Topik Terkait: Mahram Bagi Perempuan

  • Bolehkah Wanita Bersafar Tanpa Mahram? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bolehkan wanita bersafar (bepergian) tanpa mahram? Pertanyaan ini umumnya ditujukan untuk wanita muslimah yang akan bepergian seorang diri.
  • Khitan Bagi Perempuan Mencerahkan, Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 05:00 WIB
    Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang khitan bagi wanita. Namun yang jelas khitan merupakan bagian syariat bagi wanita, terlepas hukumnya wajib ataupun sunnah,
  • Bolehkah Perempuan Pergi Haji/Umrah Tanpa Mahram?
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 10:35 WIB
    Dalam elaksanakan ibadah haji, terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji/umrah meski tanpa disertai mahram. Pertanyaannya, bolehkah perempuan pergi haji/umrah tanpa disertai mahram?
  • Muslimah Berhaji Tanpa Mahram, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Senin, 20 Juni 2022 - 13:37 WIB
    Menunaikan ibadah haji bagi yang telah mampu pasti diinginkan hampir setiap umat muslim, tak terkecuali kaum muslimah. Namun terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji meski tanpa disertai mahram.
  • Keistimewaan Mendidik Anak-anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 09:28 WIB
    Ada keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • Pengertian Mahram dan Jenis - Jenisnya
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Mahram adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada individu-individu tertentu yang memiliki hubungan kekerabatan atau status tertentu yang memungkinkan mereka untuk melakukan interaksi atau kontak fisik tanpa melanggar aturan syariat Islam.
  • Ada Tidaknya Mahram Saat Perempuan Bersafar Wajib
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:52 WIB
    Bentuk safar yang ketiga adalah Safar Wajib. Contoh dari safar wajib ini seperti melakukan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji , menolong orang sakit, dan berbakti kepada orang tua
  • Inilah Tempat Ibadah Terbaik Bagi Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 09:23 WIB
    Karena banyak keutamaannya, setiap muslim dianjurkan salat berjamaah di masjid. Namun bagaimana dengan shalat kaum perempuan? Bolehkah melaksanakan shalat berjamaah di masjid?
  • 16 Golongan Perempuan yang Tidak Boleh Dinikahi dalam Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 14:03 WIB
    Ada 16 golongan perempuan yang tidak boleh dinikahi dalam Islam. 15 Golongan di antaranya, dijelaskan di dalam surat An-Nisa ayat 22-24. Sedangkan satu golongan lagi dalam surat al-Baqarah ayat 221.
  • Jaminan Pahala Besar bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan
    Muslimah
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 09:43 WIB
    Ada keutamaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW menekankan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan
  • Kisah Perempuan Menyerahkan Diri kepada Rasulullah SAW Usai Berzina
    Hikmah
    Selasa, 06 September 2022 - 21:27 WIB
    Kita bisa mengatahui bagaimana kedudukan perempuan dalam Islam di antaranya dari kisah seorang muslimah yang mengaku kepada Nabi Muhammad SAW telah berzina.
  • Inilah Keberuntungan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam
    Muslimah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 10:55 WIB
    Sungguh beruntung keluarga muslim yang memiliki anak perempuan. Mengapa demikian? Karena ternyata, dalam Islam, keutamaan memiliki anak perempuan akan menjadi penghalang untuk orang tuanya dari api neraka
  • Keutamaan Lailatul Qadar Bagi Perempuan yang Haid
    Muslimah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 08:57 WIB
    Malam Al-Qadr atau Lailatul Qadar adalah malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan. Bagaimana dengan perempuan yang sedang haid? Apakah bisa mendapatkan keutamaan dari malam Lailatul Qadar?
  • Taubatnya  Perempuan Pezina
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 14:45 WIB
    Dalam hukum Islam, seorang pezina baik laki-laki maupun perempuan itu dihukum rajam. Yakni dilempar batu sampai meninggal dunia. Tentang hal ini, ada kisah di zaman Rasulullah yang bisa kita ambil hikmahnya, yakni kisah perempuan pezina yang minta dirajam
  • Perhatikan Ini Syarat Sah Sholat Bagi Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 05 Januari 2023 - 15:35 WIB
    Di antara hal yang wajib diperhatikan kaum muslimah dalam sholat adalah tentang syarat sahnya. Berikut beberapa syarat sah sholat bagi kaum perempuan.
  • Apakah Dagu Perempuan Termasuk Aurat Ketika Shalat?
    Muslimah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:29 WIB
    Bagaimana sebenarnya batasan wajah perempuan dalam shalat? Apakah dagu termasuk aurat ketika shalat atau tidak? Seperti diketahui bahwa aurat perempuan dalam shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan.
  • Puasa di Bulan Ramadhan Salah Satu Amalan Surga Bagi Perempuan
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 23:40 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menyampaikan kabar gembira bagi kaum perempuan. Tidak perlu amalan yang banyak, cukup baginya menjalankan amalan ini.
  • Hukum Ziarah Kubur Bagi Perempuan
    Tausiyah
    Rabu, 13 Juni 2018 - 15:50 WIB
    Apa hukum ziarah kubur bagi perempuan jika tetap menjaga adab-adab ziarah kubur? Berikut penjelasan Ustaz Abul Somad.
  • Tiga Pendapat Soal Ruhsoh Puasa bagi Perempuan Hamil
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 08:01 WIB
    Dalam Islam, puasa bagi muslimah hamil sebenarnya tidak lagi menjadi kewajiban mutlak. Islam memberikan keringanan agar muslimah hamil tersebut tetap dalam kondisi yang sehat. Karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kandungannya.
  • Catatan Harian Mualaf Jerman Murad Wilfred Hoffman tentang Perempuan
    Dunia Islam
    Sabtu, 26 November 2022 - 08:44 WIB
    Mualaf asal Jerman Murad Wilfred Hoffman membuat catatan tentang perempuan Islam, setelah sejumlah muslimah jamaah umrah dari Jerman kesulitan mendapatkan visa dari Arab Saudi.