Topik Terkait: Tingkatan Nafsu (halaman 3)

  • Stres karena Terjebak Pada Cangkir, Tak Ada Waktu Nikmati Isinya
    Hikmah
    Selasa, 07 April 2020 - 03:19 WIB
    Masalah dan sumber stress kalian sebenarnya adalah cangkir, karena kalian selalu mengejar cangkir yang lebih baik padahal yang kalian butuhkan adalah air.
  • Kita Ada di Bawah Kekuasaan Nafsu Jasmani yang Durhaka
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 06:10 WIB
    Jiwa, bagai kesatria yang setia, terus mengendarai kudanya, tetapi senantiasa anjing itu kawannya kesatria itu mungkin lari di atas kudanya, tetapi si anjing mengikuti.
  • Pelajaran di Balik Terjadinya Wabah Virus Corona
    Hikmah
    Kamis, 26 Maret 2020 - 05:07 WIB
    Dunia medis menemukan setiap makhluk hidup, memiliki materi genetik yang terdiri kromosom, gen, DNA, dan RNA, yang akan diturunkan melalui proses reproduksi
  • 9 Tingkatan Dosa Haramnya Lukisan dan Pelukisnya Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:45 WIB
    Jenis lukisan (gambar) yang paling berat dosanya adalah gambar sesuatu yang disembah selain Allah. Ini menjadikan pelukisnya (pemahatnya) menjadi kafir apabila dia mengetahui tujuannya.
  • Cara Mengusir Syahwat Menurut Syaikh Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 22:21 WIB
    Syahwat adalah keinginan yang cenderung kepada sesuatu. Bagaimana cara mengusir Syahwat? Berikut tipsnya menurut Syaikh Ibnu Athaillah dalam kitabnya Al-Hikam.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Imam Al-Ghazali : Pertarungan Hawa Nafsu Manusia Berlangsung Setiap Saat
    Tips
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 17:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan, perang dan pertarungan melawan nafsu berlangsung setiap saat. Dalam pertarungan ini, kita bisa menang pada suatu waktu, tetapi kalah pada waktu yang lain.
  • Haji Mabrur: Penyembelihan Kurban Adalah Mengurbankan Hawa Nafsu
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 11:26 WIB
    Ketika engkau sampai di tempat penyembelihan dan melakukan kurban, apakah engkau telah mengurbankan segala hawa nafsumu? tanya Imam Junaid Al-Baghdadi.
  • Inilah Faedah Syahwat dan Cara Mengendalikannya
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 08:45 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Kata syahwat itu sendiri merupakan bentuk jamak dari syahaa yang berarti almusytaha atau sesuatu yang diinginkan.
  • Ceramah Tarawih di Istiqlal, Mahfud: Puasa Mengajarkan Mati Sebelum Mati
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 April 2021 - 22:52 WIB
    Dalam ceramahnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengajak jamaah untuk menahan hawa nafsu selama berpuasa.
  • Pertarungan Sengit Nafsu Manusia, Begini Penjelasan Imam Al Ghazali
    Tips
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 08:56 WIB
    Alkisah, ada pertempuran sengit tentang nafsu manusia. Ketika Allah taala menjadikan nafsu dalam dua bentuk yaitu nafsu mutmainah dan nafsu lawwamah.
  • Tingkatan dan Tips Khusuk dalam Shalat
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 13:26 WIB
    Khusyuk menjadi faktor penting dalam menjalankan ibadah shalat. Namun, setiap muslim, mempunyai tingkatan berbeda-beda dalam urusan khusyuk saat menunaikan shalat ini.
  • Makna Kafir dalam Perspektif Islam Ada 4 Tingkatan, Yuk Simak Penjelasannya!
    Tausyiah
    Selasa, 19 September 2023 - 23:32 WIB
    Apa sebenarnya arti kafir yang sempat viral dibincangkan di media sosial? Agar tidak gagal paham, mari kita simak penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan berikut.
  • Mengapa Melakukan Ibadah dengan Niat Duniawi Dilarang? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 09 Mei 2022 - 18:07 WIB
    Ulama Imam Sahl bin Abdullah at-Tustari berkata: Tidak ada sesuatupun yang paling berat bagi nafsu manusia melebihi keikhlasan karena pada keikhlasan tidak ada bagian untuk nafsu.
  • 7 Golongan yang Dinaungi Allah Saat Kiamat
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 04:18 WIB
    Ada tujuh golongan yang dinaungi Allah di hari kiamat. Dua di antaranya adalah pemimpin yang adil dan pemuda yang tumbuh dengan beribadah pada Tuhannya.
  • Tingkatan Hukum-Hukum Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 05 Desember 2022 - 16:19 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan salah satu kajian fiqih yang dilupakan sebagian agamawan adalah mengetahui tingkatan-tingkatan hukum syari dan menyadari bahwa hukum-hukum ini tidak berada dalam satu tingkatan saja.
  • 8 Tingkatan Neraka, Rasulullah Pernah Pingsan Saat Diberitahu Jibril
    Tausyiah
    Minggu, 27 September 2020 - 12:30 WIB
    Keadaan neraka (An-Naar) adalah adalah kebalikannya surga. Jika surga adalah tempat kekal yang penuh kenikmatan, maka neraka adalah tempat siksaan dan seburuk-buruk tempat dan penderitaan.
  • Waspada, Tingkatan Zina Terberat Muncul dari Lingkungan Terdekat
    Hikmah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 11:47 WIB
    Zina ternyata memiliki tingkatan-tingkatan . Di antara tingkatan zina yang paling berat dan mengerikan, sudah sangat marak terjadi di masyarakat.
  • Surat Yusuf Ayat 30: Lima Tingkatan Cinta dalam Realita Kehidupan
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:05 WIB
    Kisah istri pembesar Mesir yang merayu Nabi Yusuf diceritakan dalam Surat Yusuf Ayat 30. Dari ayat ini, kita akan mengetahui lima tingkatan cinta dalam realita kehidupan.
  • Ramadhan Bulan Berjihad dari Keburukan untuk Menciptakan Perdamaian
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 04:38 WIB
    Bulan Ramadhan menjadi latihan bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari keburukan dengan menahan diri dari hawa nafsu negatif yang membatalkan puasa.
  • Tiga Tingkatan Orang yang Sabar
    Tips
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 13:10 WIB
    Orang-orang yang sabar (Ash-Shabirin) merupakan salah satu karakter penghuni surga. Sabar artinya adalah menahan diri untuk menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya serta tabah menghadapi ujian di atas jalannya.