Kumpulan Artikel: Haji (halaman 39)

  • Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.
  • Macam-Macam Haji, Niat, serta Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 17:35 WIB
    Macam-macam haji ada tiga, yakni haji Qiran, Tamattu, dan Ifrad. Yang membedakan ketiga macam haji ini adalah pelaksanaannya. Berikut niat dan tata caranya.
  • Arab Saudi Terbitkan 23 Juta Izin Umrah di Bulan Ramadhan
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 19:05 WIB
    Juru bicara Dinas Haji dan Umrah, Eng. kata Hisyam Al-Saeed mengatakan, warga Saudi, penduduk, dan pengunjung yang datang dari luar Kerajaan telah mendapat manfaat dari layanan penerbitan izin umrah selama bulan suci Ramadhan.
  • Sholat Jumat Seperti Ibadah Haji Empat Kali Sebulan
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 05:10 WIB
    Pahala sholat Jumat ternyata sangat besar sehingga disadingkan dengan pahala haji. Bahkan dalam Kitab Al-Usfuriyah disebutkan sholat Jumat seperti Haji 4 kali dalam sebulan.
  • 5 Pahala Amalan Ini Setara Haji dan Umrah, Nomor 1 Sangat Mudah Dilaksanakan
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 19:27 WIB
    Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah, mengingat kondisi untuk berangkat haji dan umrah masih terkendala wabah covid. Amalan apa itu?
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Ibadah Haji, Ziarah Terbesar di Dunia yang Merangkul Perbedaan Manusia
    Dunia Islam
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 06:44 WIB
    Ibadah haji sebagai tradisi ziarah terbesar di dunia, mengandung makna spiritualitas yang kaya dan mendalam. Lewat ibadah haji, seseorang dapat semakin memahami hakikat ibadah.
  • Menakjubkan! Ibadah Seluruh Jamaah Haji Diterima Berkat Orang Ini
    Hikmah
    Senin, 11 Oktober 2021 - 08:05 WIB
    Ada satu kisah menakjubkan dimana seluruh jamaah Haji diterima Allah berkat orang ini. Kisah ini bersumber dari Kitab Irsyadul Ibad ila Sabiila Rasyad. Berikut ceritanya.
  • Kisah Mansa Musa Orang dengan Kekayaan Rp5.897 triliun Setelah Haji
    Dunia Islam
    Senin, 11 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Orang terkaya sepanjang masa dengan kekayaan US400 miliar atau setara Rp5.897 triliun ini sepulang haji gencar membangun perpustakaan, sekolah, universitas, masjid dan istana bermunculan.
  • Kisah Mansa Musa Orang dengan Kekayaan Rp5.897 triliun Naik Haji
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 17:14 WIB
    KIsah Mansa Musa naik haji sungguh monumental. Sejarah mencatat, inilah perjalanan haji paling glamor, paling mewah dan paling kolosal yang pernah dilakukan oleh manusia.
  • Malik bin Dinar Saat Mengikuti Burung Gagak Utusan Tuhan
    Hikmah
    Jum'at, 03 September 2021 - 11:53 WIB
    Aku yakin bahwa Dia (Allah) akan mengabulkan doa hamba-Nya yang ditimpa kemalangan. Setelah itu, datang seekor gagak diutus Tuhan. Setiap hari burung itu memberikan makanan dan minuman untukku.
  • Meneladani Ibrahim: Teladan dalam Membangun Komunitas Umat (Bagian 1)
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juli 2021 - 09:36 WIB
    Di musim haji dan di musim kurban saat ini kita diingatkan tiga hal dalam Islam yang tidak terpisahkan. Haji itu sendiri, kurban (udhiyah) dan sosok seorang Nabi bernama Ibrahim.
  • Hari Tasyrik: Waktu Paling Agung Setelah Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 18:42 WIB
    Hari-hari tasyrik merupakan hari menikmati makan dan minum, hari raya, hari berbahagia karena padanya terdapat kurban. Pada hari itu diharamkan berpuasa, kecuali bagi jamaah haji
  • Gus Baha Ditanya Haji Atau Umrah Dulu? Berikut Jawaban Beliau
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 15:35 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) pernah ditanya seorang jamaah mana yang didahulukan, berangkat Haji atau Umrah? Berikut jawaban beliau.
  • Ucapkan Selamat Idul Adha, Raja Salman: Semoga Allah Menerima Haji Jamaah Tahun Ini
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 18:58 WIB
    Saya memohon kepada Allah di Idul Adha ini untuk memulihkan keamanan dan stabilitas bagi umat Islam, kata Raja Salman dalam ucapan selamat Idul Adhanya.
  • Jamaah Haji Lakukan Lempar Jumrah dengan Protokol COVID-19
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 15:23 WIB
    Mengenakan masker, sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19, para jamaah ambil bagian dalam ritual melempar jumrah dengan sekantung batu yang disterilkan
  • Idul Adha dan Ibadah Haji, Apakah Ada Hubungannya?
    Tips
    Selasa, 20 Juli 2021 - 11:17 WIB
    Seorang jamaah bertanya kepada Ustaz Ahmad Sarwat, apakah ada hubungan Hari Raya Idul Adha dengan Ibadah Haji karena kebanyakan orang menganggap Hari Idul Adha adalah Hari Raya Haji.
  • Khutbah Terakhir Rasulullah yang Menggetarkan Hati Saat Haji Wada
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 10:18 WIB
    Khutbah terakhir Rasulullah shallalahu alaihi wasallam 15 abad lalu di Padang Arofah pada Haji Wada sangat menakjubkan dan menggetarkan hati. Berikut isinya.
  • Berkumpul di Arafah, Jamaah Haji Doakan Dunia Segera Bebas Covid-19
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 09:19 WIB
    Ribuan jamaah haji yang berkumpul di Arafah melantunkan doa akan perdamaian dunia dan segera berakhirnya pandemi Covid-19.
  • Bersiap Wukuf, Jamaah Haji Indonesia Tempati Tenda Ber-AC di Arafah
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 14:15 WIB
    Puluhan ribu jamaah haji, termasuk dari Indonesia saat ini telah berada di Padang Arafah dan bersiap melaksanakan wukuf.
  • Cerita Rahmatulloh Meraih Izin Berhaji di Tengah Pandemi
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juli 2021 - 08:39 WIB
    Ibadah haji 1442 H sudah mulai dilaksanakan dan saat ini 60.000 jamaah sedang bersiap untuk berangkat ke Padang Arafah setelah bermalam di Mina.