Kumpulan Artikel: Kalam (halaman 2)

  • Sikap Imam Syafii Ketika Berdebat dengan Orang Bodoh
    Hikmah
    Kamis, 16 Desember 2021 - 17:54 WIB
    Meskipun dikenal sebagai seorang Alim dan ulama berpengaruh, Imam Syafii sangat berhati-hati dalam bertutur kata. Apalagi ketika menghadapi orang-orang bodoh.
  • Kalam Abah Guru Sekumpul: Jauhi 4 Perkara Ini
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 23:22 WIB
    Abah Guru Sekumpul (wafat 2005) adalah ulama kharismatik asal Kalimantan Selatan. Berikut kalam beliau tentang ilmu yang patut kita jadikan iktibar.
  • 7 Anggota Badan Ini Wajib Dipelihara dari Perkara Maksiat
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 15:36 WIB
    Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah menerangkan kewajiban muslim untuk memeliharnya 7 anggota badan dari perkara maksiat.
  • 25 Quotes Terbaik Habib Umar Bin Hafizh
    Tausyiah
    Rabu, 24 November 2021 - 21:09 WIB
    Ulama kharismatik asal Hadhramaut Yaman Al-Habib Umar Bin Hafizh merupakan ulama yang produktif menulis dan berdakwah di berbagai negara. Berikut quotes terbaiknya.
  • Habib Ahmad Bin Novel: Jangan Pernah Merendahkan Orang Lain
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 21:03 WIB
    Salah satu penyakit hati yang dapat menggerogoti amal saleh adalah merasa bangga dengan diri sendiri (ujub) dan merendahkan orang lain. Berikut pesan Habib Ahmad.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Kumpulan Kalam Habib Umar yang Sangat Inspiratif dan Menyentuh Hati
    Tausyiah
    Kamis, 29 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Habib Umar Bin Hafizh adalah seorang ulama Dzurriyah Nabi yang juga Pengasuh Darul Musthafa Kota Tarim, Hadhramaut Yaman. Berikut kalam beliau yang sangat inspiratif.
  • Dahsyatnya Al-Quran: Satu-satunya Kalam yang Bersifat Abadi (3/Tamat)
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 21:55 WIB
    Menurut Maulana Khalid, kalam ilahi menceritakan berbagi hal. Jika itu menceritakan kejadian yang terjadi atau yang akan terjadi disebut khabar (narasi). Jika tidak demikian disebut insha.
  • Inilah Pintu untuk Mencapai Kedekatan dengan Allah
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Juni 2021 - 20:34 WIB
    Setiap muslim pasti ingin dekat dengan Allah dan mendapatkan ridho-Nya. Bagaimana jalan menuju Allah dan meraih keridhoan-Nya? Berikut jawabannya.
  • 11 Kalam Indah Ulama Kharismatik Al-Habib Thahir Al-Kaff
    Tausyiah
    Senin, 07 Desember 2020 - 22:20 WIB
    Ulama kharismatik Tegal, Al-Habib Thahir bin Abdullah Al-Kaff telah kembali ke rahmat Allah, namun ilmunya tetap bercahaya. Berikut 11 kalam indah beliau.
  • 10 Hakikat Guru Menurut Imam Ibnu Athaillah
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 17:38 WIB
    Imam Ibnu Athaillah As-Sakandari (1250-1309 M), seorang ulama sufi terkemuka kelahiran Mesir menyampaikan 10 hakikat guru yang sebenarnya. Berikut kalamnya.
  • Ustaz Dokter Zaidul: Hidayah Itu Harus Dijemput, Bukan Ditunggu
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 21:38 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengajarkan kita tentang hakikat hidayah. Dalam tausiyahnya beliau mengatakan bahwa hidayah itu harus dijemput, bukan ditunggu.
  • Jangan Lengah! Ini Pesan Habib Umar di Hari-hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 23:44 WIB
    Tidak terasa hari ini kita sudah sampai di hari-hari pengujung bulan Ramadhan 1441 Hijriyah. Hari yang menentukan berhasil tidaknya puasa yang kita jalani.
  • Ponpes Arafah Kota Bitung, Miniatur Keberagaman Masyarakat Nusantara
    Santri
    Kamis, 14 Mei 2020 - 10:11 WIB
    Dalam skala yang lebih kecil, potret multikultural masyarakat Bitung juga tercermin pada kehidupan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Arafah di Kota Bitung.
  • Memahami Substansi Ujian Allah SWT
    Tausyiah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 09:08 WIB
    Ujian musibah wabah virus corona yang sedang terjadi saat ini sesungguhnya bukan suatu kesia-siaan. Ini ujian dari Allah SWT, karena itu tidak seyogianya kita mencelakakan diri sendiri.
  • Raih Keutamaan Sepuluh Hari Akhir Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 08:08 WIB
    Sebagaimana hadis Rasulullah SAW, Inilah bulan yang permulaannya (10 hari pertama) penuh dengan rahmat, yang pertengahannya (10 hari pertengahan) penuh dengan ampunan, dan yang terakhirnya (10 hari terakhir) Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka.
  • Zakat Harus Bermanfaat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 07:45 WIB
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan zakat merupakan kewajiban setiap muslim untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan para penerima atau mustahik.
  • Kesukaran adalah Jalan Menuju Kemudahan
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 08:47 WIB
    Untuk terbang kupu-kupu itu butuh sebuah kesukaran, kepedihan. Kepompong itu memang kecil lubangnya, tapi itulah sunnatullah, dia harus melaluinya. Sakit memang, tergores, tapi goresan itulah yang membuat sayap kupu-kupu itu terbuka lebar.
  • Di Masa Pandemi Iktikaf Tak Harus di Masjid
    Tausyiah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 08:10 WIB
    Iktikaf, atau berdiam diri di masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT, biasanya dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan demi mendapatkan malam lailatul qadar.
  • Tantangan bagi Amilin dan Amilat Zakat
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 09:03 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang di dalam bulan itu Allah SWT memberi kesempatan kepada kita semua untuk memperbanyak amal saleh. Satu di antara amal saleh yang sangat dianjurkan adalah menunaikan zakat.
  • Ramadhan Momentum Mengikis Budaya Konsumtif
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 08:25 WIB
    Melalui puasa Ramadhan setiap muslim seyogianya mampu melatih diri untuk tidak makan dan minum secara berlebih-lebihan atau berperilaku konsumtif.