September 2021 - 17:49 WIB
    Salah satu kisah menakjubkan diceritakan Allah dalam Surat Al-Kahfi ketika 7 pemuda bersama raqimnya tertidur di dalam gua selama 300 tahun (hitungan kalender Masehi).
  • 16 Kaidah dalam Surat...
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 16:04 WIB
    Para ulama menganggap surat Al-Baqarah ayat 177 dalam Al-Quran merupakan ayat yang agung yang mencakup banyak hukum-hukum syariat di dalamnya terkandung 16 kaidah. Apa saja?
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Sabtu, 03 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 76 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Ini Khasiat Surat Al-Anbiya...
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 17:09 WIB
    Bagi seseorang yang sedang tertimpa masalah, sehingga hatinya dirundung kegelisahan, maka berdoalah dengan membaca Surat Al-Anbiya ayat 79, seraya memohon kepada Allah supaya dikabulkan oleh-Nya.
  • Inilah Keutamaan dan...
    Tausyiah
    Rabu, 25 Mei 2022 - 23:48 WIB
    Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Berikut beberapa keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 17:40 WIB
    Pada lanjutan Tadabbur Surat An-Nur ini, Allah menerangkan bahwa perempuan-perempuan yang tidak baik biasanya menjadi istri laki-laki yang tidak baik pula.
  • Rasulullah SAW Membaca...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:52 WIB
    Rasulullah SAW memiliki kebiasaan membaca Alif Lam Mim Sajdah, yaitu surat ke-32, dan surat al-Insan, yaitu surat ke 76, di dalam sholat subuh pada hari Jumat
  • Kisah Nabi Musa dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Juli 2021 - 21:41 WIB
    Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir di Surat Al-Kahfi tepatnya di ayat 60-82. Pada ayat ini dijelaskan Allah SWT membimbing Nabi Musa supaya terlepas dari kesombonganya
  • Penyebab Manusia Tak...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 16:54 WIB
    Al-Quran menjelaskan alasan mengapa manusia tidak mau bersedekah, padahal manfaatnya sangat besar. Salah satu alasannya disampaikan dalam Surat Al-Baqarah.
  • Taubat Nasuha: Ketika...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:10 WIB
    Orang yang bertaubat harus meninggalkan menemani tukang tiup api untuk kemudian memilih teman tukang jual minyak wangi, seperti diajarkan oleh pengajar yang pertama, Rasulullah SAW.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 17:30 WIB
    Ayat sebelumnya telah dijelaskan adab dan etika etika memasuki rumah yang berpenghuni. Pada tadabbur ayat selanjutnya Allah menguraikan etika memasuki rumah yang tak berpenghuni.