Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 16)

  • Hukum Istinja: Pengertian,...
    Tips
    Jum'at, 25 November 2022 - 10:20 WIB
    Hukum istinja: pengertian, doa, dan tata caranya perlu kita ketahui agar kita bisa menjalankan apa-apa yang telah diatur dalam agama. Lalu, bolehkan istinja dengan batu?
  • Jelang Ramadhan: Ini...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Bagi mereka yang masih berutang puasa maka hendaknya segera dilunasi. Berikut adalah konsekwensinya apabila belum membayar utang puasa tahun lalu, sementara Ramadhan berikutnya tiba.
  • Hukum Membaca Yasin...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:13 WIB
    Hukum membaca Yasin di kuburan sudah sering dibahas oleh ulama ahli fiqih. Sebagian di antaranya menghukuminya makruh, sebagian lagi membolehkannya.
  • Keutamaan Membayar Utang...
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 08:03 WIB
    Dalam konteks agama Islam, ada beberapa keutamaan membayar utang tepat waktu yang besar pahalanya. Berikut adalah beberapa poin terkait pahala membayar utang tepat waktu.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 03 Juli 2024 - 12:30 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 12 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi umat muslim, karena banyak mengandung hukum bacaan mad.
  • Inilah Amal Kebajikan...
    Tausyiah
    Rabu, 24 April 2024 - 10:44 WIB
    Dalam Islam, ada amal kebaikan atau melaksanakan kebajikan yang harus disegerakan atau tidak boleh ditunda-tunda. Amal kebajikan apa saja itu?
  • Menilik Hadis tentang...
    Hikmah
    Sabtu, 16 September 2023 - 09:31 WIB
    Sesungguhnya perkara yang halal itu jelas dan perkara yang haram itu jelas, dan antara keduanya ada beberapa perkara syubhat (kurang jelas) yang tidak diketahui oleh banyak orang.
  • Adab dan Doa ketika...
    Tips
    Rabu, 22 Mei 2024 - 11:12 WIB
    Tidak hanya bagi jemaah haji yang tengah menjalankan ibadah di Tanah Suci, adab dan doa ini juga bisa diamalkan siapun yang hendak meminum air zamzam.
  • Aktivitas Ringan Tapi...
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 06:36 WIB
    Muslimah, banyak amal saleh yang meskipun sedikit dan ringan dilakukan, namun pahalanya besar bahkan dapat mengantarkan kita ke surga. Bagi sebagian orang, mungkin saja amalan ringan tersebut hanya dipandang sebelah mata atau diremehkan .
  • Hal-hal Kecil yang Menjadi...
    Muslimah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 07:03 WIB
    Banyak hal-hal kecil yang bisa mendatangkan pahala bagi kaum muslimah, namun hal ringan ini masih dianggap sepele dan diabaikan begitu saja. Amalan ringan apa saja itu?
  • Hukum Makan Sahur bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Dr Nashir, sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi SAW: Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan..
  • Tidak curang
    Tausiyah
    Sabtu, 03 Agustus 2013 - 06:55 WIB
    Rasulullah SAW bersabda: &ldquoKenapa kamu tidak menempatkan bagian yang basah&nbsp di bagian atas hingga dapat dilihat orang . Barangsiapa yang curang terhadap kami, maka ia bukan golongan kami (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Tirmidzi).
  • Hukum Meng-share Foto...
    Muslimah
    Jum'at, 08 April 2022 - 10:46 WIB
    Di saat puasa Ramadhan ini, tidak sedikit di antara kita yang sering mengirimkan gambar makanan dan minuman yang menggoda kepada mereka yang sedang berpuasa.
  • Hukum Mimisan dan Memukul...
    Tausyiah
    Selasa, 28 April 2020 - 08:45 WIB
    Ketika sedang melaksanakan salat, tiba-tiba kita mimisan atau kita memukul nyamuk yang ternyata ada darahnya, bagaimana hukum shalat kita? Bukankah darah itu adalah najis?
  • Imam Syafii Minum Air...
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:21 WIB
    Imam Syafii minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran.
  • Pemilu: Syariat Tidak...
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:31 WIB
    Ada yang menyatakan bahwa pemilu adalah salah satu, bukan satu-satunya cara (uslb), yang bisa digunakan untuk memilih para wakil rakyat yang duduk di majelis perwakilan atau untuk memilih penguasa.
  • Syaikh Al-Utsaimin:...
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Mengafirkan seseorang akan mengakibatkan banyak konsekwensi hukum. Di antaranya, orang yang dikafirkan menjadi halal darah dan hartanya. Begitu pula semua konsekwensi hukum kafir lainnya.
  • Ahli Hukum Islam Saja...
    Hikmah
    Senin, 06 Juli 2020 - 08:01 WIB
    Salah seorang ahli fikih resah akan perkara hukum yang dimilikinya. Hingga akhirnya keresahan sang fakih tadi mengarahkannya untuk menemui Abu Nawas.
  • Hukum Mengonsumsi Obat...
    Hikmah
    Selasa, 07 September 2021 - 15:11 WIB
    Mengonsumsi obat kuat lazim dilakukan sementara suami agar kuat dalam bersenggama dalam rangka menjalankan kewajiban ranjang terhadap istrinya. Bagaimana hukumnya berdasarkan syariat Islam
  • Ini Mengapa Perempuan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 September 2023 - 08:53 WIB
    Masalah jabatan peradilan dan politik, Abu Hanifah memperbolehkan kaum wanita menempati jabatan hukum sepanjang diperbolehkan memberikan kesaksian di situ, maksudnya selain masalah-masalah kriminalitas.