Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 204)

  • Tidur Siang, Sunah Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 11:44 WIB
    Tidur siang atau tidur qailulah, merupakan sunah Rasulullah Shallallahu alaihui wa sallam yang banyak sekali manfaatnya.
  • Pertaruhan Besar Khalid...
    Hikmah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 15:06 WIB
    Di antara mereka yang dikirimkan Abu Bakar untuk membantu Khalid terdapat orang-orang yang sudah hafal Al-Quran, juga terdiri dari mereka yang sudah pernah terjun ke dalam perang Badar.
  • 14 Anak Muda Hebat dalam...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 00:20 WIB
    Anak-anak muda ternyata memiliki peran penting dalam sejarah peradaban Islam. Kehebatan para pemuda Islam ini layak dijadikan teladan oleh generasi Milenial saat ini.
  • Lirik Selawat Alamate...
    Tips
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 17:21 WIB
    Selawat Alamate Anak Saleh kini viral di media sosial usai dilantunkan banyak majelis selawat di Indonesia. Lirik selawat ini mengandung pujian atas Nabi Muhammad SAW dan nasihat untuk anak-anak.
  • Tanda-Tanda Sudah Ada,...
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 02:54 WIB
    Pembicaraan tentang kiamat kembali meletup sejak menjelang Ramadhan. Sebuah broadcast di medsos mengabarkan akan terjadinya kiamat pada 15 Ramadhan tahun ini.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Panduan Salat Sunnah...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Maret 2024 - 19:18 WIB
    Salat rawatib adalah salat sunnah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) dan sesudah (badiyah) salat fardhu (wajib). Ada perbedaan penafsiran dari ulama mengenai total jumlah rakaatnya.
  • Kisah Abu Bakar yang...
    Hikmah
    Minggu, 20 Mei 2018 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab An-Nawaadir karya Imam Al Qalyubi diceritakan suatu malam Khalifah Abu Bakar Radiyallahu Anhu (RA) bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis dalam mimpinya itu.
  • Tahun Abu: Kisah Datangnya...
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 08:39 WIB
    Pada saat Tahun Abu, yakni tahun paceklik, saat wabah kelaparan melanda Madinah, Makkah dan sekitarnya, Khalifah Umar bin Khattab meminta bantuan para gubernurnya di Syam dan Irak.
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Januari 2024 - 10:56 WIB
    Habib Umar bin Hafidz merupakan seorang ulama besar kenamaan dari Yaman. Tak sebatas di negaranya saja, pengaruh dan popularitas Habib Umar juga sudah sampai ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.
  • Keutamaan Menikah dan...
    Hikmah
    Jum'at, 04 Oktober 2019 - 06:22 WIB
    Menikah adalah sunnatullah sebagaimana Allah Taala memerintahkan para hamba&shyNya untuk menikah dan melarang melakukan zina.
  • Membesuk dan Mendoakan...
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 09:28 WIB
    Kunjungan kepada orang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim dengan muslim lainnya. Membesuk&nbsp orang sakit dan mendoakannya dengan doa termasuk sebab kesembuhan.
  • Apa Itu Tradisi Rebo...
    Hikmah
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 14:29 WIB
    Apa itu tradisi Rebo Wekasan? Istilah Rebo Wekasan populer di Indonesia, terutama di Jawa. Istilah ini muncul di bulan Safar dalam tradisi Jawa.
  • Perjalanan Isra Mikraj...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:08 WIB
    Peristiwa Isra Mikraj tidak bisa dijelaskan dengan Teori Relativitas Khusus karena jika memakai teori tersebut, Rasulullah SAW belum keluar dari sistem tata surya.
  • Umar bin Khattab Menjelang...
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 15:44 WIB
    Setelah itu Ibn Abbas keluar memenuhi keinginan Umar. Ia berseru kepada orang banyak: Saudara-saudara, Amirulmukminin bertanya: Adakah peristiwa ini dari hasil musyawarah pemuka-pemuka kalian?
  • Belajar Sabar dan Ridha...
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 10:06 WIB
    Sabar adalah kendaraan yang tidak pernah terpelesat, bekal terbaik pada saat saat genting dan sarana terbaik untuk mendapatkan keridhaan Allah Azza wa Jalla.
  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran...
    Hikmah
    Selasa, 18 Februari 2020 - 21:02 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 (satu juta dua puluh tujuh ribu) huruf. Berikut lanjutan 40 Hadis Nabi mengenai keutamaan Al-Quran.
  • Ini Mengapa Khulafaur...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 13:06 WIB
    Khulafaur Rasyidin yakni Abu Bakar, Umar , Utsman, dan Ali bin Abi Thalib sedikit meriwayatkan hadis. Jika dijumlahkan keempat khalifah ini hanya meriwayatkan 1411 hadis.
  • Akhir Tragis Cucu Abu...
    Hikmah
    Senin, 03 Mei 2021 - 21:01 WIB
    Hajjaj melaksanakan kebuasan dan dendam kesumatnya, hingga tak ada jenis kebiadaban yang lebih keji kecuali dengan menyalib tubuh syahid suci yang telah beku dan kaku itu.
  • Kisah Siti Hajar Berlari...
    Hikmah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Siti Hajar berlari bolak-balik dari Shafa ke Marwah hingga 7 kali, kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.
  • Puasa Syawal, Pahalanya...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.