Topik Terkait: Ngabuburit

  • Tradisi lokal sirungguk, hiburan rakyat menunggu berbuka puasa
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 07:42 WIB
    Tradisi Sirungguk (orang yang dibalut dengan akar dan rumput pohon) menjadi hiburan rakyat menjelang berbuka puasa di Kelurahan Parausorat, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Tradisi ini disebut-sebut sudah ada sejak zaman dulu.
  • 4 Tips Ngabuburit Asyik Bagi Muslimah yang Ada di Rumah
    Muslimah
    Senin, 18 April 2022 - 16:31 WIB
    Sepanjang puasa sejak adzan subuh hingga menunggu bedug azan maghrib terbilang lama. Oleh sebab itu, perlu diisi dengan aktivitas positif bernilai ibadah.
  • Ramadan di Kanada, perjodohan di sela-sela buka bersama
    Hikmah
    Kamis, 18 Juli 2013 - 11:08 WIB
    Buka puasa bersama di bulan Ramadan ternyata bukan hanya sebagai tradisi untuk memperkuat silaturahmi bagi sesama muslim. Di Calgary, Provinsi Alberta, Kanada, buka puasa bersama justru dijadikan ajang pencarian jodoh bagi muslim atau muslimah yang masih jomblo
  • 5 Program Ramadan Terpopuler di YouTube, Cocok Ditonton Waktu Ngabuburit
    Dunia Islam
    Senin, 18 Maret 2024 - 16:27 WIB
    Ada banyak program Ramadan populer di YouTube yang bakal menemani hari-hari umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa wajib. Salah satunya adalah Kajian Jelang Iftar di kanal YouTube dr. Zaidul Akbar.
  • Ramadan Waktu Terbaik Membumikan Nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:28 WIB
    Menunaikan ibadah puasa Ramadan di Indonesia bisa dikatakan memiliki corak tersendiri jika dibandingkan dengan negara lain.
  • Kaya Khasiat, pas untuk sahur dan berbuka
    Hikmah
    Kamis, 25 Juli 2013 - 07:39 WIB
    Penganan berbentuk mirip bambu kecil yang berasal dari pucuk tanaman rotan ini selalu menjadi menu favorit warga Kota Medan untuk sahur maupun buka puasa. Makanan khas daerah Tapanuli Selatan (Tapsel) ini pun mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan Kota Medan maupun di rumah makan.
  • Menunggu magrib dengan menjelajah Kali Code
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2013 - 09:53 WIB
    Ngabuburit ke Kali Code! Aneka makanan yang disajikan di sini bervariasi. Mulai kolak sampai gorengan, dan aneka jajanan pasar lainnya. Semua ditawarkan oleh lebih dari 30 pedagang di Kampung Wisata Sayidan tersebut.
  • PCINU Jerman kaji konsep politik Quraish Shihab
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 12:44 WIB
    Munir menjelaskan bahwa Prof. Quraish Shihab merupakan mufassir (Ahli tafsir) Alquran terkenal asal Indonesia. Salah satunya yang kemudian menjadi karya monumental adalah Tafsir Al Misbah. Quraish Shihab berpendapat bahwa Alquran hanya mengatur secara detail dan tegas urusan aqidah dan hal-hal yang tidak mengalami perubahan atau perkembangan.
  • Ratusan yatim piatu dan lansia ikuti buka bersama
    Hikmah
    Senin, 15 Juli 2013 - 08:59 WIB
    Kegiatan yang dilaksanakan di Mesjid Besar Miftahul Huda di jalan Pelabuhanratu Km 30 Kecamatan Warungkiara-Sukabumi ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara masyarakat, anak yatim, dan lansia di desa Warungkiara.
  • Inilah Kegiatan Ngabuburit Sesuai Sunnah Rasulullah, Yuk Amalkan!
    Tips
    Selasa, 20 April 2021 - 13:40 WIB
    Biasanya waktu menunggu untuk berbuka puasa di sebagian masyarakat diisi dengan kegiatan ngabuburit. Nah, agar ngabuburit ini juga tetap mendapatkan pahala, ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan.
  • Manula pun ikut pesantren kilat
    Hikmah
    Jum'at, 12 Juli 2013 - 14:58 WIB
    kelas lansia ini untuk mengakomodasi kalangan lansia yang ingin menimba ilmu di ponpes yang memiliki santri sekitar 1.200 orang tersebut. Sementara kelas lansia hanya diisi dengan pengajian ataupun hafalan-hafalan surat dan doa.
  • Ngabuburit ala seniman Magelang
    Hikmah
    Selasa, 30 Juli 2013 - 18:33 WIB
    Ratusan orang yang mulanya hanya menghabiskan waktu untuk menunggu datangnya buka puasa di Alun-alun Kota Magelang, mendapat siraman rohani dari sejumlah seniman.
  • Ngabuburit dengan Bermain Ular
    Hikmah
    Rabu, 08 Juli 2015 - 13:09 WIB
    Jeritan tiba-tiba membahana di kawasan perbukitan Watu Lumbung, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Sesekali di gelak tawa juga menyeruak di sela jeritan yang mengisi sore itu.
  • Tradisi tumpeng jelang Ramadan
    Hikmah
    Sabtu, 06 Juli 2013 - 22:01 WIB
    Acara itu dikemas dengan menarik, menari dan bersalawat sambil berkeliling kampung. Selain itu ada pula pesta ratusan tumpeng.
  • Masjid Karya Ridwan Kamil di Padalarang Jadi Tempat Favorit Ngabuburit
    Dunia Islam
    Sabtu, 16 April 2022 - 04:59 WIB
    Jauh sebelum menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, sosok Ridwan Kamil telah dikenal sebagai seorang arsitektur handal. Beragam karya rancang bangunnya telah banyak ditemui
  • Kebersamaan antarumat beragama ruh Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 01 Agustus 2013 - 07:15 WIB
    Sekitar 700 orang yang datang dari berbagai kelompok agama menyanyikan lagu Ayo Rukun Bersatu dalam kegiatan buka puasa bersama di Kelenteng Hok An Kiong Muntilan, Kabupaten Magelang.
  • Inilah Tips Menunggu Berbuka Puasa yang Pasti Berpahala
    Tips
    Selasa, 28 Maret 2023 - 15:37 WIB
    Menjalani puasa tak saja diisi oleh kegiatan yang sifatnya ibadah semata, namun boleh jadi melakukan aktivitas positif. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan?
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.