Topik Terkait: Nilai Tradisi (halaman 2)

  • Sejarah Kue Apem: Apa Hubungannya dengan Sunan Gunung Jati?
    Dunia Islam
    Selasa, 22 Maret 2022 - 17:09 WIB
    Sejarah kue apem dan hubungannya dengan Sunan Gunung Jati bukanlah sesuatu yang mengada-ada. Tradisi di bulan Safar di Cirebon yang melibatkan kue apem dilakukan sejak zaman Sunan Gunung Jati.
  • Renungan: Meraih Suksesi, Belajar dari Pohon Jati
    Hikmah
    Rabu, 14 April 2021 - 05:22 WIB
    Endapkanlah energi spiritualmu agar kemegahan Allah mengalir dalam diri kita, untuk mencegah masuknya serangga laknat itu... Bahkan dengan diam, kalian pun akan bermanfaat bagi siapa pun.
  • Tetap lestarikan tradisi Salawat Jawa
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 10:15 WIB
    Masjid Plosokuning sendiri berdiri di atas tanah Kasultanan seluas 2.500 meter persegi. Bangunan masjid pada saat didirikan seluas 288 m2, dan setelah pengembangan menjadi 328 m2. Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I 1723-1819 ini awalnya merupakan benteng spiritual, dan pada masa perang kemerdekaan menjadi benteng pertahanan fisik
  • Tradisi Unik di Mesir, Ramadan dengan Lampion
    Hikmah
    Rabu, 01 Juli 2015 - 10:49 WIB
    Ada tradisi unik yang dipertahankan di Mesir selama Ramadan. Yakni, tradisi menyalakan lampion dan lampu warna-warni di berbagai tempat.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Tujuh Bersaudara, Sebab dan Akibat
    Hikmah
    Minggu, 11 Oktober 2020 - 14:36 WIB
    Tidakkah mereka sedikit menyadari apa yang sebenarnya terjadi? Mereka hanya melihat satu jenis sebab dan akibat, sementara kadang akibat, seperti yang mereka katakan, muncul sebelum sebab.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hati-hati Jebakan Riba dalam Tradisi Tukar Uang Jelang Lebaran
    Tips
    Selasa, 11 Mei 2021 - 09:05 WIB
    Sudah menjadi tradisi menjelang lebaran, kaum muslimin disibukkan dengan menukar uang pecahan baru guna memenuhi kebutuhan Hari Raya. Bagaimana hukumnya?
  • Menjaga Nilai-Nilai Ramadan dan Idulfitri untuk Wujudkan Persatuan Bangsa
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 21:29 WIB
    Nilai-nilai ibadah dan keluhuran yang dijalankan di bulan Ramadan perlu dijaga dan diimplementasikan untuk membentuk insan yang bertakwa kepada Allah SWT demi mewujudkan persatuan bangsa.
  • Tradisi Memberi Sesajen dalam Fatwa Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 18:13 WIB
    Berbagai upaya telah dilakukan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710-1812 M) demi menjaga ketauhidan orang Islam Banjar dari segala hal yang membawa kemusyrikan.
  • Tradisi Salam-salaman Saat Lebaran, Apakah Termasuk Sunnah Nabi?
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 21:59 WIB
    Setiap lebaran Idul Fitri biasanya kaum muslim di Tanah Air melakukan salam-salaman dan berpelukan usai sholat Ied. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Tradisi Menyambut Ramadhan, Apakah Termasuk Bidah?
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 13:50 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Farid Numan Hasan tentang tradisi menyambut bulan suci Ramadhan, apakah bidah? Berikut penjelasannya.
  • Selama Ramadhan, Ponpes An Nahdlah Kembangkan Tradisi Menulis bagi Santri-Mahasiswa
    Dunia Islam
    Minggu, 24 April 2022 - 17:11 WIB
    Santri di Ponpes An Nadlah Kebumen antusias mengikuti serangkaian kegiatan amaliah selama Ramadhan. Kegiatan tersebut, di antaranya mengembangkan tradisi menulis dan kajian kitab kuning.
  • Mengaji Daring Tak Kurangi Nilai Ibadah Ramadhan
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 08:10 WIB
    Kegiatan Ramadhan seperti pengajian, tadarus, dan diskusi keagamaan di masjid-masjid tidak lagi bisa terlaksana tahun ini akibat pandemi Covid-19.
  • Syawalan di Kendal, Tradisi Silaturahmi dengan Pendahulu
    Hikmah
    Minggu, 03 Agustus 2014 - 21:54 WIB
    Tradisi yang biasa disebut Syawalan ini merupakan peringatan hari meninggalnya Kiai Asy&rsquoari atau dikenal dengan Kiai Guru.
  • Keseimbangan Tauhid dan Nilai Kesatuan Menurut Hasan at-Turabi
    Tausyiah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 17:46 WIB
    Kebebasan merupakan nilai esensial agama. Tanpa kebebasan tidak akan muncul kekuatan iman yang merdeka dan tidak tercapainya tujuan dalam berkreasi dan memberikan kontribusi nyata.
  • Siwak: Salah Satunya Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa sampai Menjernihkan Suara
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 13:58 WIB
    Bau mulut sangat akrab bagi mereka yang berpuasa. Ini terjadi karena orang yang berpuasa memproduksi lebih sedikit air liur untuk melindungi mulut dari kuman mulut. Solusinya adalah siwak.
  • Tradisi Duyog Ramadan di Filipina: Buka Puasa Bersama Non-Muslim
    Dunia Islam
    Selasa, 02 April 2024 - 13:50 WIB
    Ramadan di Filipina bermakna waktu berkumpul bagi warga yang berbeda agama. Sekitar 80 persen dari 110 juta penduduk Filipina adalah penganut Katolik Roma, sedangkan Muslim berjumlah sekitar 10 persen.
  • Cadar Hanyalah Salah Satu Tradisi atau Mode di Zaman Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 18:11 WIB
    Memakai cadar, sehingga yang terlihat hanya kedua bola mata, merupakan salah satu tradisi atau mode/cara berdandan yang menjadi trend pada sebagian wanita sebelum dan sesudah kedatangan Islam
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Misteri Kaum Sufi?
    Hikmah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Tahlilan Hari ke-3, 7, 40, 100: Benarkah Tradisi dari Hindu-Budha?
    Tausyiah
    Kamis, 18 November 2021 - 05:07 WIB
    Tahlilan pada hari-hari tertentu seperti Hari ke-3, 7, 40, 100 atau peringatan haul untuk mendoakan orang yang telah meninggal, benarkah berasal dari Hindu atau Budha?
  • Peringati Maulid Nabi, JATMAN DKI Ajak Masyarakat Bangun Tradisi Khataman Kitab Hadits
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 18:04 WIB
    Pengurus JATMAN DKI Jakarta menggelar Halaqah Alim Ulama dan Masyayikh Thoriqoh Al-Mutabarah An-Nahdliyah se-DKI Jakarta dalam rangka memeriahkan Ihtifal Maulid Rasulullah SAW akhir pekan lalu.