Topik Terkait: Orang Yang Boleh Tidak Puasa Ramadhan (halaman 4)

  • 6 Adab yang Perlu Diperhatikan Orang yang Berpuasa
    Tips
    Senin, 12 April 2021 - 19:50 WIB
    PALING tidak ada 6 adab berpuasa. Dan bagi orang yang berpuasa hendaknya memperhatikan adab tersebut. Berikut adab-adab berpuasa berdasarkan hadis Nabi SAW.
  • Mereka yang Tidak Diampuni di Bulan Ramadhan
    Muslimah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 10:10 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan ampunan. Bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya di dalam bulan Ramadhan. Namun ternyata ada juga orang-orang yang tidak diampuni. Siapa saja mereka?
  • Doa Rasulullah Menyambut Bulan Suci Ramadhan
    Tips
    Rabu, 30 Maret 2022 - 14:49 WIB
    Bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal hitungan hari. Maka sambutlah kedatangannya dengan penuh suka cita di antaranya dengan memperbanyak doa dan istighfar.
  • Puasa, Alat Detoksifikasi Diri dari Berbagai Keburukan
    Tausyiah
    Minggu, 25 April 2021 - 17:43 WIB
    Puasa memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan racun-racun atau tabiat buruk di dalam tubuh. Puasa juga menjadi alat peredam diri, stabilizer emosi atau detoksifikasi spiritual.
  • Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 10:30 WIB
    Substansi dari keislaman itu adalah Al-istislam at-taam (berserah diri secara totalitas) kepada Allah SWT.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Ramadhan Momentum Mengikis Budaya Konsumtif
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 08:25 WIB
    Melalui puasa Ramadhan setiap muslim seyogianya mampu melatih diri untuk tidak makan dan minum secara berlebih-lebihan atau berperilaku konsumtif.
  • Siapa Golongan yang Tidak Boleh Menerima Zakat Fitrah?
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 06:27 WIB
    Bila ada yang berhak menerima zakat fitrah, maka ada juga golongan yang tidak boleh menerimanya. Kenapa demikian dan siapa saja mereka yang tidak boleh menerima zakat fitrah ini?
  • Larangan Menunda-nunda Bayar utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 25 Februari 2024 - 07:56 WIB
    Jika seseorang menunda-nunda qadha puasa Ramadan dengan tanpa udzur, maka dia wajib bertaubat dari dosa tersebut, menyesalinya dan berjanji tidak akan mengulanginya
  • Tips Menahan Hawa Nafsu dan Amarah Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 08 April 2022 - 11:01 WIB
    Hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama puasa walaupun tidak membatalkan puasa secara langsung layaknya makan dan minum, namun tetap saja hal ini dapat mengurangi nilai dan pahala dalam ibadah puasa kita
  • Apakah Boleh Puasa Ramadan Jika Masih Punya Utang Puasa?
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:02 WIB
    Apakah boleh puasa ramadhan jika masih punya utang puasa? Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, waktu untuk membayar puasa adalah pada hari-hari lain di luar bulan Ramadan.
  • Puasa dan Transformasi Hidup (1)
    Tausyiah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 22:55 WIB
    Pengingat (dzikra) untuk kita semua jika Ramadhan hendaknya tidak saja dijadikan sebagai bulan ritual rutinitas semata. Apalagi sekadar menjadi ajang hitung-hitungan dengan Allah Taala.
  • Perkara Amal Shaleh  yang Tidak Boleh Ditunda-tunda
    Muslimah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 07:47 WIB
    Ada banyak amal shaleh yang bisa dilakukan oleh seorang muslim. Namun tahukah muslimah, ternyata ada perkara-perkara dalam beramal shaleh ini tidak boleh ditunda-tunda.
  • Muslim Harus Tahu Ini 10 Dalil Tentang Puasa
    Tausyiah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 22:29 WIB
    Dalil tentang puasa perlu diketahui kaum muslimin sebelum memasuki bulan Ramadhan. Pengetahuan tentang puasa ini sangat penting agar ibadah kita bernilai di sisi Allah.
  • Puasa Sebagai Ujian Kesadaran Adanya Tuhan yang Maha Hadir, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 17:13 WIB
    Salah satu hakikat ibadah puasa ialah sifatnya yang pribadi, bahkan merupakan rahasia antara seorang manusia dengan Tuhannya. Dan segi kerahasiaan itu merupakan letak seorang manusia dengan Tuhannya.
  • Memasuki Ramadhan, Pesan Haedar: Puasa Harus Jadi Mi’raj Rohani
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 15:13 WIB
    Haedar Nashir berhara , puasa harus betul-betul menjadi miraj rohani, yang pertama harus selalu taqarrub ilallah, semakin membuat kita dekat kepada-Nya.
  • Aspek Hukum Puasa: Mereka yang Boleh Membayar Fidyah jika Tidak Berpuasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Bacaan Niat Puasa Syawal, Tidak Harus Dibaca Malam Hari
    Tips
    Rabu, 10 April 2024 - 16:50 WIB
    Rasulullah SAW telah menjelaskan dalam Hadis bahwa orang yang berpuasa Ramadan kemudian disambung dengan puasa enam hari Syawwal, maka akan memperoleh pahala senilai puasa satu tahun.
  • Inilah Wanita-wanita Muslimah yang Boleh Tidak Berjilbab
    Muslimah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Tidak semua wanita muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Apakah Merokok Membatalkan Puasa?
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 19:52 WIB
    Apakah merokok membatalkan puasa? Mungkin pertanyaan ini tidak akan muncul dari orang-orang yang tidak merokok. Berikut penjelasannya.