Kumpulan Artikel: Mesir

  • Pelajar Palestina di Mesir: Saya Merasa Para Mahasiswa di Amerika Adalah Suara Kami
    Dunia Islam
    Selasa, 07 Mei 2024 - 15:24 WIB
    Saya merasa para mahasiswa di Amerika adalah suara kami, kata Zahra al-Kurd. Bahkan jika protes tidak mengubah situasi kami saat ini, kami tahu bahwa hal ini akan membantu kami dalam jangka panjang.
  • Mohamed Elneny: Bukti Hidup Jalankan Puasa Selaras Kehidupan Pesepakbola
    Dunia Islam
    Senin, 01 April 2024 - 02:00 WIB
    Mohamed Elneny adalah bukti hidup, bernapas, dan tersenyum bahwa menjalankan puasa Ramadan bisa selaras dengan kehidupan seorang pesepakbola Premier League.
  • Genosida Israel: Ketika Mesir Ketakutan dengan Serangan Zionis di Rafah
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Februari 2024 - 12:16 WIB
    Pihak berwenang Mesir tampaknya sudah merencanakan masuknya pengungsi Palestina dari Rafah ke negerinya. Namun mereka tampaknya lebih memilih menjaga hubungan dengan Israel.
  • Rafah: Kota Oasis Sinai-Gaza yang Kontroversial
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Februari 2024 - 11:18 WIB
    Sebelum tanggal 7 Oktober, kota yang luasnya hanya 64 km persegi ini sudah kelebihan penduduk dan hancur akibat kemiskinan dan kondisi kehidupan di bawah standar akibat blokade Israel selama 17 tahun.
  • Lahirkan SDM Unggul, Lazis ASFA Gandeng Al-Azhar Kairo Gelar Pelatihan Kader Ulama
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Februari 2024 - 07:14 WIB
    Lazis ASFA menggandeng Universitas Al-Azhar Kairo untuk program percepatan kaderisasi pesantren dan lembaga pendidikan Islam di Indonesia.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Israel akan Mendeportasi Secara Paksa Warga Palestina ke Mesir: Pembersihan Etnis?
    Dunia Islam
    Rabu, 14 Februari 2024 - 15:05 WIB
    Populasi Rafah yang luasnya hanya 150 km persegi telah meningkat lima kali lipat sejak perang pecah pada 7 Oktober. Sekarang menjadi rumah bagi 1,5 juta pengungsi Palestina.
  • Kebiadaban Israel: Kisah Mesir yang Inginkan Demiliterisasi Gaza dan Runtuhnya Hamas
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Januari 2024 - 08:14 WIB
    Ketakutan mendalam Sisi terhadap Ikhwanul Muslimin, dan klaim legitimasi mereka yang melekat dan bertahan lama di Mesir sebuah ketakutan yang terkait erat dengan penindasan brutal terhadap Arab Spring.
  • Genosida Israel: Sinyal Runtuhnya Kekuasaan Presiden Mesir Al-Sisi
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:08 WIB
    Gelombang besar warga Palestina yang melintasi perbatasan adalah skenario yang dapat menyebabkan runtuhnya rezim Sisi, yang sudah berada di bawah tekanan krisis ekonomi yang parah.
  • Genosida Israel, 2 Pilihan: Mati di Bawah Api Neraka atau Lari ke Mesir
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 13:35 WIB
    Banyak dari mereka yang berani menghadapi krisis kemanusiaan saat ini adalah keturunan warga Palestina yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka pada tahun 1948.
  • Analisis Maurice Bucaille tentang Eksodus Bani Israel dari Mesir Menurut Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 13:13 WIB
    Pada garis besarnya, riwayat Quran tentang keluarnya orang Yahudi dari Mesir adalah sama dengan riwayat Bibel. Quran tidak menyebutkan nama identitas Firaun yang berkuasa pada waktu Eksodus terjadi
  • Begini Kisah Eksodus Bani Israel dari Mesir Menurut Bibel
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 11:47 WIB
    Musa dapat dipelihara ibunya selama tiga bulan sesudah lahirnya, tetapi akhirnya si ibu memutuskan untuk memasukkannya dalam suatu keranjang di pinggir sungai Nil.
  • Politik Amr bin Ash di Mesir: Bebas Berkeyakinan dan Memberi Keringanan Pajak
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 11:45 WIB
    Setelah membebaskan Mesir dari Romawi, yang pertama sekali dikumandangkan oleh Amr bin As kepada semua orang di Nubia dan Iskandariah, bahwa la ikraha fid-din - tak ada paksaan dalam agama
  • Kisah Amr bin Ash Menaklukkan Barqah dan Tripoli Tanpa Perlawanan
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 16:45 WIB
    Amr bin Ash adalah sahabat Nabi Muhammad SAW. Beliau dikenal sebagai pahlawan penakluk Mesir. Lebih dari itu, menurut Muhammad Husein Haekal, ia juga penakluk Yerusalem.
  • Konsep Politik Hasan Al-Banna: Persamaan Agama dan Tidak Dibatasi Geografis
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Kisah Al-Ikhwan al-Muslimun Menjadi Organisasi Terlarang
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 14:28 WIB
    Protes dan kritis yang ditimbulkan al-Ikhwan al-Muslimin mencapai puncaknya dengan usaha pembunuhan terhadap Presiden Gamal Abdul Gamal Abdul Nasir pada 1954 yang dilakukan oleh oknum al-Ikhwan al-Muslimin.
  • Kisah Ikhwanul Muslimin: Puncak Aktivitas, Mendukung Penuh Perjuangan Rakyat Palestina
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 11:31 WIB
    Perjanjian yang ditandatangani antara Inggris dan Mesir pada 1936 telah mendorong Hasan al-Banna menyuarakan dukungan penuhnya terhadap perjuangan penduduk Palestina.
  • Kisah Ikhwanul Muslimin: Fase Pertama Bercorak Keagamaan dan Sosial
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 10:45 WIB
    Al-Ikhwan al-Muslimun (IM) adalah sebuah gerakan Islam yang aktif menerapkan dan mempromosikan ajaran agama berdasarkan Quran dan Sunah secara ketat dalam kehidupan umat.
  • Kisah Hasan al-Banna: Tokoh Ikhwanul Muslimin Pembela Palestina
    Dunia Islam
    Minggu, 12 November 2023 - 10:25 WIB
    Hasan al-Banna adalah tokoh Ikhawanul Muslimun yang terlibat dalam perjuangan rakyat Palestina pada tahun 1948. Akibatnya, pihak Barat, melalui pemerintah Mesir, membubarkan organisasinya itu.
  • Ini Mengapa Eksodus Bani Israil dari Mesir ke Palestina Menghabiskan Waktu Lama
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:40 WIB
    Setelah lepas dari kejaran Firaun, Bani Israil eksodus dari Mesir ke Palisttina. Eksodus Bani Israil memerlukan waktu yang cukup panjang sampai mereka secara resmi tinggal di Palestina.
  • Kisah Hijrahnya Nabi Ibrahim ke Palestina, Sempat Pergi ke Mesir
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 16:47 WIB
    Ibrahim membangun tempat penyembelihan kurban untuk Allah sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diberi. Kubah bangunan ini dibuat menghadap ke timur Baitul Maqdis.