Topik Terkait: Hukum Makan Bangkai (halaman 2)

  • Baca Doa Ini Setelah Makan, Fadilahnya Dosa-dosa Diampuni
    Tips
    Minggu, 13 Februari 2022 - 22:40 WIB
    Imam As-Sayyid Abdullah bin Alwi Al-Haddad mengabarkan fadhilah (keutamaan) berdoa setelah makan dan adab ketika makan di tempat orang lain. Berikut doanya.
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Dua Pendapat soal Hukum Non-Muslim Memasuki Masjidilharam
    Hikmah
    Selasa, 20 Juni 2023 - 13:36 WIB
    Para ulama berbeda pendapat terkait hukum non-muslim memasuki Masjidilharam. Dalam hal ini setidaknya ada dua pendapat. Pertama melarang. Pendapat kedua, membolehkan.
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Hukum Puasa bagi Musafir Menurut Jumhur Ulama
    Tips
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:56 WIB
    Musafir mendapat keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 185. Lalu apa syarat musafir yang dapat keringanan itu?
  • Hukum Mengeluh bagi Orang yang Sedang Menderita Sakit
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • Hukum Menjual dan Memindahkan Tanah Waqaf
    Tausyiah
    Kamis, 12 Oktober 2023 - 22:12 WIB
    Bagaimana hukum menjual atau memindahkan tanah waqaf ke tempat lain? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan dalam satu kajiannya.
  • Hukum Mencabut Uban dan Keutamaan Memeliharanya
    Tips
    Kamis, 16 Desember 2021 - 16:46 WIB
    Uban atau rambut yang memutih sering diasumsikan sebagai tanda seseorang mulai menua. Berikut hukum mencabut uban dan keutamaan memeliharanya.
  • Hukum Memakai Bulu Mata Palsu Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 10:15 WIB
    Hukum memakai bulu mata palsu menurut Islam penting diketahui kalangan muslimah, sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam mengaplikasikannya.
  • Hukum Tajwid Surat Luqman Ayat 13 dan 14
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:46 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid di surat Luqman ayat 13 dan 14 yang perlu dipahami umat muslim supaya tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti.
  • 3 Penyebutan Orang yang Tak Berhukum dengan Hukum Allah Taala
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:13 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan kita untuk tidak mudah menuduh kafir kepada saudaranya. Sebab, bila tuduhan kafir tersebut tidak benar, maka akan berbalik kepada yang menuduh.
  • Hukum Main Game Online Menurut Buya Yahya 
    Tausyiah
    Selasa, 22 November 2022 - 19:05 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon Buya Yahya memberi pandangan terkait hukum bermain game online. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Kawin Kontrak dalam Pandangan Islam
    Tausyiah
    Senin, 29 April 2024 - 16:07 WIB
    Hukum kawin kontrak dalam pandangan Islam adalah haram, kendati pada awalnya dibolehkan. Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah.
  • Hukum Membagi Warisan Sebelum Orang Tua Meninggal
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 17:50 WIB
    Bagaimana hukum membagi warisan sebelum orang tua meninggal, apakah hal ini dibolehkan dalam syariat? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
  • Hukum Seorang Istri Berkurban Sendiri, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Hukum Menggabung Puasa 6 Hari Syawal dan Qada Ramadan Berikut Niatnya
    Tips
    Sabtu, 22 April 2023 - 09:37 WIB
    Salah satu ibadah yang dianjurkan setelah puasa Ramadan adalah menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Puasa sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala besar.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Hukum Islam yang Dicita-citakan Bukan dari Mazhab Tertentu
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hukum Islam yang dicita-citakan umat Islam bukanlah fikih salah satu mazhab pada masa tertentu. Hukum Islam yang diinginkan adalah kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang pokok yang telah ditetapkan oleh Al Quran dan Sunnah.
  • Bagaimana Hukum Memotong Rambut Muslimah?
    Muslimah
    Sabtu, 26 September 2020 - 20:00 WIB
    Rambut dalam Islam adalah kemuliaan dan siapa saja yang dikarunia rambut yang indah oleh Allah SWT, maka ia harus menjaganya. Lantas bagaimana hukumnya, untuk memotong rambut kaum perempuan ini?
  • Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 10:21 WIB
    Bagaimana hukum merayakan tahun baru masehi bagi umat Islam? Sebab pergantian tahun masehi atau malam 1 Januari di kalangan umat Islam memang masih diperdebatkan.
  • Ternyata Begini Hukum Mencukur Alis Bagi Wanita dalam Islam
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:50 WIB
    Alis diciptakan memiliki peran penting dalam melindungi mata dari debu dan keringat yang bisa mengganggu penglihatan. Namun tak jarang wanita mencukur alisnya untuk memenuhi unsur estetika. Lantas bagaimana hukum mencukur alis wanita dalam Islam?