Topik Terkait: Sejarah Maulid Nabi (halaman 163)

  • 7 Nabi yang Pernah Bertemu...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 20:03 WIB
    Ada 7 nabi yang pernah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Mereka adalah Nabi Adam, Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Yusuf, Nabi Idris, Nabi Harun, Nabi Musa, Nabi Ibrahim. Pertemuan ini terjadi dalam peristiwa Isra dan Miraj.
  • Saifuddin Al-Qutuz,...
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 06:30 WIB
    Saifuddin Al-Qutuz, Sultan Mamluk yang berhasil memukul mundur pasukan Mongol dikenal sebagai pahlawan Islam yang legendaris. Kisahnya dicatat dalam sejarah Islam.
  • Khotbah Jumat: Kejahatan...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 06:43 WIB
    Khotbah Jumat kali ini masih mengangkat topik perjuangan Palestina menghadapi agresi Israel. Hari ini bertepatan Jumat 17 Jumadil Awal 1445 Hijriyah atau 1 Desember 2023.
  • Ingin Kaya dan Rezeki...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 19:58 WIB
    Bagi yang ingin mengubah nasib susah menjadi bahagia dengan rezeki berlimpah, ada baiknya mengamalkan cara Islami ini. Amalan ini diajarkan oleh Rasulullah SAW.
  • Kekeliruan Menafsirkan...
    Tausiyah
    Jum'at, 06 Desember 2019 - 08:01 WIB
    Dalam kitab Nurul Abshar fi Manaqib an-Nabi al-Mukhtar karya Abi Hafiz Syeikh Muhammad Asy-Syablanji memang diterangkan Nabi Muhammad pada usia 7 tahun pernah terkena sakit mata.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Selamat Memperingati...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 11:03 WIB
    Malam itu tidak seperti malam biasanya. Di Arasy, para Malaikat bergemuruh melafazkan dzikir memuji keagungan Allah. Malam yang gelap gulita berubah menjadi malam terang bertabur keberkahan.
  • Yuk Hafalkan! 8 Permintaan...
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 15:21 WIB
    Duduk di antara dua sujud termasuk rukun sholat yang tidak boleh ditinggalkan. Berikut doa yang dibaca ketika duduk di antara dua Sujud. Ada 8 permintaan dalam posisi ini.
  • Perang Salib I: Kisah...
    Hikmah
    Senin, 29 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Dalam perang ini kekhalifahan Islam, Turki Seljuk Rum kalah. Pasukan Salib merebut wilayah Nicaea sehingga Turki Seljuk Rum memindahkan pemerintahannya ke Konya.
  • Dua Nama Terbaik untuk...
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:47 WIB
    Nama terbaik adalah nama yang direkomendasikan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu dua nama: Abdullah dan Abdurrahman. Bagaimana penjelasannya?
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 18:11 WIB
    Umar berkata: Sungguh, Rasulullah pasti akan kembali seperti Musa juga. Orang yang menduga bahwa dia telah meninggal, tangan dan kakinya harus dipotong!
  • Kisah Umm Ziml, Perempuan...
    Hikmah
    Senin, 03 Agustus 2020 - 15:03 WIB
    Umm Ziml di atas untanya membakar semangat para pengikutnya agar terus bertempur, dan mereka pun menerjang maju tak peduli lagi, ada beberapa rumah mereka yang hancur.
  • Begini Cara Ibrahim...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 13:41 WIB
    Istri Ismail bercerita ada lelaki tua datang. Dia bertanya ihwal kehidupan mereka. Aku pun menceritakannya bahwa kita hidup dalam kepayahan dan kesusahan.
  • Inilah Amalan yang Dapat...
    Tausiyah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Andai umat Islam tahu dahsyatnya keutamaan amalan ini, niscaya lisan mereka tak akan bosan menghidupkan dan mengamalkannya. Amalan ini adalah perintah Allah Taala kepada orang beriman.
  • Antara Yastrib dan Madinah:...
    Hikmah
    Rabu, 03 Juni 2020 - 16:58 WIB
    Kota Madinah pra-Islam diisi penduduk yang berasal dari tragedi yang menimpa di masa Nabi Nuh AS. Ini dimulai dari seorang pengikut Nabi Nuh bernama Yatsrib bin Qaniyah.
  • Kisah Uwais Al-Qarni...
    Muslimah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:53 WIB
    Salah satu kisah yang perlu kita ceritakan dan kita sampaikan kepada anak-anak adalah kisah Uwais Al-Qarni. Ini tentang kebaktian seorang anak kepada orang tua.
  • 10 Pemimpin Besar dalam...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:55 WIB
    Pemimpin besar Islam dalam sejarahnya dikenal karena memiliki karakteristik kepemimpinan yang patut dicontoh seperti kejujuran, integritas, dan kesatriaan
  • 7 Keutamaan Umrah di...
    Tips
    Senin, 19 Februari 2024 - 15:16 WIB
    Keutamaan umrah Ramadan tidak didapat di bulan lainnya setidak ada 7. Berikut 7 keutamaan umrah di bulan suci Ramadhan tersebut, salah satunya mendapatkan pahala senilai ibadah haji:
  • Doa yang Diajarkan Nabi...
    Tips
    Kamis, 25 Mei 2023 - 18:52 WIB
    Imam Ahmad dalam Musnad-nya juga meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca yang memiliki faidah menghilangkan masalah hidup.
  • Jika Al-Quran Dilempar...
    Hikmah
    Kamis, 17 September 2020 - 19:02 WIB
    Al-Quran Al-Karim bukanlah buatan makhluk. Ia adalah kalamullah yang mulia (perkataan Allah Azza wa Jalla) yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
  • Miqat Haji: Zamani dan...
    Hikmah
    Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB
    Miqad secara bahasa adalah batasan. Adapun secara istilah adalah tempat ibadah atau waktunya. Untuk haji ada dua miqat yaitu miqat zamani (waktu) dan miqat makani (tempat).