Topik Terkait: Surat Alwaqiah (halaman 3)

  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 154 yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 06:30 WIB
    Surat Ali Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Quran terdiri 200 ayat. Berikut penjelasan Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat Ali Imran ayat 154.
  • 3 Surat Al-Quran yang Dijadikan Doa untuk Ibu
    Tips
    Rabu, 14 September 2022 - 10:29 WIB
    Doa untuk ibu merupakan salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada orang tua. Di dalam Al Quran dan hadis pun jelas disebutkan perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu
  • Surat Yasin Ayat 77: Musuh yang Nyata Itu Diciptakan dari Air Hina
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 19:02 WIB
    Manusia hanyalah diciptakan dari mani yang hina, kemudian mereka membangkang. Mengapa kemudian orang-orang musyrik itu tidak lantas berpikir tentang asal mula mereka diciptakan?
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas Beserta Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:38 WIB
    Hukum bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas penting dipelajari umat muslim agar tidak keliru membacanya. Surat ini diturunkan di Makkah terdiri 4 ayat dan 47 huruf.
  • Mengulik Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 77 yang Menarik Diketahui
    Tausyiah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:48 WIB
    Asbabun nuzul Surat Yasin menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui sejarah atau asal-usul turunnya ayat tersebut.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Hukum Tajwid Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dan Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 22 November 2023 - 09:15 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Surat Yasin Ayat 60-61: Perintah Menaati Allah dan Makna Menyembah Setan
    Tausyiah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 14:22 WIB
    Allah SWT memperingatkan untuk tidak mengikuti setan karena setan adalah musuh yang nyata sejak awal penciptaan manusia yaitu ketika Adam dan Hawa tertipu oleh bujuk rayu setan.
  • Nasib Abu Lahab Ditulis Dalam Surat Al-Lahab
    Tausyiah
    Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:35 WIB
    Nasib Abu Lahab ditulis dalam Surat Al-Lahab ayat 1-5. Abu Lahab bin Abdul Muthalib bin Hasyim merupakan salah satu paman Nabi SAW. Nama aslinya adalah Abdul Uzza. Lahab berarti yang menyala-nyala.
  • 6 Keutamaan Membaca Surat Al Fath di Awal Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 13:40 WIB
    Ada banyak keutamaan membaca Surat Al Fath di awal Ramadan yang penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Fath sendiri merupakan surat ke-48 dalam susunan mushaf Al-Quran
  • Rezeki Mengalir Deras dengan Membaca Surat Al-Waqiah
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 15:14 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari.
  • Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 159 Terkait Perang Uhud
    Hikmah
    Senin, 20 Februari 2023 - 21:16 WIB
    Surat Ali Imran ayat 159 memiliki Asbabun Nuzul atau sebab turunnya ayat tersebut. Dalam ayat ini, Allah memberi tuntunan secara khusus kepada Nabi Muhammad SAW usai Perang Uhud.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 2: Manusia Diuji Siapa yang Paling Baik Amalnya
    Tausyiah
    Selasa, 01 November 2022 - 22:41 WIB
    Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat terbaik Al-Quran yang di dalamnya banyak nasihat. Berikut ulasan tafsir Surat Al-Mulk ayat 2 yang menerangkan tujuan hidup manusia.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis Keutamaan Membacanya
    Hikmah
    Kamis, 25 November 2021 - 21:15 WIB
    Surat Al-Kahfi (Surat ke-18 dalam Al-Quran) adalah surat yang memiliki banyak keistimewaan. Berikut Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi dan Hadis-hadis keutamannya.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 1, Pujian kepada Allah yang Telah Menurunkan Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 08 Juni 2023 - 23:05 WIB
    Surat Al-Kahfi ayat 1 termasuk ayat-ayat yang agung karena berisi pujian kepada Allah yang telah menurunkan Kitab suci Al-Quran. Berikut penjelasan tafsirnya.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109: Luasnya Ilmu Allah Tiada Terhingga
    Hikmah
    Rabu, 06 Desember 2023 - 23:58 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al-Kahfi Ayat 109 menarik untuk ditadabburi umat muslim. Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa ilmu-Nya sangat luas tiada terhingga.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Al-Fil Ketika Sholat Qobliyah Subuh
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 20:40 WIB
    Dalam Kitab Ianah Attholibin, para ulama menganjurkan membaca Surat Al-Insyirah (Alam Nasyroh) dan Surat Al-Fil (Alam Taro) ketika sholat qobliyah Subuh. Ini keutamaannya.
  • Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Quran Surat Al Araf Ayat 96
    Hikmah
    Selasa, 20 Februari 2024 - 11:29 WIB
    Negeri yang diberkahi tentu menjadi dambaan setiap rakyat terhadap bangsanya. Bagaimana sebenarnya keberkahan suatu negeri ini dalam pandangan Al Quran?
  • Keutamaan Surat Al – Waqiah yang Masyhur
    Tips
    Senin, 05 Juli 2021 - 17:06 WIB
    Keutamaan surat Al Waqiah yang paling masyhur adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Ia juga dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit
    Tips
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Surat Al-Mujadilah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui kaum muslim. Surat yang diturunkan setelah Surat Al-Munafiqun ini memiliki arti wanita yang mengajukan gugatan.
  • Surat Yusuf Ayat 15-16: Ini Doa Nabi Yusuf Saat Dimasukkan ke Sumur
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 21:42 WIB
    Surat Yusuf Ayat 15-16 menceritakan tentang kisah Nabiyullah Yusuf alaihissalam dilempar ke dalam sumur yang gelap saat beliau masih remaja. Ini doa yang dipanjatkan beliau.