Topik Terkait: Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah (halaman 98)

  • Bolehkah Wanita Memakai...
    Muslimah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:31 WIB
    Bolehkah wanita memakai cincin dalam Islam? Pertanyaan ini terkait dengan hukum memakai perhiasan emmas yang melingkar menurut syariat Islam.
  • Idulfitri: Saling Memaafkan...
    Tausyiah
    Rabu, 10 April 2024 - 05:15 WIB
    Mereka yang enggan memberi maaf pada hakikatnya enggan memperoleh pengampunan dan Allah SWT. Tidak ada alasan untuk berkata, Tiada maaf bagimu, karena segalanya telah dijamin dan ditanggung oleh Allah SWT.
  • Ini 3 Keutamaan dan...
    Muslimah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 07:35 WIB
    Bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Salah satu keutamaannya, bagi seorang muslim dianjurkan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun ibadah sunnah lainya
  • Subhanallah! Setiap...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 15:22 WIB
    Aku siapkan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh (di dalam surga) yaitu apa yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tak pernah terlintas dalam hati semua manusia.
  • Berikut Ini 5 Jenis...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juni 2024 - 08:00 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menjelaskan 4 macam binatang tersebut adalah masih terlalu global (mujmal). Ini kemudian diperinci dalam surah al-Maidah menjadi 10 macam.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ini Mengapa Muncul Keterpurukan...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 16:08 WIB
    Kekuasaan adalah amanah, maka Islam secara tegas melarang kepada pemegang kekuasaan agar melakukan abusei atau penyalagunaan kekuasaan yang diamanahkannya.
  • Kisah 35.000 Pasukan...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 13:04 WIB
    Pertempuran tersebut menjadi peperangan yang tidak seimbang. Pasukan Salib yang berjumlah 35.000 orang melawan pasukan Turki Seljuk Rum yang dipimpin oleh Qilij Arslan yang berjumlah 10.000 prajurit.
  • Semua Nabi Ajarkan Tauhid:...
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 15:21 WIB
    Semua nabi mengajarkan ajaran keesaan Allah atau tauhid, sebagai pencipta alam semesta ini. Lalu kenapa masih ada perbedaan di antara Yahudi dan Islam yang berasal dari satu tuhan?
  • Sejarah Salat, Awalnya...
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 08:23 WIB
    Menukil riwayat Imam Ahmad melalui jalur Muadz bin Jabal menceritakan pensyariatan salat, awalnya Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan beliau salat selama 17 bulan menghadap arah Baitul Maqdis
  • Suami Disandera Jin,...
    Hikmah
    Minggu, 07 Maret 2021 - 18:42 WIB
    Jin mulis memberi pilihan lelaki yang disandera itu antara tetap tinggal di sana atau pulang ke keluarganya. Leleki itu pun memilih pulang ke keluarganya di Madinah.
  • Berapakah Jumlah Sahabat...
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (?????, ash-shahabi) adalah orang yang pernah berjumpa dengan Nabi dalam keadaan beriman kepadanya dan wafat dalam keadaan Islam.
  • Marhaban Rabiul Awal...
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 September 2023 - 21:46 WIB
    Rabiul Awal merupakan bulan istimewa karena di bulan ini sosok manusia paling mulia, Nabi Muhammad ? dilahirkan ke muka bumi. Berikut beberapa peristiwa bersejarah di bulan ini.
  • 7 Ayat tentang Kenikmatan...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Agustus 2024 - 14:51 WIB
    Prof Dr Quraish Shihab mengatakan manusia harus bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya. Al-Quran menjelaskan banyak nikmat secara eksplisit, antara lain: nikmat kemerdekaan.
  • Arah Baru Memandang...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 WIB
    Murad Wilfred Hoffman menyebut arah baru memandang Al Masih (peran dan tabiatnya) dalam agama Kristen menyebabkan krisis keimanan di Barat. Bagaimana dengan Umat Islam?
  • 8 Alasan Kitab Riyadhus...
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Desember 2022 - 23:16 WIB
    Riyadhus Shalihin memiliki keistimewaan sendiri dan menjadi kitab paling banyak dibaca oleh umat Islam. Berikut 8 alasan kitab ini disukai umat muslim di dunia.
  • Jadwal Sholat Hari Ini...
    Tips
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 00:20 WIB
    Berikut jadwal sholat untuk wilayah Kota Medan Provinsi Sumatera Utara, Kamis 3 Agustus 2023 bertepatan 16 Muharam 1445 Hijriah.
  • Tugas Malaikat Ridwan...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:51 WIB
    Tugas Malaikat Ridwan perlu diketahui umat Islam sebagai wujud keimanan atas kekuasaan Allah selaku Zat Yang Maha Agung. Malaikat ini diberi tugas khusus oleh Allah.
  • 3 Cara Meredam Nafsu...
    Tausiyah
    Selasa, 19 November 2019 - 17:19 WIB
    Bagaimana cara mengendalikan nafsu syahwat ini? Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali dalam kitab populernya Ihya Ulumuddin memberikan tips untuk melemahkan nafsu syahwat.
  • Derajat Orang yang Paham...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Dalam sebuah hadis menunjukkan bahwa manusia yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah dan rasul-Nya ialah orang-orang yang memahami dan mengerti, disusul dengan orang yang menghafal.
  • Inilah Rambu-Rambu Berdandan...
    Muslimah
    Sabtu, 18 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kebanyakan kaum wanita pasti suka berhias atau berdandan, dan hal ini tidak dilarang dalam Islam. Hanya saja, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah.