Topik Terkait: Wawasan Kebangsaan (halaman 11)

  • Kisah Karomah Habib...
    Tausiyah
    Senin, 16 Maret 2020 - 09:15 WIB
    Pada masa Habib Sholeh Tanggul pernah terjadi satu wabah penyakit yang mematikan yang tersebar luas di masyarakat. Berikut kisah karomahnya.
  • Doa Rasulullah Agar...
    Tausiyah
    Senin, 16 Maret 2020 - 23:52 WIB
    Semua orang pasti ingin terhindar dari wabah penyakit termasuk virus Corona (Covid-19) yang banyak menyebabkan kematian. Berikut doa yang diajarkan Nabi.
  • Sahabat Nabi yang Wafat...
    Hikmah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Jangan pernah mencela orang yang terkena penyakit seperti virus Corona. Karena sahabat Nabi juga ada yang wafat disebabkan wabah penyakit dan berakhir mati syahid.
  • Seruan MUI Membaca Qunut...
    Tausiyah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 07:28 WIB
    Salah satu poin fatwa MUI kemarin (16/3/2020) terkait wabah Corona adalah mengajak umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardhu. Berikut lafaznya.
  • Wabah Penyakit Muncul...
    Hikmah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 20:25 WIB
    Jika kita lihat kronologis sejarah munculnya wabah penyakit mematikan dan menelan jumlah korban ratusan ribu orang ini ternyata terjadi setiap 100 tahun di dunia.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hukum Meninggalkan Salat...
    Tausiyah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 21:11 WIB
    Salat Jumat merupakan salat wajib bagi muslim yang baligh, berakal, laki-laki, sehat, dan menetap. Berikut pendapat ulama tentang salat Jumat ketika terjadi wabah.
  • 5 Musibah Wabah Paling...
    Hikmah
    Rabu, 18 Maret 2020 - 23:01 WIB
    Ada lima peristiwa wabah Thoun (sejenis penyakit mematikan) yang masyhur dan paling besar dalam sejarah peradaban Islam. Berikut ulasan peristiwanya.
  • Pandangan LBM PBNU Tentang...
    Hikmah
    Kamis, 19 Maret 2020 - 22:06 WIB
    Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) menyampaikan pandangannya terkait pelaksanaan salat Jumat saat terjadi wabah Covid-19.
  • Pesan Imam Shamsi Ali...
    Hikmah
    Kamis, 19 Maret 2020 - 22:45 WIB
    Pelaksanaan Tabligh Akbar Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Pakkatto, Desa Nirannuang Kecamatan Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya ditunda.
  • Isra Mikraj dan Kisah...
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Minggu lusa, 27 Rajab 1441 Hijriyah bertepatan 22 Maret 2020 umat Islam akan memperingati momen agung Isra wal Miraj. Berikut kisah Rasulullah SAW dalam perjalanan itu.
  • 3 Syarat Agar Tobat...
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Maret 2020 - 08:15 WIB
    Barometer ukuran tobat diterima atau tidak bukan dari pengakuan orang lain. Tetapi yang memberi pengakuan ialah syariat Allah Taala.
  • Cara Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Berikut ulasan cara Rasulullah SAW menjaga kebersihan yang dikutip dari buku Pribadi Muhammad karya Nizar Abazhah yang diterjemahkan dari Kitab Syakhshiyyah Al Rasul.
  • Nasihat Imam Syafii...
    Tausiyah
    Selasa, 24 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Ada satu nasihat Imam Syafii terkait wabah. Nasihat beliau layaknya segarnya air di tengah gurun Sahara karena beliau seorang imam dengan keluasan ilmu yang tidak diragukan lagi.
  • Cara Rasulullah SAW...
    Hikmah
    Selasa, 24 Maret 2020 - 09:37 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sangat memperhatikan kebersihan tubuh dan lingkungan. Setiap hari beliau mandi dan tidak pernah meninggalkan siwak.
  • Benarkah Tak Perlu Membesuk...
    Hikmah
    Selasa, 24 Maret 2020 - 14:32 WIB
    Rasulullah SAW mengajarkan kepada setiap muslim untuk memiliki kesadaran utuh dan&nbsp kewaspadaan tinggi dalam menghadapi orang yang tertimpa penyakit menular.
  • Pahala Syahid Bagi yang...
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Istilah sosial distancing (pembatasan sosial) di saat wabah pernah terjadi di zaman Rasulullah SAW. Tak ada pilihan selain berdiam diri di rumah.
  • Abu Ubaidah Panglima...
    Hikmah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 09:45 WIB
    Sahabat Nabi, Abu Ubaidah ibnu Al-Jarrah syahid terkena wabah virus Thoun yang menyerang Negeri Syam pada pada tahun 16 Hijriyah atau 640 Masehi.
  • Gus Mus Bagikan Amalan...
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 13:53 WIB
    Sebagai hamba-hamba beriman, kita tidak boleh melupakan ikhtiar batin, mendekat serta memohon kepada Tuhan kita dan Tuhannya segala virus.
  • Pelajaran di Balik Terjadinya...
    Hikmah
    Kamis, 26 Maret 2020 - 05:07 WIB
    Dunia medis menemukan setiap makhluk hidup, memiliki materi genetik yang terdiri kromosom, gen, DNA, dan RNA, yang akan diturunkan melalui proses reproduksi
  • Jilbab dan Hijab dalam...
    Tausiyah
    Sabtu, 01 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishri (ulama Mesir yang menetap di Jakarta) mengulas tentang hukum jilbab yang belakangan ramai diperdebatkan umat muslim di Indonesia. Simak penjelasannya.