Topik Terkait: Hak Paten (halaman 3)

  • Pemilu: Memilih Pemimpin adalah Kewajiban Bukan Hak
    Hikmah
    Selasa, 06 Februari 2024 - 08:05 WIB
    Menaati kepala negara adalah wajib, berarti mengangkat pemimpin pun hukumnya wajib, karena jika pemimpin tidak ada, maka kewajiban untuk menaati pemimpin pun tidak bisa dijalankan.
  • Begini Idealnya Hubungan Suami Istri Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 17:01 WIB
    Interaksi dan muamalah antara suami dengan istri yang baik adalah bagaikan pakaian yang berjalan sebagaimana fungsinya. Artinya bahwa suami dan istri adalah perhiasan dan sekaligus sebagai penutup aib di antara keduanya.
  • Hukum Istri Mendiamkan Suami dalam Pandangan Islam
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:03 WIB
    Dalam Islam, hukum seorang istri mendiamkan suami sebenarnya diperbolehkan, dengan catatan jika tujuannya untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia. Kenapa demikian?
  • Tidaklah Beriman Orang yang Kenyang Sementara Tetangganya Lapar
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:24 WIB
    Hadis ini merupakan peringatan keras bagi kita agar jangan sekali-kali menjadi orang abai (ignorance) kepada orang lain. Ancamannya serius, tidak disebut sebagai orang yang beriman (kepada Allah).
  • Inilah Keutamaan Wanita Menjaga Kehormatan Diri saat Jauh dari Suami
    Muslimah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 18:31 WIB
    Wanita shalihah adalah wanita yang beramal shalih dalam dua kondisi, yakni ikhlas karena Allah Subhanahu wa Taala dan meneladani Rasulullah shallallahualaihi wa sallam.
  • Ustaz Saeful Huda Ajarkan Cara Mengatasi Anak Nakal
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:19 WIB
    Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sultan Fatah Semarang Ustaz Saeful Huda memberikan tips cara mengatasi anak nakal. Berikut tipsnya, semoga bermanfaat!
  • Jangan Paksakan Istri untuk Seperti Bidadari
    Muslimah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Seorang suami pasti mendambakan istrinya adalah seorang wanita sempurna. Bila perlu, potret bidadari tercetak atau terbalut pada istri mereka. Haruskah demikian?
  • Hak-hak Istri yang Wajib Ditunaikan Suami
    Muslimah
    Rabu, 09 November 2022 - 10:41 WIB
    Dalam Islam, pernikahan adalah tempat untuk mempertemukan kecenderungan dua jenis manusia dalam lembaga yang kokoh. Diharapkan orang-orang yang berkumpul di dalamnya merasa nyaman, tenang, dan tenteram.
  • Bagaimana Cara Menasihati Istri yang Berperilaku Buruk? Begini Anjuran Ulama
    Muslimah
    Senin, 03 Juli 2023 - 15:21 WIB
    Wajib bagi pasangan suami istri untuk memperlakukan pasangannya dengan baik dan memenuhi haknya yang merupakan kewajibannya dengan penuh kerelaan. Lantas bagaimana jika pasangan atau istri berperilaku buruk?
  • Asma Binti Yazid, Si Penyuara Hak-hak Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 18:38 WIB
    Ia adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan, dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai juru bicara wanita.
  • Kisah Perempuan Iran Narges Mohammadi, Peraih Nobel yang Jalani Hidup di Penjara
    Dunia Islam
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 16:15 WIB
    Dia adalah Narges Mohammadi. Pembela hak-hak perempuan Iran yang kini mendekam di penjara ini memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2023. Ia adalah pejuang yang berani melawan penindasan terhadap perempuan di Ira
  • Parenting Islami : Mengajarkan Anak Bermain Sesuai Fitrahnya
    Muslimah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:48 WIB
    Salah satu ikhtiar dalam mendidik anak adalah memenuhi kebutuhan dasarnya, yakni bermain. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua zaman sekarang.
  • Sesalkan Terjadi Keterlambatan, Kemenag Minta Mashariq Penuhi Hak Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Juni 2023 - 00:11 WIB
    Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief menyesalkan kelambanan Mashariq dalam menyiapkan layanan jemaah haji di Muzdalifah dan Mina.
  • Dalam Pernikahan, Wanita Boleh Menetapkan Kriteria Calon Suami Mampu Memberi Nafkah
    Muslimah
    Rabu, 28 September 2022 - 12:48 WIB
    Seorang wanita muslimah yang hendak memilih pasangan idaman, boleh menetapkan satu kriteria penting, yakni calon suami punya kemampuan memberi nafkah secara baik.
  • Hak Khiyar dalam Pernikahan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 06 Mei 2023 - 11:17 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Kewajiban Istri dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Minggu, 27 September 2020 - 08:14 WIB
    Dalam Islam pernikahan merupakan salah satu ladang pahala bagi suami dan istri. Bagi suami ada peran dan kewajiban sebagai kepala keluarga.. Begitu juga ada kewajiban yang harus dilakukan seorang istri.
  • Hak-Hak Istri yang Wajib Dipenuhi Suami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 26 September 2023 - 10:30 WIB
    Islam telah menetapkan untuk istri hak-hak yang wajib dipenuhi oleh suaminya. Hak-hak itu tak sekadar tinta di atas kertas, akan tetapi Islam menjadikan lebih dari itu yaitu yang mampu memelihara dan mengawasi.
  • Hak dan Kewajiban Belajar Menurut Al-Quran, Bukan Monopoli Lelaki
    Tausyiah
    Selasa, 15 November 2022 - 13:46 WIB
    Terlalu banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi SAW yang berbicara tentang kewajiban belajar, baik kewajiban tersebut ditujukan kepada lelaki maupun perempuan.
  • Berbuat Baik Kepada Binatang
    Muslimah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 17:49 WIB
    Berbuat baik dan menyayangi binatang adalah bagian dari ajaran Islam. Ketika berbuat baik pada hewan, maka akan mendapat ampunan Allah Taala,. Sebaliknya orang yang menzaliminya akan diancam dengan azab.
  • Hukum Membunuh Tanpa Hak, Ini Pesan Al-Quran dan Rasulullah
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 15:38 WIB
    Islam melarang keras untuk menzalimi orang yang tidak bersalah, apalagi merenggut nyawanya. Syariat menggolongkan pembunuhan sebagai dosa besar kedua setelah syirik.