Topik Terkait: Hukum Mufaraqah

  • Hukum Islam bagi Pezina Kejam? Begini Tanggapan Abul Ala Maududi
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 16:43 WIB
    Al-Maududi menyebut bahwa sesungguhnya hati nurani orang Barat itu menjadi terkejut (ngeri) terhadap hukuman seratus cambukan. Hal ini tidak disebabkan mereka tidak suka untuk menyakiti fisik manusia.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Mad Tamkin: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 21:17 WIB
    Mad Tamkin adalah salah satu cabang ilmu tajwid dari bacaan Mad. Cara membaca Mad Tamkin ini wajib dipahami umat muslim supaya tidak keliru saat tilawah Al-Quran.
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?
  • Bagaimana Hukum Pemilu dalam Islam? Ada yang Mengharamkan
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:08 WIB
    Bagaimana hukum pemilu dalam Islam? Sikap para ulama terhadap pemilu terbagi menjadi dua kelompok dengan pandangan yang berbeda: mengharamkan dan menghalalkan.
  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Korupsi Waktu Dalam Pandangan Islam
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 07:40 WIB
    Hukum korupsi waktu dalam pandangan Islam yaitu menyia-nyiakan amanah dan kepercayaan. Waktu merupakan amanah dari Allah yang wajib dimanfaatkan dan tidak disia-siakan.
  • Hukum Musik Menurut Imam Syafii
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:15 WIB
    Hukum musik menurut Imam Syafii adalah merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolak, ujarnya.
  • Hukum Menggabung Puasa 6 Hari Syawal dan Qada Ramadan Berikut Niatnya
    Tips
    Sabtu, 22 April 2023 - 09:37 WIB
    Salah satu ibadah yang dianjurkan setelah puasa Ramadan adalah menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala besar.
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • KH Ali Yafie: Hukum dalam Al-Quran Merupakan Bagian Integral dari Akidah
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 17:02 WIB
    KH Ali Yafie menyatakan hukum yang diperkenalkan al-Quran bukanlah sesuatu yang berdiri sendiri, tapi merupakan bagian integral dari akidah. Begini penjelasannya.
  • Debat Capres Cawapres: Bagaimana Menurut Hukum Islam?
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 08:20 WIB
    Debat yang tercela dalam Islam adalah suatu perbedatan yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil, dan sepenuhnya subjektif. Debat yang tercela adalah debat yang lebih mengutamakan otot, bukannya argumen.
  • Bagaimana Ketegasan Syariat Islam Soal Hukum Barang Temuan?
    Tausyiah
    Minggu, 13 November 2022 - 13:28 WIB
    Hamba yang shalih jika menemukan barang temuan atau menemukan barang milik orang lain, maka dia akan berpegang pada hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan masalah ini.
  • Hukum Membayar Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 16:14 WIB
    Kalau seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.
  • Beberapa Aspek Hukum Berkaitan dengan Puasa: Bagi Orang yang Sedang Musafir
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Quraish, ulama-ulama berbeda pendapat tentang bolehnya berbuka puasa bagi orang yang sedang musafir. Perbedaan tersebut berkaitan dengan jarak perjalanan
  • Mad Far’i: Pengertian, Hukum Bacaan dan Contohnya
    Tips
    Minggu, 18 Juni 2023 - 15:13 WIB
    Dalam membaca Al-Quran penting untuk mengetahui hukum bacaan mad fari. Sebab dalam membaca Al-Quran tidak boleh sembarangan karena harus benar dan tartil.
  • Hukum Bersilaturahmi dengan Kerabat yang Fasik dan Nonmuslim
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB
    Silaturahmi mendatangkan pahala-pahala yang istimewa. Umat Islam banyak yang sudah paham tentang hal ini. Tapi bagaimana jika kita bersilaturahmi dengan kerabat yang fasik atau non muslim?
  • Hukum Mimpi Basah dan Doa untuk Menghindarinya
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:40 WIB
    Mimpi basah biasanya terjadi sebagai salah satu tanda umur sudah baligh. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa salah satu tanda-tanda umur sudah mencapai masa baligh. Lantas bagaimana hukum mimpi basah ini dalam Islam?