Topik Terkait: Tanam Pohon

  • Ketakutan Israel Hadapi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 13 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Ketakutan zionis Israel menghadapi akhir zaman ternyata sangat beralasan. Ketakutan ini muncul ketika mendengar Nubuwah Nabi tentang keadaan umat Yahudi menjelang Hari Kiamat.
  • Cinta Rasulullah dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Oktober 2020 - 09:13 WIB
    Rintihan batang kurma adalah mutawatir, karena ia diriwayatkan oleh sekelompok sahabat, hingga sekitar 20 orang dan banyak perawi yang hahih, sehingga memastikan terjadinya.
  • Kekeliruan Abu Jahal...
    Hikmah
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 18:15 WIB
    Dalam Sirah Nawabiyah diceritakan sikap Abu Jahal yang keliru mengklaim pohon Zaqqum. Kata dia, pohon Zaqqum yang diceritakan dalam Al-Quran ialah kurma Madinah dalam mentega.
  • Pohon Gharqad, Tempat...
    Hikmah
    Kamis, 02 Februari 2023 - 21:41 WIB
    Pohon Gharqad akan menjadi tempat persembunyian kaum Yahudi saat terjadinya perang akhir zaman. Pohon ini akan melindungi kaum Yahudi dari kejaran pasukan muslim.
  • Abha Hutan Ungu di Arab...
    Dunia Islam
    Selasa, 14 Mei 2024 - 14:47 WIB
    Setelah hujan yang turun baru-baru ini di Asir, Arab Saudi, Kota Abha dipenuhi warna ungu, ketika pohon jacaranda yang berjejer di sepanjang jalan mulai hidup.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kisah Uzza: 3 Pohon...
    Hikmah
    Senin, 04 Desember 2023 - 06:50 WIB
    Al-Azraqi mengatakan, Uzza adalah tiga buah pohon kurma yang berwarna coklat tua. Orang yang pertama kali menyeru untuk menyembahnya adalah Amr bin Rabiah dan al-Harits bin Kaab.
  • Khasiat Daun Bidara,...
    Tips
    Kamis, 15 Juli 2021 - 16:00 WIB
    Daun bidara (As-Sidr) adalah tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah kering. Pohon ini disebut juga di dalam Al-Quran dalam beberapa ayat. Berikut khasiatnya.
  • 5 Fakta Tentang Pohon...
    Dunia Islam
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 00:03 WIB
    Fakta tentang pohon Gharqad sebagai pohon pelindung umat Yahudi di akhir zaman disebutkan dalam Hadis Nubuwah. Berikut lima fakta tentang pohon ini.
  • Kisah Pohon Kurma Menangis...
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 21:34 WIB
    Kisah pohon kurma menangis karena merindukan Rasulullah ? termasuk di antara mukjizat beliau yang menakjubkan sekaligus menyentuh hati. Berikut kisahnya.
  • 9 Tanaman Pembawa Kekayaan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 09:02 WIB
    Ada sejumlah komoditas yang disebut dalam Al-Quran. Tak sedikit mereka yang menekuni bisnis yang terkait dengan komoditas tersebut menjadi kaya.
  • Bercocok Tanam yang...
    Tausyiah
    Senin, 29 Juli 2024 - 11:26 WIB
    Setiap tumbuh-tumbuhan yang diharamkan memakannya atau yang tidak boleh dipergunakan kecuali dalam keadaan darurat, maka tumbuh-tumbuhan tersebut haram ditanam, misalnya: hasyisy (ganja) dan sebagainya.
  • Subhanallah! Setiap...
    Hikmah
    Rabu, 15 April 2020 - 15:22 WIB
    Aku siapkan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh (di dalam surga) yaitu apa yang tak pernah dilihat mata, tak pernah didengar telinga, dan tak pernah terlintas dalam hati semua manusia.
  • Kiamat Bisa Terjadi...
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 09:45 WIB
    Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia, demikian hadis dari Ibnu Abbas ra menginformaiskan.
  • Kisah Pohon Sahabi,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 10:29 WIB
    Salah satu kisah menarik dalam sejarah Islam adalah tentang pohon yang disebut sebagai Sahabi atau sahabat Nabi Muhammad SAW.
  • Ini Mengapa Pohon Jupiter...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Agustus 2024 - 05:56 WIB
    Ia menjadi simbol hutan lebat dan gunung yang menjulang tinggi di Arab Saudi. Sang nyonya memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem darat.
  • Surat Yasin Ayat 80:...
    Tausyiah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 17:29 WIB
    Pada ayat sebelumnya telah dijabarkan bagaimana jawaban tegas Allah atas keingkaran orang-orang kafir terhadap hari Kebangkitan. Surat Yasin ayat 80 berisi lanjutan tafsir sebelumnya,
  • Sanksi Jika Telanjur...
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 08:04 WIB
    Allah SWT telah menjadikan Makkah Al Mukaromah sebagai tempat yang aman. Status keamanan ini tidak hanya berlaku kepada manusia tapi hewan dan tumbuhan aman di Kota Makkah ini, ia tidak boleh diburu dan ditebang.
  • Tak Sudi Jadi Persembunyian...
    Hikmah
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:51 WIB
    Batu dan bebatuan menjadi salah satu tempat persembunyian Yahudi. Dalam pandangan Islam, batu-batuan juga memiliki sifat makhluk Allah SWT yang bisa tunduk kepadaNya.
  • Keutamaan Membaca Tasbih:...
    Tausyiah
    Senin, 27 November 2023 - 07:27 WIB
    Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Mahabesar tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung.
  • Islam Tidak Senang Umatnya...
    Tausyiah
    Senin, 29 Juli 2024 - 11:51 WIB
    Bertani memang pekerjaan mulia, namun Islam sangat benci kalau umatnya membatasi aktivitasnya hanya pada bidang pertanian atau terbatas bergelimang di dasar laut