Topik Terkait: Hukum Main Game

  • Hukum Main Game Online Menurut Buya Yahya 
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 19:05 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya memberi pandangan terkait hukum bermain game online. Berikut penjelasannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Hukum Mendengarkan Musik Saat Puasa Ramadhan
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 22:17 WIB
    Hukum mendengarkan musik saat puasa Ramadhan terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan dan ada yang membolehkan.
  • Inilah Hukum Sedekah Online dan Penjelasannya dari Hadis
    Tausyiah
    Senin, 11 April 2022 - 13:40 WIB
    Hampir seluruh kehidupan kita saat ini semuanya bisa dipenuhi dengan cara online. Mulai dari belajar, belanja, membayar berbagai keperluan, hingga bersedekah pun juga bisa lewat cara online.
  • Hukum Menggabung Puasa Qadha Ramadhan dan Syawal
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Perdebatan Soal Cadar, Ini Pendapat Hukum Jumhur Ulama
    Muslimah
    Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Menikah dengan Jin Menurut Hukum Islam, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 17:21 WIB
    Para ulama tidak seragam dalam menetapkan hukum menikah dengan jin. Ada yang mengharamkan, ada yang menganggap makruh, namun ada yang membolehkan. Sebagian ulama madzhab Syafii berpendapat boleh.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain: Huruf, Contoh Bacaan, dan Cara Bacanya
    Tips
    Senin, 02 Oktober 2023 - 16:41 WIB
    Sebelum membahas hukum bacaan idgham mutajanisain (huruf, contoh bacaan, dan tara bacanya), terlebih dahulu kita apa yang dimaksud dengan idgham mutajanisain.
  • Hukum Makmum Enggan Bilang Amin saat Imam Selesai Baca Al-Fatihah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Hukum Melepas Alas Kaki di Kuburan
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • Hukum Mimpi Basah dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:04 WIB
    Mimpi basah sering terjadi pada masa remaja dan awal masa dewasa muda, tetapi juga terjadi pada orang dewasa. Dalam perspektif Islam, mimpi basah disebut dengan istilah ihtilam.
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Mendengarkan Musik dalam Islam, Benarkah Hukumnya Boleh?
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:27 WIB
    Hukum mendengarkan musik dalam Islam sampai saat ini masih kerap menimbulkan kebingungan dalam diri umat Muslim. Karena sekelompok orang mengatakan boleh, namun sebagian lain tidak membenarkannya.
  • Hukum Menjadikan Lukisan sebagai Kemewahan Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 13:06 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan menjadikan lukisan atau gambar sebagai sarana kemewahan, adalah terlarang dalam Islam. Hal ini sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW di rumahnya.
  • 29 Jenis Hukum Tajwid Beserta Contoh dan Penjelasanya
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:23 WIB
    Jenis Hukum Tajwid ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah dan akan menjadi fardhu ain atau wajib dalam pengamalannya ketika membaca Al Quran.
  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.