Topik Terkait: Hukum Mencium Tangan

  • Hukum Bersalaman dan Mencium Tangan Orang Saleh
    Tips
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 20:45 WIB
    Kita sering menyaksikan orang-orang mencium tangan orang alim atau orang saleh ketika bersalaman. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Hikmah Seringnya Mencium Anak, Bentuk Kasih Sayang hingga Mengamalkan Sunnah
    Muslimah
    Kamis, 21 Desember 2023 - 13:47 WIB
    Mencium anak-anak merupakan bentuk kasih sayang orang tua kepada buah hati mereka. Bahkan Syariat menganjurkan, ciumlah anak setiap hari dan izinkan mereka mencium kepala bapak dan kepala ibunya.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Hukum Mencukur Alis Menurut Islam
    Muslimah
    Senin, 28 Juni 2021 - 18:40 WIB
    Hukum mencukur alis menurut Islam adalah haram, baik sebagian atau secara keseluruhan. Fikih Islam mengistilahkan perbuatan tersebut dengan namsh. Arti kata namsh sendiri berarti mencabut atau mencukur bulu alis.
  • Gus Baha Jelaskan Hukum Utang di Bank, Haram Atau Halal?
    Tausyiah
    Selasa, 02 November 2021 - 22:45 WIB
    Ulama ahli Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin) menjelaskan hukum utang di bank yang banyak terjadi di Indonesia. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Hukum Merayakan Hari Valentine dalam Islam, Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:52 WIB
    Hukum merayakan Hari Valentine bagi umat Islam adalah haram. Demikian kata Pengasuh LPD Al-Bahjah, Buya Yahya dalam kajiannya di media sosial dan Fatwa MUI.
  • Hukum Menunda Zakat Mal Dan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 05:15 WIB
    Jika waktu tersebut pendek tidak lama, maka tidak mengapa menyimpan zakat tersebut hingga dapat diberikan kepada sebagian orang fakir dari kaum kerabatnya atau orang yang sangat fakir dan membutuhkan.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Pandangan Hukum Islam tentang Operasi Kecantikan
    Muslimah
    Kamis, 17 November 2022 - 11:17 WIB
    Fitrah seorang wanita adalah ingin selalu tampil cantik dan memesona. Karenanya banyak ragam perawatan yang bisa dilakukan para kaum Hawa itu.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Hukum Puasa Wanita Hamil dan Menyusui
    Muslimah
    Senin, 12 April 2021 - 06:53 WIB
    Kewajiban puasa Ramadhan dibebankan kepada seluruh umat Islam, tak terkecuali kepada wanita hamil. Seperti apa puasanya dan bagaimana hukumnya bagi wanita hamil ini?
  • Hukum Paylater dalam Islam, Halal atau Haram?
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 10:19 WIB
    Ssistem transaksi digital yang tengah tren adalah paylater (sistem transaksi bisnis yang pembayarannya bisa dilakukan di belakang atau kemudian hari). Bagaimana sebenarnya hukum paylater ini dalam Islam?
  • Hukum Makmum Enggan Bilang Amin saat Imam Selesai Baca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Hukum Melepas Alas Kaki di Kuburan
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • Begini Cara Pandang John Louis Esposito Mengenai Hukum Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:20 WIB
    John Louis Esposito mengatakan kalau dogma atau doktrin merupakan ciri pernyataan penting agama Kristen, maka Islam seperti Yudaisme, menemukan pengekspresian utamanya dalam hukum.
  • Hukum Memungut Pajak dari Rakyat dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 22:01 WIB
    Bagaimana hukum memungut pajak dari rakyat dalam pandangan Islam? Bolehkah hal ini dilakukan negara atau pemerintah? Mari simak penjelasan berikut.