Topik Terkait: Hukum Menyemir Rambut (halaman 3)

  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Hukum Merayakan Isra Mikraj, Jangan Sampai Gagal Paham
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 16:27 WIB
    Isra Mikraj 27 Rajab tahun ini jatuh pada Kamis (11/3/2021). Bagaimana hukum merayakan Isra Mikraj dalam pandangan syariat? Berikut penjelasannya.
  • UAS: Hukum Baca Surat Yasin Malam Jumat
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Agustus 2021 - 17:17 WIB
    UAS: hukum baca Surat Yasin di malam Jumat perlu diketahui kaum muslimin. Sebagian kalangan menganggapnya bidah, padahal memiliki dalil yang jelas.
  • Hukum Istri Mendiamkan Suami dalam Pandangan Islam
    Muslimah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:03 WIB
    Dalam Islam, hukum seorang istri mendiamkan suami sebenarnya diperbolehkan, dengan catatan jika tujuannya untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia. Kenapa demikian?
  • Hukum Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek Menurut Buya Yahya
    Tausyiah
    Minggu, 22 Januari 2023 - 05:10 WIB
    Hukum mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek yang tahun ini jatuh Minggu (22/1/2023) sering ditanyakan kaum muslim. Berikut pandangan Buya Yahya, pengasuh lembaga dakwah Al-Bahjah.
  • Inilah Hukum Syariat tentang Rambut Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:35 WIB
    Dalam Islam, rambut wanita adalah aurat sehingga wajib ditutup. Kenapa demikian? Karena rambut merupakan mahkota atau perhiasan bagi seorang wanita.
  • Hukum Berpuasa 1 atau 2 Hari Sebelum Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 03 Maret 2024 - 06:36 WIB
    Seorang muslim seyogyanya tidak mendahului bulan puasa dengan melakukan puasa satu atau dua hari sebelumnya dengan alasan hati-hati, kecuali kalau bertepatan dengan puasa sunah yang biasa ia lakukan.
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • Hukum Memajang Foto di Rumah, Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 03 Januari 2022 - 15:23 WIB
    Hukum memajang foto di rumah kerap kali diperdebatkan, bahkan ada ulama yang mengharamkannya secara mutlak tanpa pengecualian. Berikut penjelasan lengkapnya.
  • 4 Bidang Utama Sasaran Hukum Islam Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:44 WIB
    Penjabaran yang merinci hukum-hukum al-Quran memperlihatkan adanya empat bidang utama yang menjadi sasaran dari hukum itu, yakni bidang ibadat, bidang muamalat, bidang munakahat dan bidang jinayat.
  • Berlaku Adillah! Ini Pesan Rasulullah SAW kepada Penegak Hukum
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 17:28 WIB
    Islam sangat memuliakan aturan (syariat) agar tercipta keadilan (Al-Adl) dan kemaslahatan umat. Berikut nasihat Rasululah shallallahu alaihi wasallam kepada para penegak hukum.
  • Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 2 Beserta Penjelasan dan Cara Baca
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 19:06 WIB
    Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al - Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.
  • Begini Cara Pandang John Louis Esposito Mengenai Hukum Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 10:20 WIB
    John Louis Esposito mengatakan kalau dogma atau doktrin merupakan ciri pernyataan penting agama Kristen, maka Islam seperti Yudaisme, menemukan pengekspresian utamanya dalam hukum.
  • Hukum Mengucapkan Selamat Natal untuk Seorang Muslim, Begini Pendapat Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 19:30 WIB
    Hukum mengucapkan selamat natal untuk seorang Muslim adalah boleh. Prof Dr Muhammad Quraish Shihab berpendapat Al-Quran mengabadikan dan merestui ucapan selamat Natal pertama dari dan untuk Nabi Isa as.
  • Hukum Hutang untuk Umroh, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 09:56 WIB
    Pergi menunaikan ibadah haji atau umroh dengan dana yang berasal dari berhutang terjadi perdebatan di kalangan ulama. Ada yang membolehkan hutang, tetapi ada yang berpendapat harus menghindari hutang.
  • Bagaimana Hukum Berkurban di Luar Domisili? Begini Penjelasan
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 20:31 WIB
    Para ulama berbeda pendapat perihal memindahkan hewan kurban ke luar daerah domisili orang yang berkurban. Para ulama menggunakan logika yang sama dalam memandang hewan kurban dan zakat.
  • Bagaimana Hukum Tukar Uang Baru di Pinggir Jalan untuk THR Lebaran?
    Tausyiah
    Selasa, 02 April 2024 - 13:15 WIB
    Bukan rahasia lagi, di hari-hari terakhir Ramadan, biasanya banyak bermunculan layanan jasa penukaran uang baru baik di mal, jalanan dan lainnya. Lantas bagaimana hukumnya bagi umat Islam yang tukar uang baru itu?
  • Hukum Menunda Kehamilan dalam Pandangan Syariat
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Keadilan Menurut Al-Quran: Tak Sekadar Proses Penetapan Hukum
    Tausyiah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 11:55 WIB
    Keadilan yang dibicarakan dan dituntut oleh Al-Quran amat beragam, tidak hanya pada proses penetapan hukum atau terhadap pihak yang berselisih, melainkan Al-Quran juga menuntut keadilan terhadap diri sendiri.
  • Arti dan Makna Kalimat Shadaqallahul Adzim serta Bagaimana Hukum Mengucapkannya?
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 13:47 WIB
    Kebiasaan dalam masyarakat muslim kita, bila selesai membaca Al-Quran kemudian mengucapkan kalimat shadaqallahul adzim. Apa arti dan makna sebenarnya dari kalimat tersebut? Dan bagaimana hukumnya?