Topik Terkait: Siti Hajar

  • Kisah Sedih Siti Hajar Ditinggal Nabi Ibrahim di Lahan Tandus Tak Berpenghuni
    Hikmah
    Rabu, 30 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Pada saat itu di Mekkah belum berpenghuni. Daerah itu tandus. Tak ada mata air. Nabi Ibrahim meninggalkan begitu saja Siti Hajar dan Ismail di sini.
  • Kisah Siti Hajar Berlari Bolak-balik dari Shafa sampai Marwah Hingga 7 Kali
    Hikmah
    Rabu, 22 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Kisah Siti Hajar berlari bolak-balik dari Shafa ke Marwah hingga 7 kali, kini menjadi salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan umat Islam yang melaksanakan haji, yaitu sai.
  • Larangan Cium Hajar Aswad Masih Berlaku, Jamaah Jangan Paksakan Mendekat
    Dunia Islam
    Kamis, 02 Juni 2022 - 19:34 WIB
    Pengamanan di sekeliling Kakbah, Masjidilharam, Mekkah, masih terlihat ketat, termasuk di titik Hajar Aswad.
  • Begini Kisah Nabi Ibrahim dalam Taurat yang Dikoreksi Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:39 WIB
    Apa yang disebutkan di dalam hadis tentang keadaan Hajar, habisnya air, sai Hajar di antara Shafa dan Marwah, datangnya Jibril yang memancarkan air, dan perincian-perincian lain tidaklah disinggung dalam Taurat.
  • Kisah Hikmah : Belajar Sabar dari Siti Hajar!
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 11:02 WIB
    Kehadiran Siti Hajar dalam kehidupan Nabi Ibrahim Alaihissalam, berkat istri pertamanya Sarah. Siti Hajar pada awalnya merupakan budak yang membantu Sarah, istri Nabi Ibrahim tersebut.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Pahala Mencium Hajar Aswad dari Jarak Jauh Bagi Jemaah Lansia
    Hikmah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Mengusap (istislam) dan mencium Hajar Aswad di Masjidilharama merupakan impian semua jemaah haji dan umrah. Namun, kondisi fisik yang tidak memungkinkan dan padatnya jemaah membuat keinginan itu sulit diwujudkan.
  • Sholat Tasbih, Keutamaan dan Tata Caranya Menurut Ibnu Hajar Al-Haitami
    Tips
    Senin, 13 September 2021 - 16:49 WIB
    Sholat tasbih adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh para ulama. Dinamakan demikian karena di dalam sholat tersebut banyak dibaca tasbih. Berikut keutamaan dan tata cara sholat tasbih.
  • Perempuan di Zaman Nabi Ibrahim Menurut Al-Quran dan Hadis
    Hikmah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 19:32 WIB
    Siti Sarah dan Siti Hajar adalah gambaran perempuan pada zaman Nabi Ibrahim sebagaimana yang diinformasikan dalam ayat-ayat Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad SAW.
  • Raja Mesir Memaksa Menikahi Siti Sarah Akhirnya Taubat
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 10:55 WIB
    Setelah raja mendekati Sarah dan hendak meraba dengan tangannya, tangan itu jadi kaku. Raja pun bertaubat sehingga tangannya bisa digerakkan kembali.
  • Kisah Siti Khadijah di Surat Al-Muzzammil, Selimut Nabi SAW dari Istri Tercinta
    Tausyiah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:56 WIB
    Dalam surat Al-Muzzammil memang tidak menyebut-nyebut nama Siti Khadijah. Namun sejumlah hadist menceritakan tentang kondisi dan situasi saat turunnya Surat Al-Muzzammil itu.
  • Kisah Umar bin Khattab Mengata-ngatai Hajar Aswad
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Hajar aswad merupakan salah satu batu intan permata dari beberapa intan permata di surga. Pada mulanya warnanya putih mengilap, lebih putih dari air susu. Menjadi hitam akibat dosa-dosa manusia.
  • Ayah Syekh Siti Jenar Ternyata Guru Ngaji Putra dan Putri Prabu Siliwangi
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Ayah Syekh Siti Jenar mengajar di pesantren Cirebon di antara santrinya adalah Pangeran Walangsungsang Samadullah dan Dewi Rara Santang. Mereka adalah putra dan putri Prabu Siliwangi.
  • Syekh Siti Jenar Dibilang Jelmaan Cacing, Ini Faktanya
    Hikmah
    Rabu, 19 Januari 2022 - 18:09 WIB
    Kisah Syekh Siti Jenar cukup melegenda di tengah masyarakat Jawa. Ia dikisahkan dari mulut ke mulut dan menjadi cerita misteri di tengah masyarakat Jawa sebagai jelmaan cacing
  • Kisah Pilu Tatkala Siti Hajar Menghapus Jejaknya Agar Tidak Terlacak Siti Sarah
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:21 WIB
    Rasulullah SAWmenyampaikan kepada kita bahwa dalam kepergiannya Hajar menyeret bajunya di belakangnya untuk menghapus jejak kakinya agar Sarah tidak mengetahui ke mana dia pergi.
  • Mengulik Siapa Sejatinya Syekh Siti Jenar yang Dibilang Jelmaan Cacing
    Dunia Islam
    Minggu, 23 Januari 2022 - 09:15 WIB
    Dalam naskah yang tersimpan di Musium Radyapustaka Solo, dikatakan bahwa ia berasal dari rakyat kecil yang semula ikut mendengar saat Sunan Bonang mengajar ilmu kepada Sunan Kalijaga.
  • Hajar Aswad (2):  Tragedi Berdarah Batu Hitam dari Masa ke Masa
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 03:59 WIB
    Hajar Aswad sejatinya sudah tak orisinil lagi. Batu hitam ini awalnya seputih susu, menjadi legam karena tercemar dosa-dosa manusia. Batu dari surga ini dicemari tragedi berdarah.
  • Peristiwa Perusakan Hajar Aswad Hingga Pernah Hilang Selama 22 Tahun
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Kisah perusakan Hajar Aswad hingga dicuri pernah menggegerkan dunia Islam. Tak hanya dirusak, Hajar Aswad juga pernah dijarah hingga hilang selama 22 tahun.
  • Menakjubkan, Indahnya Hajar Aswad Dilihat dari Jarak Dekat
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Mei 2021 - 09:31 WIB
    Untuk pertama kalinya, dunia bisa melihat indahnya Hajar Aswad setelah foto situs suci ini diambil dengan teknik fokus panorama bertumpuk.
  • Kisah Nabi Ibrahim Mengunjungi Makkah tapi Tak Berjumpa Ismail
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:20 WIB
    Pada salah satu perjalanannya, ia sampai di Makkah dan mendapatkan bahwa putranya tidak ada di rumah. Waktu itu, Ismail telah tumbuh menjadi lelaki dewasa dan telah kawin.
  • Kisah Nabi Ibrahim Diusir dari Babilonia dan Menangis saat Meninggalkan Siti Hajar di Makkah
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 05:25 WIB
    Amaliqa, yang menguasai wilayah-wilayah itu, menyambutnya dengan hangat dan memberikan kepadanya banyak hadiah, satu di antaranya adalah seorang budak perempuan bernama Hajar.