Topik Terkait: Hukum Jual Beli Air

  • Praktik Jual Beli Organ Tubuh Kian Marak, Begini Menurut Hukum Islam
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 14:19 WIB
    Praktik jual beli organ tubuh belakangan ini semakin marak saja. Ada banyak iklan di media maupun internet yang menawarkan hal itu. Lalu, bagaimana hukum Islam memandang masalah ini?
  • Gus Baha Kupas Tuntas Jual Beli dan Riba, Mana Lebih Menguntungkan?
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 14:59 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) menjelaskan tentang jual beli dan riba. Mana yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya.
  • Ini Hukuman Bagi yang Tidak Jujur dalam Jual Beli
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 19:34 WIB
    Islam mengatur secara rinci urusan jual beli agar tidak merugikan orang lain. Dalam urusan perniagaan, Islam mengharamkan penipuan dan kebohongan.
  • Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Jual Beli Setelah Sholat Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
    Setelah sholat Jumat ditunaikan, kaum mukmin diizinkan oleh Allah untuk melakukan jual beli. Ternyata di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan.
  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Manusia Itu Berada di Antara Hukum Allah dan Hukum Jahiliyah
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 08:08 WIB
    Sesungguhnya tasyri (hukum Allah) itulah yang mentransfer taujiihaat (arahan-arahan) agama dan akhlaq pada undang-undang yang berlaku dan memberikan sanksi apabila ditinggalkan.
  • Mengenal Ijma sebagai Sumber Hukum Islam Ketiga
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 00:19 WIB
    Ijma merupakan salah satu sumber hukum Islam yang disepakati para ulama apabila tidak dijumpai dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Berikut penjelasannya.
  • Bagaimana Hukum Puasa Disuntik Vaksin?
    Tausyiah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:31 WIB
    Vaksin Booster disebut menjadi syarat untuk mudik Lebaran 2022. Lalu, bagaimana hukumnya puasa disuntik vaksin? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Hukum KB dalam Sudut Pandang Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Februari 2023 - 11:42 WIB
    Hukum KB (keluarga berencana) dalam sudut pandang Islam sangat perlu diketahui pasangan keluarga muslim. Apalagi, pasangan yang baru menikah dan memiliki rencana untuk mempunyai buah hati
  • Peringatan Rasulullah SAW untuk Pemimpin dan Aparat Penegak Hukum
    Tausyiah
    Jum'at, 09 September 2022 - 22:37 WIB
    Islam adalah agama yang menekankan keadilan agar tercipta kemaslahatan umat. Berikut peringatan Rasulullah SAW untuk para pemimpin dan penegak hukum.
  • Bolehkah Berwudhu dengan Air Laut?
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 11:25 WIB
    Air laut sangat berbahaya untuk diminum oleh manusia. Pertanyaannya, apakah air laut suci dan bolehkah berwudhu dengan air laut? Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Hukum Jual Beli Kucing Dalam Islam, Bolehkah?
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 20:39 WIB
    Hukum jual beli kucing dalam Islam perlu diketahui kaum muslimin. Berikut pandangan syariat terhadap hukum jual beli kucing berdasarkan Hadis Nabi.
  • Begini Cara Pandang John Louis Esposito Mengenai Hukum Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:20 WIB
    John Louis Esposito mengatakan kalau dogma atau doktrin merupakan ciri pernyataan penting agama Kristen, maka Islam seperti Yudaisme, menemukan pengekspresian utamanya dalam hukum.
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Hukum Puasa 10 hari di Bulan Rajab
    Tips
    Selasa, 31 Januari 2023 - 09:17 WIB
    Sejatinya, hukum puasa 10 hari di bulan Rajab tidaklah memiliki dasar yang kuat. Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik dalam bentuk puasa, sholat, zakat, maupun umrah.
  • Hukum Puasa Orang yang Sakit Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 17:37 WIB
    Sakit yang membolehkan berbuka adalah sakit yang menyebabkan si penderita tidak mampu lagi untuk melaksanakan puasa atau bila ia berpuasa justru memperparah kondisinya.