Topik Terkait: Bolehkah Kurban Kambing Betina

  • Bolehkah Perempuan Menyembelih Hewan Kurban?
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:36 WIB
    Jumat depan 31 Juli 2020 (10 Dzulhijjah 1441 H) umat Islam di dunia akan menyembelih hewan kurban sekaligus merayakan Idul Adha. Bolehkah perempuan menyembelih kurban?
  • Lebih Afdhal Mana, Kurban Sapi Atau Kambing? Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 07:30 WIB
    Umat muslim di Indonesia biasanya berkurban dengan sapi, kambing dan domba. Pertanyaannya, lebih afdhal mana kurban sapi atau kambing? Simak penjelasannya.
  • Bolehkah Berkurban 1 Kambing untuk Sekeluarga? Begini Jawaban UAH
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juni 2023 - 11:45 WIB
    Hewan kambing, biasanya kurban untuk satu orang saja. Lantas bagaimana hukumnya bila berkurban dengan satu kambing untuk satu keluarga?
  • Bolehkah Tidak Memakan Daging Kurban? Bagaimana Hukum untuk Seorang Vegetarian?
    Hikmah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:16 WIB
    Hari raya Iduladha, kaum muslimin dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman, terutama daging kurban. Lantas bagaimana bila seseorang mengaku tidak memakan daging? Bagaimana Islam memandang persoalan ini?
  • Bolehkah Kurban dengan Kambing Betina?
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 23:25 WIB
    Bolehkah kurban dengan kambing betina? Mana lebih baik, berkurban dengan hewan jantan atau betina? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Idul Adha.
  • Kurban 1 Kambing Atau Patungan Sapi 7 Orang? Ini Pendapat Gus Baha
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:05 WIB
    Berikut Pendapat Gus Baha tentang mana yang lebih baik, kurban 1 kambing atau patungan sapi dibagi 7 orang. Selama ini kurban patungan sapi lazim dilakukan umat muslim.
  • Bolehkah Kurban Sapi Betina? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 17:59 WIB
    Bolehkah kurban sapi betina? Secara eksplisit tidak dijelaskan dalam suatu nash, baik Al-Quran maupun hadis terkait pilihan dan keutamaan jenis kelamin tertentu untuk hewan kurban.
  • Mengenal Hari Kurban di Turki, Mirip Lebaran di Indonesia
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Juni 2023 - 16:00 WIB
    Iduladha di Turki dirayakan mirip lebaran atau Idulfitri di Indonesia. Usai salat Id, mereka saling mengunjungi, bersalam-salaman, maaf lahir batin, dan makan bersama. Bedanya, sajian makan serba daging.
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Jenis-jenis Hewan Kurban, Lengkap dengan Syaratnya!
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:23 WIB
    Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis hewan kurban yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua hewan ternak bisa menjadi hewan kurban.
  • Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 18:50 WIB
    Sebagai seorang muslim, tentu menjaga kesucian saat aktivitas pengajar juga sangat dianjurkan. Bagi pengajar kaum laki-laki anjuran ini bukanlah persoalan, namun bagaimana dengan pengajar perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau haid ?
  • Kisah Sufi Jalaluddin Rumi: Kucing dan Daging Kambing
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Kisah sufi Jalaluddin Rumi ini mengajukan pertanyaan penting:Jika kau memiliki raga, lalu di mana ruhnya? Jika kau memiliki ruh, lalu di mana raganya?
  • Hukum Kurban Sapi Patungan 7 Orang Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 05 Juni 2023 - 21:09 WIB
    Dalam masyarakat kita, sudah menjadi hal yang umum dilakukan bila melaksanakan kurban dengan sapi boleh patungan untuk 7 orang. Bagaimana sebenarnya hukum dalam pandangan syariat?
  • 8 Kesalahan dalam Ibadah Kurban Perlu Menjadi Perhatian
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 12:55 WIB
    Hari Raya Iduladha identik dengan ibadah kurban. Bagi umat Muslim yang berniat untuk mendapat limpahan pahala, bisa segera berkurban di momen tersebut.
  • Rasulullah SAW Pernah Melarang Menyimpan Daging Kurban Lebih dari 3 Hari
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 19:11 WIB
    Di era lemari pendingin yang harganya kian terjangkau, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari atau melebih tiga hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Hukum Menyimpan Daging Kurban Lebih dari Tiga Hari
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 18:27 WIB
    DI era kini, dengan adanya alat pendingin, tak sedikit dari umat Islam yang menyimpan daging kurban sampai berhari-hari. Lalu bagaimana hukum perbuatan semacam ini?
  • Hukum Membagikan Daging Kurban kepada Non-Muslim
    Tausyiah
    Rabu, 28 Juni 2023 - 21:34 WIB
    Apakah boleh membagikan daging kurban kepada non-muslim? Pertanyaan ini sering muncul menjelang Hari Raya Iduladha. Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Memilih Hewan Kurban yang Dicontohkan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:02 WIB
    Rasulullah SAW memilih hewan kurban yang sehat, tidak cacat. Beliau melarang untuk berkurban dengan hewan yang terpotong telinganya atau patah tanduknya.
  • Kurban: 1 Ekor Kambing Cukup untuk 1 Keluarga
    Hikmah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 17:21 WIB
    Syaikh Al-Atsari mengatakan termasuk petunjuk Nabi Muhammad SAW bahwa satu kambing mencukupi sebagai kurban dari seorang pria dan seluruh keluarganya walaupun jumlah mereka banyak.