Topik Terkait: Nilai Tradisi (halaman 3)

  • Tradisi Alkimia Masuk ke Barat Melalui Sumber-Sumber Arab
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:34 WIB
    Ihya mengandung penjelasan-penjelasan yang sangat penting dengan cinta ideal sufi. Adapun perumpamaan manusia dengan sesamanya atau dengan makhluk seringkali digunakan.
  • Semangat Idul Fitri dan Perkuat Solidaritas Kemanusiaan serta Kebangsaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:48 WIB
    Momentum Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagian. Namun ternyata tidak semuanya merasakan kemenangan dan kebahagiaan terutama mereka yang berada di daerah konflik seperti di Palestina.
  • Keseimbangan Tauhid dan Nilai Kesatuan Menurut Hasan at-Turabi
    Tausyiah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 17:46 WIB
    Kebebasan merupakan nilai esensial agama. Tanpa kebebasan tidak akan muncul kekuatan iman yang merdeka dan tidak tercapainya tujuan dalam berkreasi dan memberikan kontribusi nyata.
  • Tradisi Ramadan di Jeddah: Toko-Toko Dihias Lentera dan Bulan Sabit
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Maret 2024 - 14:07 WIB
    ahun ini dekorasi Ramadan di ruang publik lebih rumit dan memesona. Arab News melaporkan, mal, hotel, dan pertokoan di kota pesisir ini telah mengalami transformasi luar biasa.
  • Tetap lestarikan tradisi Salawat Jawa
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 10:15 WIB
    Masjid Plosokuning sendiri berdiri di atas tanah Kasultanan seluas 2.500 meter persegi. Bangunan masjid pada saat didirikan seluas 288 m2, dan setelah pengembangan menjadi 328 m2. Masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I 1723-1819 ini awalnya merupakan benteng spiritual, dan pada masa perang kemerdekaan menjadi benteng pertahanan fisik
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Tradisi Lebaran di Negeri Sungai Nil
    Hikmah
    Jum'at, 15 Juni 2018 - 10:00 WIB
    Hari Raya Ied merupakan hari kemenangan yang dirayakan kaum muslimin di seluruh belahan dunia, salah satunya di negeri Sungai Nil, Mesir.
  • Polemik Salafi: Benarkah Tidak Cocok dengan Tradisi Islam Indonesia?
    Dunia Islam
    Selasa, 01 November 2022 - 13:27 WIB
    Prof Mahfud MD menilai paham Wahabi dan Salafi tak cocok dengan tradisi Islam yang ada di Indonesia. Benarkah? Lalu apa sejatinya Salafi itu? Berikut penjelasan al-Qardhawi.
  • Instruksi dan Tradisi Chisytiyah: Misteri Kaum Sufi?
    Hikmah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 07:55 WIB
    Jika manusia mencari Kebenaran, ia harus memenuhi syarat untuk menerima kebenaran. Ia tidak mengetahui ini. Akibatnya, meyakini keberadaan Kebenaran, ia beranggapan dirinya mampu menerimanya.
  • Masjid Tertua di Manado, Saksi Bisu Penyebaran Islam
    Hikmah
    Sabtu, 04 Juli 2015 - 12:51 WIB
    Masjid Agung Awwal Fathul Mubien yang terletak di Kelurahan Kampung Islam, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara, boleh jadi terlihat seperti masjid biasa.
  • Ritual Karbala: Tradisi Kaum Syiah saat Hari Asyura, Penyesalan Diri Para Pengkhianat
    Dunia Islam
    Senin, 01 Agustus 2022 - 16:09 WIB
    Tradisi kaum Syiah saat Hari Asyura yang biasa dinamakan ritual Karbala merupakan hari yang menandai peristiwa syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dan para sahabatnya dalam perang Karbala.
  • TGB: Maulid Nabi Momentum Kembali Meneladani Nilai-nilai Kemanusiaan Universal
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Oktober 2022 - 04:55 WIB
    Ketua OIAA Indonesia TGB Muhammad Zainul Majdi mengajak Maulid Nabi menjadi momentum untuk kembali meneladani nilai-nilai kemanusiaan universal yang dibawa oleh nabi.
  • Menduga Tradisi Pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Al-Saif
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 09:29 WIB
    Hari ini, Kamis 1 Juni 2023, adalah hari pernikahan Putra Mahkota Hussein bin Abdullah II dari Yordania dengan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi. Lalu tradisi mana yang dipilih?
  • Tradisi Memberi Sesajen dalam Fatwa Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 18:13 WIB
    Berbagai upaya telah dilakukan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710-1812 M) demi menjaga ketauhidan orang Islam Banjar dari segala hal yang membawa kemusyrikan.
  • Majelis Habib Ali Kwitang dan Tradisi Khataman Kitab Sahih Al-Bukhari
    Tausiyah
    Selasa, 10 Maret 2020 - 08:15 WIB
    Setiap bulan Rajab, ada tradisi yang jarang dilakukan di banyak majelis taklim di Indonesia, yaitu pembacaan Kitab Sahih Al-Bukhari.
  • Tradisi Nyadran di Bulan Syaban, Sudah Ada di Era Majapahit
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 13:49 WIB
    Sebagian masyarakat Islam di Jawa menyelenggarakan tradisi Nyadran pada bulan Syaban atau menjelang Ramadhan. Rupanya, tradisi ini sudah dilakukan orang-orang Jawa sebelum masuknya Islam di Indonesia.
  • Tradisi Menyambut Ramadhan, Apakah Termasuk Bidah?
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 13:50 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Farid Numan Hasan tentang tradisi menyambut bulan suci Ramadhan, apakah bidah? Berikut penjelasannya.
  • Tradisi tumpeng jelang Ramadan
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juli 2013 - 22:01 WIB
    Acara itu dikemas dengan menarik, menari dan bersalawat sambil berkeliling kampung. Selain itu ada pula pesta ratusan tumpeng.
  • Al-Walid Bin Al-Mughirah, Tradisi Ciptaannya Dilanjutkan Islam Namun 10 Ayat Al-Quran Mencela Dirinya
    Hikmah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 18:03 WIB
    Al-Walid ibn Al-Mughirah adalah tokoh sepuh Quraisy, penentang dakwah Rasulullah SAW pada masa-masa awal kenabian. Ada lebih dari 100 ayat dalam Al-Quran yang membicarakan dirinya.
  • Jejak Panjang Tradisi  Malam 1 Sura, dan Suronan 10 Muharram
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Tradisi lokal sirungguk, hiburan rakyat menunggu berbuka puasa
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 07:42 WIB
    Tradisi Sirungguk (orang yang dibalut dengan akar dan rumput pohon) menjadi hiburan rakyat menjelang berbuka puasa di Kelurahan Parausorat, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Tradisi ini disebut-sebut sudah ada sejak zaman dulu.