Topik Terkait: Telur (halaman 12)

  • Ramadhan Melatih Diri...
    Tausiyah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 14:35 WIB
    Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan sebagai orang mukmin adalah mendirikan salat. Salat adalah rukun Islam yang kedua setelah syahadat.
  • Ketika Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 14 Mei 2019 - 14:51 WIB
    Upacara penyerahan Yerussalem berjalan lancar. Dengan diantar oleh para petinggi Kristen di Yerussalem, usai upacara penyerahan, Khalifah Umar mengunjungi beberapa tempat suci.
  • Hakikat Puasa Ramadhan...
    Tausiyah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 14:55 WIB
    Sejatinya, puasa bagi kaum sufi telah menjadi salah satu aktivitas ruhani untuk menghidupkan hati dan membuka tabir-tabir makrifat.
  • Bagaimanakah Cara Meluruskan...
    Tausiyah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 16:08 WIB
    Perkara meluruskan shaf sering menjadi perbincangan bahkan perdebatan di kalangan umat muslim. Bagaimana cara meluruskan sfaf yang benar?
  • Mukjizat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 17:25 WIB
    Para ilmuwan sepakat bahwa mukjizat terbesar dan teragung Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah Alqur&rsquoan Al-Karim.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Hakikat Puasa Ramadhan...
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 13:01 WIB
    Dalam pandangan Imam Al-Ghazali, puasa memiliki tiga tingkatan: Pertama: Puasa umum (awam), kedua: khusus (spesial), dan ketiga: khususil khusus (istimewa)
  • Perjalanan Cinta Burung-burung...
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 16:33 WIB
    Dan Sulaiman telah menerima warisan dari Daud. Dan dia berkata: &lsquoWahai umat manusia! Telah diajarkan kepada kami Bahasa burung (manthiq al-thayr). (QS. 27:16)
  • Khoirul Huda Basyir:...
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 18:40 WIB
    Ibadah puasa Ramadhan yang kita lakukan harus mengalami peningkatan. Dengan kata lain, harus naik kelas dari yang hanya berorientasi ritual syar&rsquoi kepada pemaknaan secara substansial.
  • Hakikat Puasa dalam...
    Tausiyah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 15:20 WIB
    Tafsir sufi, atau lebih dikenal dengan istilah tafsir isyari merupakan salah satu metode penafsiran yang dilakukan oleh kaum sufi.
  • Pujian Itu Beracun,...
    Tausiyah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 16:30 WIB
    Pujian itu Indah. Menjadikan hati orang berbunga-bunga. Pujian bisa menerbangkan seseorang ke angkasa impian dan angan-angan yang tiada batas.
  • Kapan Mengangkat Tangan...
    Tausiyah
    Jum'at, 17 Mei 2019 - 21:18 WIB
    Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam salat yaitu posisi mengangkat tangan. Kapan sebenarnya kedua tangan diangkat ketika salat? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad.
  • Puasa Ramadhan Itu Pengakuan...
    Tausiyah
    Sabtu, 18 Mei 2019 - 07:15 WIB
    Salah satu kekeliruan besar manusia adalah perasaan kepemilikan (ownership) dalam hidup. Padahal sejatinya segala sesuatu dalam hidup duniawi kita bersifat amanah (titipan).
  • 44 Kebiasaan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Mei 2019 - 21:03 WIB
    Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
  • Puasa Ramadhan Itu Pintu...
    Tausiyah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 03:30 WIB
    Salah satu bentuk misrepresentasi ajaran Islam di dunia Barat umumnya adalah bahwa Islam itu agama kebencian dan kekerasan. Padahal Islam mengajarkan kasih sayang.
  • Kisah Rasulullah Berdialog...
    Hikmah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 09:30 WIB
    Nabi Muhammad SAW tidak hanya disifati dengan kejujuran dan akhlak mulia. Lebih dari itu, kemuliaan yang dimiliki Beliau berupa mukjizat membuat banyak orang takjub dan terpesona.
  • Kisah Julaibib, Sahabat...
    Hikmah
    Senin, 20 Mei 2019 - 08:50 WIB
    Ada satu kisah sahabat Nabi yang begitu menyentuh hati karena memilih berjihad bersama Rasulullah SAW, daripada kenikmatan dunia.
  • 44 Kebiasaan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Senin, 20 Mei 2019 - 10:01 WIB
    Di samping kemuliaan karakter dan watak Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW), ada banyak kebiasaan Nabi SAW yang perlu diketahui umat Islam.
  • Puasa itu Menyehatkan
    Tausiyah
    Senin, 20 Mei 2019 - 14:44 WIB
    Ketika Rasulullah SAW menyampaikan: berpuasalah niscaya kamu sehat, ini bukan sekadar omongan kosong.
  • 44 Kebiasaan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 22 Mei 2019 - 09:09 WIB
    Ada banyak kebiasaan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) yang perlu diketahui umat Islam. Berikut kebiasaan Nabi SAW dikutip dari Buku Pribadi Muhammad SAW karya Nizar Abazhah.
  • Kapan Alquran Diturunkan?...
    Tausiyah
    Rabu, 22 Mei 2019 - 21:41 WIB
    Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Turunnya Alquran dari Lauhul Mahfuzh dikenal dengan istilah Nuzulul Quran.