Topik Terkait: Video (halaman 20)

  • Wajibkah Khitan Bagi...
    Tausiyah
    Kamis, 21 November 2019 - 08:15 WIB
    Bagaiman hukum khitan bagi perempuan? Berikut ulasan Ustazah Aini Aryani, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI).
  • Syeikh Ahmad: Jangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 05:15 WIB
    Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri mengajak umat Islam agar menjadikan Maulid Nabi sebagai momentum untuk menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 16:46 WIB
    Dalam dua minggu terakhir saya keliling ke berbagai masjid dan Islamic Center di Kota New York AS untuk ceramah atau jadi nara sumber dalam ragam acara peringatan lahirnya baginda Rasulullah Muhammad SAW.
  • Kisah Habib Umar dan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 17:29 WIB
    Kala itu usia Habib Umar bin Hafidz, ulama besar pemimpin Pondok Darul Musthafa Hadramaut Tarim Yaman masih sangat muda.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Tausiyah
    Senin, 25 November 2019 - 13:14 WIB
    Pada bagian lalu disebutkan bahwa cinta mukmin kepada Rasulullah SAW itu adalah cinta pilihan. Cinta pilihan bentuk cinta yang tertinggi dan dahsyat.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Bagaimana Adab Murid...
    Hikmah
    Selasa, 26 November 2019 - 05:15 WIB
    Kemarin, Senin (25/11/2019) bertepatan peringatan hari guru nasional. Sepatutnya pula kita memuliakan dan mendoakan kebaikan untuk mereka. Bagaimana adab kita memperlakukan guru? Berikut ulasannya.
  • Doa Salat Dhuha dan...
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 08:30 WIB
    Salat Dhuha adalah salat sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Salat ini juga disebut solat awwabin, yaitu salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat).
  • Inilah Rahasia Kesabaran...
    Hikmah
    Rabu, 27 November 2019 - 14:20 WIB
    Salah satu ciri mukmin sejati adalah bersabar ketika ia dalam kesulitan ataupun dicela orang lain. Sabar memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah Taala.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 15:04 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • 3 Macam Najis dan Cara...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 19:12 WIB
    Menurut istilah syari, najis adalah segala kotoran yang menyebabkan seseorang terhalang untuk beribadah kepada Allah Taala. Berikut macam najis dan cara membersihkannya.
  • Kecerdasan Ali bin Abi...
    Hikmah
    Kamis, 28 November 2019 - 05:15 WIB
    Pada suatu ketika, Rasulullah SAW bersabda: (Ana madinatul ilmi wa Aliyyun baabuha) yang artinya Aku adalah kota ilmu dan Ali pintu masuknya.
  • Jauhi Ujub, Jadilah...
    Hikmah
    Kamis, 28 November 2019 - 16:05 WIB
    Syeikh Ibnu Athoillah As-Sakandari (1250-1309) dalam Kitab Al-Hikam menyebutkan, taat itu terkadang dibarengi dengan penyakit hati yang bisa menghilangkan ikhlas seperti ujub.
  • Keistimewaan dan Keutamaan...
    Tausiyah
    Kamis, 28 November 2019 - 18:58 WIB
    Surah Yasin disebut juga jantungnya Alquran. Surah ke-36 ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk surah Makkiyah yang agung. Berikut keutamannya.
  • Ini Hadis Masyhur Agar...
    Hikmah
    Jum'at, 29 November 2019 - 22:22 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil salah satu hadis Nabi Muhammad SAW tentang pentingnya berkasih sayang kepada seluruh makhluk.
  • Asal Usul Peci Menurut...
    Hikmah
    Sabtu, 30 November 2019 - 05:30 WIB
    Kalangan muslim di Indonesia pasti sudah tak asing dengan namanya peci. Berikut ini salah satu dari banyak kisah tentang asal-usul peci yang disampaikan Ustaz Salim A Fillah.
  • Nasihat Indah Ustaz...
    Tausiyah
    Senin, 02 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Ustaz Felix Siauw mengunggah nasihat indah usai bertemu seorang pembicara Muslim Amerika dan pengajar Bahasa Arab terkenal Nouman Ali Khan belum lama ini.
  • Ini Pesan Habib Ali...
    Tausiyah
    Senin, 02 Desember 2019 - 09:01 WIB
    Ulama kharismatik asal UEA Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri menyampaikan pesan indah saat mengisi daurah di Ponpes Darul Halim Bandung Barat.
  • Kisah Nabi Shaleh dan...
    Hikmah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Nabi Shaleh alaihis salam (AS) memiliki kaum yang dikenal dengan kaum Tsamud. Dalam Aquran, Nabi Shaleh disebut sebanyak 9 kali. Nasab beliau tersambung ke Nabi Nuh.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Tausiyah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 16:03 WIB
    Karenanya menauladani Rasulullah SAW dalam melaksanakan ibadah ritual adalah sebuah keharusan.
  • Rasulullah SAW Layak...
    Tausiyah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 20:20 WIB
    Ustaz Salim A Fillah mengajak semua orang agar menjaga lisan dan tidak berucap buruk tentang Nabi mulia Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).