Topik Terkait: Tingkatan Belajar Alquran (halaman 2)

  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • 5 Tingkatan Iman dalam Islam, Nomor Terakhir Paling Istimewa di Sisi Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:11 WIB
    Seorang muslim yang mukallaf (orang yang telah baligh dikenai beban syariat) wajib mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum Islam. Berikut lima tingkatan iman dalam Islam.
  • Dialog dengan Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 26 Juli 2013 - 11:54 WIB
    Alquran mengajak berdialog dengan hati dan niat yang tulus, pikiran cerdas, namun tetap rendah hati. Kalau tidak tulus dan tidak dapat menekan ego, bisa jadi kita akan memaksakan kehendak atau pendapat pribadi dan dicarikan pembenaran dari ayat-ayat Alquran.
  • Alquran sebagai Lautan Ilmu
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 08:45 WIB
    Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dan diturunkan pada bulan Ramadhan.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • Kapan Alquran Diturunkan? Ini Penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat
    Tausiyah
    Rabu, 22 Mei 2019 - 21:41 WIB
    Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW). Turunnya Alquran dari Lauhul Mahfuzh dikenal dengan istilah Nuzulul Quran.
  • Syafaat Al-Quran Bagi yang Rajin Membacanya Siang dan Malam
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 16:49 WIB
    Al-Quran adalah kalamullah yang kelak nanti memberikan syafaat di Hari Kiamat bagi para pembacanya. Rasulullah mengingatkan umatnya agar tidak melupakan Al-Quran.
  • Benarkah Pahala Bacaan Alquran Tidak Sampai kepada Mayit? (2)
    Tausiyah
    Jum'at, 13 Desember 2019 - 19:22 WIB
    Salah satu khilafiyah yang sering dibicarakan masyarakat adalah masalah mengirim pahala bacaan Alquran untuk mayit. Berikut Ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Ibarat Tentang Tiga Tingkatan
    Hikmah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 06:18 WIB
    Kisah ini, yang berasal dari para Sufi Sarmoun, menggemakan ajaran Ghazali bahwa orang tolol tidak mempunyai pengetahuan sejati mengenai pelajaran kaum terpelajar.
  • Quran Care Indonesia Sebarkan Al-Quran Hingga ke Pelosok Nusantara
    Hikmah
    Jum'at, 25 September 2020 - 16:53 WIB
    Semangat membumikan Al-Quran ke pelosok Nusantara terus dilakukan tim Quran Care Indonesia dan Askar Kauny. Di masa pandemi ini, sudah 2.835 mushaf Al-Quran dibagikan ke berbagai pelosok.
  • Izhar Halqi: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Selasa, 20 Juni 2023 - 18:11 WIB
    Pengertian, hukum dan contoh bacaan Izhar Halqi akan dibahas dalam artikel ini. Membaca Al-Quran menggunakan ilmu tajwid hukumnya fardhu ain bagi setiap muslim.
  • Hukum Bacaan Lam Jalalah Tafkhim dan Tarqiq Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:44 WIB
    Hukum bacaan lam jalalah, tafkhim, dan tarqiq menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya, bagi Anda yang sedang mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Al Quran dengan benar.
  • Surat Yusuf Ayat 30: Lima Tingkatan Cinta dalam Realita Kehidupan
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:05 WIB
    Kisah istri pembesar Mesir yang merayu Nabi Yusuf diceritakan dalam Surat Yusuf Ayat 30. Dari ayat ini, kita akan mengetahui lima tingkatan cinta dalam realita kehidupan.
  • Tadarus Alquran luar biasa
    Tausiyah
    Rabu, 31 Juli 2013 - 07:41 WIB
    Tadarus (membaca) Alquran adalah salah satu amalan sunah utama di Bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Alquran mulai diturunkan, sebagaimana firman Allah SWT: ... Bulan Ramadan yang padanya diturunkan Alquran, menjadi petunjuk bagi sekalian manusia dan menjadi keterangan yang menjelaskan, petunjuk dan pembeda antara yang benar dengan yang salah (Al Baqarah: 185)
  • Jumlah Ayat Al-Quran yang Patut Diketahui Umat Islam
    Tausyiah
    Minggu, 06 Agustus 2023 - 20:54 WIB
    Jumlah ayat dalam Al-Quran patut diketahui umat muslim sebagai sumber hukum Islam. Adapun yang populer di kalangan umat Islam adalah 6.666 ayat.
  • Jumlah 6.666 Ayat Al-Quran Itu Dari Mana Rujukannya?
    Tausyiah
    Senin, 10 Januari 2022 - 23:44 WIB
    Apa benar jumlah 6.666 ayat Al-Quran itu keliru? Kalau keliru, kenapa penyebutan jumlah 6.666 itu sebegitu viral dan terkenal. Sebenarnya bagaimana ceritanya?
  • Fun Theory Dalam Menghafal Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 01 Agustus 2014 - 17:18 WIB
    Murajaah (atau pengulangan hafalan Alquran) bagi kebanyakan orang yang sedang menghafal jadi momok tersendiri. Energi untuk murajaah jauh lebih banyak dibutuhkan, dibanding saat mereka sedang menjalani proses tahfiz (menghafal).
  • Al-Quran di Tengah Perkembangan Ilmu Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 16:41 WIB
    Ahli keislaman berpendapat bahwa ilmu menurut Al-Quran mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya, baik masa kini maupun masa depan fisika atau metafisika.
  • Soal Turunnya Al-Quran, Malam Lailatul Qodar Apa 17 Ramadhan?
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 17:30 WIB
    Pada surat Al-Qadar disebutkan Al-Quran turun pada malam Lailatul Qodar. Selanjutnya, Rasulullah mengatakan Lailatul Qodar ada di sepuluh akhir ramadhan.
  • Hak dan Kewajiban Belajar Menurut Al-Quran, Bukan Monopoli Lelaki
    Tausyiah
    Selasa, 15 November 2022 - 13:46 WIB
    Terlalu banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi SAW yang berbicara tentang kewajiban belajar, baik kewajiban tersebut ditujukan kepada lelaki maupun perempuan.