Kumpulan Artikel: Puasa Ramadhan (halaman 17)

  • Puasa Adalah Sebuah Proses Perubahan
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 17:44 WIB
    Allah subhanahu wataala mengingatkan manusia untuk memacu dirinya dalam sebuah proses puasa di bulan suci Ramadan selama kurang lebih 30 hari lamanya.
  • Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih Wangi dari Kasturi, Ada 2 Alasannya
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 14:31 WIB
    Bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dari minyak kasturi. Padahal ketika dicium orang lain sangat tidak mengenakkan. Kenapa bisa demikian?
  • 2 Nikmat Kebahagiaan Puasa yang Sering Diabaikan
    Muslimah
    Senin, 19 April 2021 - 07:04 WIB
    Orang yang berpuasa dapat menciptakan kebahagian yang tidak akan dirasakan oleh orang yang tidak menjalankannya. Sejujurnya, orang yang berpuasa itu memiliki dua kebahagiaan namun kita seringkali mengabaikannya.
  • Renungan: Kisah Burung Ingin Mengubah Tradisi Ramadhan
    Hikmah
    Senin, 19 April 2021 - 05:00 WIB
    Berkali-kali aku mengatakan bahwa aku akan menyingkapkan semua rahasia di dunia yang fana ini. Tetapi, karena takut dan adanya hasrat untuk menyelamatkan diriku, aku telah mengunci bibirku.
  • Renungan: Menagih Janji Tuhan, Apa Itu Harta Segalanya?
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 04:52 WIB
    Ada satu kisah tentang seorang sufi Khwaja Maruf Karkhi yang asyik dalam kontemplasi. Dia berdiri di bawah tahta ilahi, menyanyi memuji Allah dalam kelimpahan syukur.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Wawasan Kebangsaan Dalam Al-Quran (3): Pengelompokan Berdasarkan Keturunan
    Tausyiah
    Sabtu, 17 April 2021 - 16:31 WIB
    Penggabungan diri ke dalam satu wadah kekerabatan dapat disetujui oleh Al-Quran, apalagi menggabungkan diri pada wadah yang lebih besar semacam kebangsaan.
  • 8 Sunnah-sunnah Puasa Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 09:05 WIB
    Pengajar Rumah Fiqih Ustaz Ahmad Zarkasih Lc dalam Buku Saku Ramadhan menjelaskan 8 sunnah-sunnah puasa Ramadhan. Apa saja? Berikut ulasannya.
  • Renungan: Menghabiskan Umur untuk Perut, Sesekali Lapar Itu Baik
    Hikmah
    Sabtu, 17 April 2021 - 04:57 WIB
    Imam Al Ghazali memberi wejangan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul dan dekat dengan Tuhan adalah dengan lapar. Dengan lapar, maka mata hati akan terbuka menerima kehadirat Tuhan.
  • Ceramah Tarawih di Istiqlal, Mahfud: Puasa Mengajarkan Mati Sebelum Mati
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 April 2021 - 22:52 WIB
    Dalam ceramahnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengajak jamaah untuk menahan hawa nafsu selama berpuasa.
  • Ramadhan, Momentum Menundukkan Nafsu dan Menghidupkan Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 16 April 2021 - 22:51 WIB
    Ramadhan bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi momentum terbaik menundukkan nafsu dan menghidupkan Al-Quran. Inilah dua amalan yang dapat mendatangkan pahala dan ampunan Allah.
  • 9 Perkara yang Bisa Membuat Puasa Ramadhan Sia-sia
    Muslimah
    Jum'at, 16 April 2021 - 06:31 WIB
    Menjalankan ibadah puasa Ramadhan kita berharap pahala dari Allah Taala. Namun, jika puasa tidak bernilai pahala, tentu akan sangat melelahkan, bahkan hanya mendapat lapar dan dahaga, sia -sia belaka.
  • Abu Hurairah:  Dasar, Gak Biasa Puasa!
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Menunda Haid Agar Tetap Bisa Berpuasa Ramadhan, Bolehkah?
    Muslimah
    Kamis, 15 April 2021 - 06:11 WIB
    Kondisi haid terkadang membuat kesedihan tersendiri bagi muslimah. Lantas bolehkan mereka menggunakan pil penunda haid agar bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan?
  • Jamaah Tarekat Syattariyah Sumatera Barat Baru Memulai Puasa Ramadhan Besok
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 23:08 WIB
    Jamaah Tarekat Syattariyah Kabupaten Agam Sumatera Barat (Sumbar) baru memulai puasa Ramadhan besok, Kamis (15 April 2021). Kepastian ini setelah melakukan hisab takwin.
  • Bukan Cuma Umat Islam, Bahkan Para Penyembah Patung pun Berpuasa
    Tausyiah
    Rabu, 14 April 2021 - 17:18 WIB
    Sejarah puasa sangatlah tua. Sudah ada sejak dahulu kala, jauh sebelum Rasulullah SAW. Bangsa Mesir, India sudah, Yunani dan Romawi, bahkan penyembah patung di India berpuasa sampai kini.
  • Amalan Agar Tidak Haus Ketika Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 13:36 WIB
    Menjalani ibadah puasa Ramadhan bagi sebagian orang ada yang merasa haus, dan terkadang tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi. Berikut amalannya.
  • Puasa Tapi Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 14 April 2021 - 13:32 WIB
    Ada satu hal yang seringkali luput dari perhatian, yakni melaksanakan puasa tetapi tidak menjalankan sholat. Bagaimana syariat menghukuminya perihal tersebut?
  • Catat! Begini Cara Batalkan Puasa Ramadhan di MRT Jakarta
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 06:36 WIB
    PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta perbolehkan penggunanya batalkan puasa dengan air putih ataupun buah kurma.
  • Suasana Ramadhan di Yerusalem Meriah dengan Dekorasi Warna-warni
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 04:03 WIB
    Lentera warna-warni dan hiasan Ramadhan memenuhi jalanan Yerusalem saat warga Palestina menyambut bulan suci yang lebih longgar dari pembatasan COVID-19.
  • Begini Adab Orang yang Berpuasa dan Tingkatan Puasa Menurut Para Sufi
    Tausyiah
    Rabu, 14 April 2021 - 03:39 WIB
    Adab-adab berpuasa yaitu mengatur pola makan, meninggalkan perdebatan, menjauhi ghibah, menolak kebohongan, meninggalkan keburukan, menjaga anggota tubuh dari hal-hal yang kurang baik