Topik Terkait: Akhlak Muslim (halaman 57)

  • Mengenal Siapa Wanita...
    Muslimah
    Rabu, 24 November 2021 - 18:31 WIB
    Setiap muslimah pasti mendambakan ingin menjadi wanita atau istri saleha. Siapa sebenarnya wanita saleha itu? Dan bagaimana kedudukannya di mata Allah SWT? Apa yang dijanjikan Allah untuknya?
  • Banyak Bertanya Akan...
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:05 WIB
    Kendati bertanya dianjurkan dalam Islam, tapi terlalu banyak bertanya tidak dibolehkan dalam Islam, terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang tidak penting.
  • Al-Quran Menyebut Kualitas...
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 10:07 WIB
    Ada tiga karakter yang disebutkan dalam Al-Quran untuk menilai kadar keberagamaan seorang muslim. Secara tegas, karakter itu tercatat dalam Surat Al Fathir ayat 32.
  • Orang-orang yang Dibenci...
    Muslimah
    Selasa, 24 November 2020 - 06:59 WIB
    Golongan orang yang tidak disenangi oleh Allah ini, sudah pasti adalah hamba-hamba yang telah melakukan hal-hal yang dibenci Allah dan tidak mengikuti ajaran yang telah disampaikan lewat Rasul-Nya. Siapa saja mereka?
  • 6 Adab Berzikir yang...
    Tips
    Senin, 05 September 2022 - 11:14 WIB
    Selayaknya ibadah lain, tentu ada adab yang harus kita penuhi ketika berzikir. Mengutip pendapat Sayyid Ustman Rahimahullah dalam kitabnya Maslakul Akhyr f al-Adiyyah wal Adzkr al-Wridah an Raslillah mencantumkan syarat dan adab dalam berdoa.
  • Adakah Batasan Aurat...
    Muslimah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 16:21 WIB
    Dalam Islam, kewajiban menutup aurat hanya dibebankan bagi umat muslim yang telah mukallaf (seorang muslim yang dikenai kewajiban atau perintah dan menjauhi larangan agama), yakni mereka yang telah mencapai usia baligh dan berakal sehat (tidak gila).
  • Syaikh Aidh Al Qorni...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Banyak ulama yang berpendapat bahwa tawa dan senyum adalah salah satu sebab yang paling kuat yang membuat manusia agar lebih efektif dan produktif. Bahkan Imam Ibnul Jauzi (fuqaha, ahli ibadah) berkata bahwa para ulama yang mulia selalu senang dengan humor.
  • Benarkah Sebuah Keluarga...
    Hikmah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 17:39 WIB
    Benarkah pasangan keluarga mukmin akan dipertemukan kembali di surga? Apakah pasangan di dunia juga akan menjadi pasangannya di surga?
  • Inilah Faedah Syahwat...
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 08:45 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Kata syahwat itu sendiri merupakan bentuk jamak dari syahaa yang berarti almusytaha atau sesuatu yang diinginkan.
  • Tuntutlah Ilmu Walau...
    Tausyiah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 17:50 WIB
    Tuntulah ilmu sekalipun di negeri China. Begitu kalimat yang disebut banyak dai sebagai hadis. Para ulama ahli hadis justru menyebut kalimat tersebut bukan hadis.
  • Patut Diteladani, Beginilah...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Oktober 2020 - 19:00 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya dan beliau diutus ke muka bumi tidak lain untuk menyempurnakan akhlak manusia.
  • Buka Puasa Bareng Wali...
    Dunia Islam
    Senin, 17 April 2023 - 21:58 WIB
    Saya juga mengingatkan bahwa sebagai warga Kota New York terlalu banyak yang perlu disyukuri. Bagi komunitas Muslim kita mensyukuri iman, komunitas, dan lain-lain.
  • Inilah Sosok Bersahaja...
    Muslimah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 18:51 WIB
    Impian menjadi istri penguasa, pejabat atau istri pengusaha tentu sangat didambakan oleh sebagian kaum perempuan saat ini. Selain karena status sosial, kehidupan mewah dan serba kecukupan adalah gambaran fasilitas yang akan didapatkannya.
  • KH Ahmad Baso: Nasionalisme...
    Dunia Islam
    Senin, 03 Mei 2021 - 10:44 WIB
    Cendekiawan Muslim KH. Ahmad Baso memaparkan bagaimana Walisongo berdakwah di masanya, ketika Nusantara masih didominasi oleh warga beragama Hindu dan Buddha.
  • Ustaz Dokter Zaidul...
    Hikmah
    Selasa, 04 Februari 2020 - 19:18 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar (penggagas pengobatan sehat ala Rasulullah) mengajak umat Islam meneladani kemurahan hati pesepak bola muslim asal Senegal, Sadio Mane.
  • Mengenal Arakan Rohingya...
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Desember 2023 - 15:23 WIB
    ARSA atau Arakan Rohingya Salvation Army mungkin tampak asing bagi sebagian orang. Kelompok bersenjata ini muncul di tengah konflik etnis di Myanmar yang melibatkan Rohingya selama bertahun-tahun.
  • Membesuk dan Mendoakan...
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 09:28 WIB
    Kunjungan kepada orang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim dengan muslim lainnya. Membesuk&nbsp orang sakit dan mendoakannya dengan doa termasuk sebab kesembuhan.
  • Perhatikan 5 Hal Ini...
    Tausiyah
    Rabu, 06 November 2019 - 18:15 WIB
    Rasulullah SAW pernah bersabda, Seseorang bergantung pada agama teman karibnya. Karena itu, hendaknya kalian memperhatikan siapa yang harus dijadikan teman karib.
  • Abbas Bin Firnas, Inspirator...
    Dunia Islam
    Minggu, 14 November 2021 - 18:47 WIB
    Keberhasilan Abbas bin Firnas (Ibnu Firnas) menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 telah memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.
  • Waspada, Ciri-ciri Pergaulan...
    Muslimah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Sadarkah muslimah, mungkin salah satu penyebab banyaknya kasus pelakor (perebut laki orang) dikarenakan tanpa sadar banyak wanita yang memainkan peran pelakor itu sendiri. Bagaimana ciri-cirinya?