Topik Terkait: Perang Salib (halaman 500)

  • Bangkit dari Sujud, Duduk Sejenak atau Langsung Berdiri?
    Tausiyah
    Minggu, 26 Mei 2019 - 15:57 WIB
    Penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai cara bangkit dari sujud menurut pandangan beberapa madzhab.
  • Ramadhan, Bulan Memperbanyak Silaturahim
    Tausiyah
    Minggu, 26 Mei 2019 - 21:04 WIB
    Qur&rsquoan surat An-Nisa ayat 36 di atas juga menganjurkan manusia untuk menjalin ikatan silaturahim antarsesama.
  • Carilah Lailatul Qadar di Malam Ganjil dari 10 Terakhir Ramadhan
    Tausiyah
    Senin, 27 Mei 2019 - 14:09 WIB
    Dalam Alquran, Allah SWT memberitahukan kemuliaan Lailatul Qadar. Allah berfirman, Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan.
  • Inilah Syarat Wajib Menunaikan Zakat Fitrah
    Tausiyah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 09:35 WIB
    Sesungguhnya puasa di bulan Ramadhan tergantung di antara langit dan bumi, dan sungguh tidak akan terangkat melainkan dengan zakat fitrah.
  • Salat Tarawih di Masjid Terdalam di Dunia
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:11 WIB
    Bagi karyawan muslim PT Freeport Indonesia yang bekerja di dalam perut bumi, salat Tarawih dilaksanakan di masjid yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Cara Meraih Lailatul Qadar
    Tausiyah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 16:38 WIB
    Kemuliaan Lailatul Qadar telah diabadikan dalam Alqur&rsquoan Surah Al-Qadr yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Jibril dengan izin Tuhannya.
  • Dahsyatnya Fadhillah Menangis karena Allah
    Tausiyah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 18:30 WIB
    Imam besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar menyampaikan tausiyahnya pada malam ke-23 Ramadhan 1440 Hijriyah atau bertepatan malam ketiga itikaf, Senin dini hari (27/5/2019).
  • Kisah Pendeta Buhaira yang Bersaksi atas Kenabian Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 03:31 WIB
    Seorang Rabib (pendeta) bernama Buhaira bersaksi atas kenabian Muhammad shallallahu a&rsquolaihi wa sallam (SAW) yang masih berusia belasan tahun saat itu.
  • Bagaimana Posisi Jari Ketika Tasyahud? Berikut Pendapat 4 Mazhab
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 09:15 WIB
    Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko memberi penjelasan secara rinci mengenai posisi jari jemari ketika tasyahhud.
  • Tarawih, Ibadah Ramadhan yang Paling Banyak Godaannya
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 11:00 WIB
    Menurut Ustaz Ahmad Sarwat, Direktur Rumah Fiqih Indonesia, dari semua rangkaian paket ibadah di bulan Ramadhan, yang paling berat dijalankan bukan puasa di siang hari, namun justru salat tarawih.
  • Puasa itu Melahirkan Kerinduan
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 14:51 WIB
    Disebutkan bahwa dari sekian kesenangan ukhrawi kelak, tak ada lagi yang paling diimpikan oleh manusia mukmin lebih dari menatap wajah sang Khaliq.
  • Waktu yang Paling Afdhol Menunaikan Zakat Fitrah
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 16:18 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Al-Habib Ahmad bin Novel Jindan menjelaskan seputar fiqih zakat fitrah yang perlu diketahui masyarakat awam dan para panitia zakat.
  • Hukum Mensalatkan Jenazah Pelaku Maksiat, Ini Kata Quraish Syihab
    Tausiyah
    Rabu, 29 Mei 2019 - 19:09 WIB
    Seorang jamaah bernama Teguh Wibowo warga Bengkulu bertanya kepada Prof Muhammad Quraish Shihab tentang hukum mensalatkan jenazah pelaku maksiat.
  • Islam Itu Cinta
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 08:01 WIB
    Di dalam jantung setiap agama dan tradisi otentik (the heart of religions) terdapat pesan kebenaran yang sama, yakni cinta.
  • Apa Hukum Bersin dan Mengucap Hamdalah Saat Salat?
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Mungkin banyak di antara kita yang pernah bersin lalu mengucap Alhamdulillah ketika salat. Bolehkah membaca doa ketika sedang salat, padahal doa itu tidak diajarkan Rasulullah?
  • Puasa Ramadhan Melahirkan Kesungguhan dalam Pengabdian
    Tausiyah
    Kamis, 30 Mei 2019 - 12:30 WIB
    Di malam-malam terakhir bulan Ramadhan, ujian itu semakin membesar. Kerap terjadi godaan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang justru merugikan.
  • Nasaruddin Umar: Orang yang Mukhlas Tidak Bisa Digoda Iblis
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 08:01 WIB
    Imam besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar mengupas hakikat keikhlasan saat memberi ceramah itikaf pada malam ke-25 Ramadhan 1440 Hijriyah di Masjid Istiqlal Jakarta (27/5/2019).
  • Puasa Ramadhan Itu Berserah Diri
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 10:30 WIB
    Substansi dari keislaman itu adalah Al-istislam at-taam (berserah diri secara totalitas) kepada Allah SWT.
  • Kisah Khadijah Jatuh Cinta pada Rasulullah
    Hikmah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 16:55 WIB
    Syeikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury menceritakan kisah pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Sayyidah Khadijah RA dalam Kitabnya Ar-Rahiqul Makhtum.
  • Perpecahan Agama Samawi, Islam Menjadi 73 Golongan
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juni 2019 - 10:30 WIB
    Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah, Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad (1634-1720) menyebutkan, umat ini telah terpecah sejak dahulu kala sesuai jumlah yang telah disebutkan Nabi.