Topik Terkait: Surah Al Baqarah (halaman 20)

  • Surat Al-Kafirun, Surat...
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:49 WIB
    Beberapa surat pendek yang sering kita baca saat melaksanakan salat, ternyata banyak memiliki keutamaan dan fadhilah. Salah satunya adalah surat Al-Kafirun.
  • Surat Al-Kautsar Lengkap...
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 19:06 WIB
    Surat Al-Kautsar lengkap Arab latin dan sangat baik dibaca setiap hari. Meski termasuk surat pendek, Surat Al-Kautsar adalah penghibur hati Nabi Muhammad SAW.
  • Membaca Al-Quran Lebih...
    Tausiyah
    Rabu, 12 Februari 2020 - 17:22 WIB
    Al-Quran ialah kalam Allah Taala yang merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Nasihat Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 07:35 WIB
    Nasihat adalah bagian dari syiar dan dakwah. Dalam satu hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW), Beliau pernah bersabda: Addiinun-nashiihah (agama itu nasihat).
  • Bolehkah Memegang Mushaf...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 September 2023 - 09:22 WIB
    Bolehkah memegang atau menyentuh Kitab Suci Al-Quran tanpa wudhu? Berikut pendapat empat Mazhab populer ahlus sunnah waljamaah (Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali).
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • 5 Doa Sebelum Membaca...
    Tips
    Selasa, 27 Desember 2022 - 11:05 WIB
    Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah Allah subhanahu wataala mengganjar seseorang yang membaca Al-Quran setiap huruf yang ia baca dengan pahala yang besar.
  • Ayat-ayat Al Quran Tentang...
    Muslimah
    Minggu, 06 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Ada ayat-ayat Al Quran tentang cinta dan jodoh yang bisa menjadi petunjuk dari Allah subhanahu wa taala. Jodoh, rezeki, dan kematian kita sendiri sudah termaktub dalam Lauh Mahfudz, bukan berarti kita tidak dapat memilih jodoh yang kita inginkan
  • Rasa Lapar dan Keutamaannya...
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 14:33 WIB
    Setelah melaksanakan puasa Ramadhan dan puasa sunnah Syawal, banyak hikmah tentang puasa dan pentingnya menahan syahwat perut ini. Salah satunya, tentang kelaparan dan kekenyangan.
  • Dalil-dalil Al-Quran...
    Tausyiah
    Senin, 29 Juli 2024 - 10:15 WIB
    Perintah Allah Subhanhu Wa Taala untuk berbhakti kepada kedua orang tua (birrul walidain), tercantum dalam banyak ayat Al Quran. Karena bakti kepada orang tua adalah berkah di dunia dan akhirat.
  • Habib Ahmad dan Majlis...
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 21:48 WIB
    Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah menggelar acara Doa Bersama sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi perhatian dan bantuannya.
  • Surat Al-Qariah Lengkap...
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:25 WIB
    Surat Al-Qariah lengkap Arab latin, terjemahan dan keutamaan sangat baik diamalkan oleh kaum muslim. Surat ini termasuk surat yang menceritakan huru-hara Hari Kiamat.
  • Sering Mengalami Keguguran?...
    Tips
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 04:18 WIB
    Bagi ibu-ibu hamil yang sering mengalami keguguran, atau kandungan lemah, maka seyogyanya untuk membaca Surat Al-Hijr ayat 97, 98 dan 99 sebagai doa.
  • Kisah Khalifah Al-Hadi:...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Mei 2022 - 16:12 WIB
    Harun meminta baiat dari semua orang untuk Al-Hadi dan juga dirinya sebagai putra mahkota. Setelah itu Harun memegang kendali pemerintahan sambil menunggu kakaknya kembali ke Baghdad.
  • Inilah Surah yang Dibaca...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 08:23 WIB
    Imam Asy-Syafii radhiyallahu anhu mengatakan apabila manusia mentadabburi, memahami surah yang satu ini, maka bagi mereka sudah lebih dari cukup.
  • Hukum dan Keutamaan...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 11:31 WIB
    Hukum dan keutamaan mengucapkan kata amin setelah membaca Al Fatihah dalam salat sering dianggap remeh oleh sebagian kaum Muslimin.
  • Kisah Syaikh Abdul Qadir...
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 08:05 WIB
    Kisah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani (1078-1167 M) selalu diwarnai kisah ajaib dan karomah yang dimilikinya. Beliau pernah menghidupkan kembali tulang belulang ayam.
  • Ternyata Ada Iri yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 07:20 WIB
    Kata iri atau dengki biasanya berkonotasi negatif. Namun ternyata, ada juga iri yang diperbolehkan. Seperti apa bentuk iri yang diperbolehkan itu?
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Rabu, 01 November 2023 - 22:34 WIB
    Berikut ulasan tentang cara membaca tajwid Surat Al-Maidah Ayat 3. Membaca Al-Quran dengan baik disertai ilmu tajwid merupakan kewajiban bagi setiap muslim.
  • Tafsir Al-Baqarah, Ada...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 April 2021 - 08:05 WIB
    Salah satu keistimewaan Surah Al-Baqarah adalah di dalamnya menerangkan karakteristik orang mukmin, kafir dan kaum munafik. Berikut 4 ciri dan karakteristik orang kafir.
  • Mengapa Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 08:20 WIB
    Surat Al Falaq merupakan salah satu surah dalam Al Quran yang sering dibaca Rasulullah SAW. Surah yang memiliki lima ayat ini kerap dibaca oleh Nabi Muhammad SAW ketika hendak tidur dan terkadang juga diselipkan dalam dzikir.