Topik Terkait: Uu Pesantren (halaman 3)

  • Selama Ramadhan, Ponpes An Nahdlah Kembangkan Tradisi Menulis bagi Santri-Mahasiswa
    Dunia Islam
    Minggu, 24 April 2022 - 17:11 WIB
    Santri di Ponpes An Nadlah Kebumen antusias mengikuti serangkaian kegiatan amaliah selama Ramadhan. Kegiatan tersebut, di antaranya mengembangkan tradisi menulis dan kajian kitab kuning.
  • Pesantren kilat, wadah pengembangan kualitas keimanan siswa
    Hikmah
    Minggu, 21 Juli 2013 - 07:19 WIB
    Kegiatan pesantren kilat ini lazimnya dilaksanakan para siswa dari sekolah umum, karena pembelajaran agama yang diajarkan di sekolah dianggap tidak cukup dari kebutuhannya. Atas dasar itulah, pesantren kilat menjadi salah satu pendidikan alternatif bagi siswa di sekolah umum.
  • 11 Santri dan Pesantren Inspiratif Raih Penghargaan Santri of The Year 2023
    Dunia Islam
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 18:27 WIB
    Islam Nusantara Center (INC) bekerja sama dengan DPR dan MPR kembali memberikan penghargaan kepada santri dan pesantren inspiratif nasional bertajuk Santri of The Year 2023. Pemberian penghargaan dilaksanakan di Nusantara IV kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (29/10/2023).
  • Panji Gumilang Tersangka Penistaan Agama, MUI Apresiasi Kepolisian
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:40 WIB
    Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr H Anwar Abbas memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian yang menetapkan pimpinan Mahad Al Zaytun sebagai tersangka menodaan agama.
  • Direktur PD Pontren Kemenag: Lulusan Ponpes Tak Harus Jadi Kiyai
    Dunia Islam
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 15:08 WIB
    Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Waryono Abdul Ghofur mengemukakan bahwa lulusan pesantren tidak harus menjadi tokoh agama seperti kiyai.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Jejak Panjang Tradisi  Malam 1 Sura, dan Suronan 10 Muharram
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Ponpes Attaqwa Bekasi Berlangsung Meriah
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 06:59 WIB
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyelenggarakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Plaza Masjid Jami Attaqwa Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Minggu, 22 Oktober 2023. Apel yang dihadiri kurang lebih 3.000 peserta ini berlangsung meriah
  • MUI Jakarta Ingatkan Umat Islam Pantau UU Cipta Kerja
    Hikmah
    Jum'at, 18 Desember 2020 - 18:12 WIB
    Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI DKI Jakarta DR Faiz Rafdhi mengingatkan umat Islam untuk tetap memantau perkembangan penyusunan beleid turunan UU Cipta Kerja.
  • Aulia Cendekia, Pondok Pesantren Terbuka, Modern, dan Digital
    Santri
    Kamis, 30 April 2020 - 10:25 WIB
    Pondok Pesantren (Ponpes) Aulia Cendekia adalah lembaga pendidikan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) terutama Kota Palembang.
  • Songsong Indonesia Emas, 1.781 Peserta Ikuti Jambore Attaqwa Bekasi
    Dunia Islam
    Sabtu, 21 Oktober 2023 - 09:38 WIB
    Ponpes Attaqwa Putra membuka event perkemahan Jambore Attaqwa (Jamtaqwa) pada Jumat, 20 Oktober 2023. Acara yang digelar di Bumi Perkemahan Ponpes Attaqwa Babelan Bekasi ini diikuti oleh 1.781 peserta.
  • Sukaharjo Kuat Bersama Al-Quran Resmi Diluncurkan
    Santri
    Rabu, 24 Maret 2021 - 16:38 WIB
    Kegiatan Sukoharjo Kuat Bersama Al-Quran resmi dimulai Selasa (23/3/2021) di Dusun Pepen, Desa Mertan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.
  • Santri Indonesia Harus Kuat dan Semangat Menuntut Ilmu
    Santri
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 08:18 WIB
    Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober harus menjadi momentum untuk meneladani semangat jihad untuk agama dan Tanah Air.
  • Ini Pesan Ustaz Adi Hidayat di Acara Milad Ponpes Darut Tauhid
    Tausiyah
    Senin, 16 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Ustaz Adi Hidayat diberi kepercayaan menyampaikan tausiyah pada Milad ke-29 Pondok Pesantren Darut Tauhid Bandung pimpinan KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym) di Masjid Darut Tauhid, Bandung.
  • TNI AL dan BAZNAS Gelar Pesantren Kilat di Kapal Perang
    Dunia Islam
    Kamis, 06 April 2023 - 20:56 WIB
    Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar Pesantren Kilat Ramadhan 1444 Hijriah di atas kapal perang milik TNI AL KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992).
  • Penempatan Jemaah Haji di Madinah Sesuai UU Haji dan Peraturan Arab Saudi
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Juni 2023 - 15:30 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan penempatan jemaah haji di sekitar Kompleks Masjid Nabawi, Kota Madinah sudah sesuai peraturan.
  • Masa Depan Maahad Al-Zaytun, Anwar Abbas: Jangan Dibubarkan!
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:26 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan yang harus dipersoalkan dan perlu diselesaikan secepatnya oleh pemerintah adalah persoalan melanggar hukum yang dilakukan oleh tokoh yang bernama Panji Gumilang
  • Ramadhan Segera Tiba, Lembaga Kemanusiaan Harika Gelar Program Beras Santri di Berbagai Daerah
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 06:31 WIB
    Dalam menyambut bulan Ramadhan, lembaga kemanusiaan yang berkantor pusat di Turki, Harika Foundation mengimplementasikan Program Beras Santri untuk beberapa pondok pesantren di Indonesia
  • Arab Saudi Tangkap 17.896 Orang, Salah Satunya karena Langgar UU Ketenagakerjaan
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 22:09 WIB
    Arab Saudi telah menangkap total 17.896 pelanggar undang-undang tempat tinggal, ketenagakerjaan, dan keamanan perbatasan kerajaan pada minggu terakhir bulan Januari.
  • 5 Rekomendasi Pondok Pesantren di Jawa Timur
    Santri
    Jum'at, 23 September 2022 - 23:43 WIB
    Jawa Timur sejak dulu dikenal sebagai daerah yang memiliki pondok pesantren terkenal. Berikut lima pondok pesantren di Jawa Timur yang memiliki banyak santri.
  • 4 Kiat Sukses Menuntut Ilmu Menurut Ulama Yaman Habib Abdullah Al-Muhdhar
    Tausyiah
    Sabtu, 17 September 2022 - 14:04 WIB
    Dalam Islam, kesuksesan mencari ilmu bisa diukur melalui sejauh mana ilmu yang diperolehnya memiliki keberkahan dan manfaat baik bagi diri sendiri atau orang lain.