Topik Terkait: Wabah Bubonic (halaman 5)

  • Nama Islami dan Fenomena Corona
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 20:11 WIB
    Belakangan ini beredar foto bayi yang baru lahir pada&nbsp 28 Maret 2020 di media sosial atau medsos. Nama itu lucu: Vairus Abdul Corona. Bagaimana Islam mengatur pemberian nama?
  • Ini Pendapat Gus Mus, Mengapa Kita Dipaksa Menyendiri dan Menjaga Jarak
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 06:56 WIB
    Gus Mus berpandangan virus corona atau Covid-19&nbsp seolah-olah diutus Allah untuk mengingatkan umat Islam tentang persaudaraan umat manusia.
  • Hari Ini, 320.000 Macam Bala Bencana Turun ke Bumi?
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:49 WIB
  • Seluruh Bumi Hakikatnya Adalah Masjid
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 07:34 WIB
    Kini, umat Islam lebih banyak salat berjamaah di rumah mereka. Keramaian di masjid dipindah ke rumah. Para suami menjadi imam salat bagi istri dan anak-anaknya.
  • NU Terbitkan Panduan Praktis Salat Jumat di Tengah Pandemi Covid-19
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 13:09 WIB
    PWNU Jawa Timur menerbitkan panduan praktis salat Jumat di tengah pandemi Covid-19 sebagai bagian dari khidmah diniyyah bagi kaum muslimin di tengah situasi mutakhir.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Wabah di Amawas yang Ganas: Kisah Umar bin Khattab Lari dari Takdir
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:35 WIB
    Disebutkan, keempat puluh orang anak Khalid bin Walid tewas semua oleh wabah yang menyebar di kalangan tentara, begitu juga di kalangan penduduk sipil.
  • Meneladani Umar bin Abdul Aziz Saat Work from Home di Tengah Pandemi
    Hikmah
    Rabu, 07 Juli 2021 - 10:49 WIB
    Pada era Khalifah Umar bin Abdul Aziz merupakan masa pandemi thaun. Lalu, bagaimana khalifah yang terkenal merakyat itu mematuhi upaya kesehatan di tengah pandemi?
  • Penanganan Covid-19, Muhammadiyah Gelorakan Semangat Al-Maun
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 13:18 WIB
    Perlu dibuka relawan kesehatan dari unsur RS Muhammadiyah, juga relawan dari PT Muhammadiyah dan &lsquoAsiyiyah dari fakultas-fakultas kesehatan.
  • Jangan Panik! Ini Pesan Aa Gym Soal Virus Corona
    Hikmah
    Minggu, 08 Maret 2020 - 23:14 WIB
    Semua urusan manusia memang sudah tertulis di Lauhul Mahfudz. Namun, Allah Taala dengan sifat Maha pengasih dan penyayang-Nya memberi manusia ikhtiar dan doa.
  • Meninggal karena Wabah Penyakit Diganjar Syahid
    Hikmah
    Selasa, 24 Maret 2020 - 10:45 WIB
    Semua orang boleh berusaha menghindari wabah penyakit sebagai bagian dari ikhtiarnya. Namun, tidak ada suatu musibah yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah.
  • UAS Posting Pesan Syeikh Ali Jumah Terkait Wabah Penyakit
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 05:15 WIB
    Ulama terkemuka Mesir Syeikh Ali Jumah menceritakan peristiwa wabah besar pernah melanda Mesir. Pesan Syeikh Ali Jumah ini diposting oleh dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS).
  • 10 Ulama dan Dai Sikapi Wabah Corona, Ini Pesannya
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Beragam pendapat dan pandangan mencuat ke publik menanggapi wabah virus Corona (Covid-19) ini. Tidak terkecuali para ulama dan dai ikut menyampaikan pandangannya.
  • Fiqih Salat Bagi Pasien dan Petugas Medis Covid-19 yang Memakai APD
    Tausyiah
    Rabu, 23 September 2020 - 22:44 WIB
    Bagi pasien dan petugas medis Covid-19 yang memakai pakaian APD, syariat memberi keringanan dalam menjalankan ibadah salat. Seperti apa fiqihnya? Berikut ulasannya.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat karena Wabah Corona
    Tausiyah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 21:11 WIB
    Salat Jumat merupakan salat wajib bagi muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap. Berikut pendapat ulama tentang salat Jumat ketika terjadi wabah.
  • Jenazah Tidak Dimandikan dan Tidak Disalati karena Corona, Bagaimana Hukumnya?
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 07:30 WIB
    Bagaimana pandangan Islam menyikapi jenazah yang tidak dimandikan dan tidak disalatkan karena wabah Corona? Berikut penjelasan Pengasuh LPD Al-Bahjah&nbspBuya Yahya.
  • Inilah Sikap Paling Bijak Menghadapi Wabah Corona
    Tausiyah
    Kamis, 19 Maret 2020 - 08:07 WIB
    Menyikapi wabah Corona, ada baiknya seorang muslim bersikap bijak sebagaimana tertuang dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Ustaz Dokter Zaidul Akbar: Ini Alasan Puasa Ampuh Melawan Covid
    Tips
    Senin, 28 Juni 2021 - 14:28 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengajak umat muslim untuk menghidupkan puasa karena dapat menjadi perisai dalam melawan wabah Covid-19. Berikut penjelasannya.
  • 19 Kiyai Pimpin Istighotsah Kubra Online pada Malam Nisfu Syaban
    Hikmah
    Senin, 06 April 2020 - 05:13 WIB
    Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan menggelar istighotsah kurba dalam jaringan atau daring&nbsp pada malam Nisfu Syaban pada Rabu nanti.
  • Haram Hukumnya Menolak Jenazah Pasien Covid-19
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 14:24 WIB
    Sejumlah pimpinan ormas Islam mengimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak menolak kehadiran jenazah sesama muslim yang meninggal akibat Covid-19
  • Hukum Salat Tarawih di Rumah Ketika Terjadi Wabah
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 21:53 WIB
    Banyak yang bertanya terkait pelaksanaan ibadah seperti salat Tarawih yang biasanya dihidupkan di masjid secara berjamaah. Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.