Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 27)

  • Hukum Puasa Pada Hari...
    Tips
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 12:51 WIB
    Bagaimana hukum puasa pada hari Jumat? Boleh atau tidak? Mana dalilnya? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering muncul, tentang ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari Jumat.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 25 Juli 2024 - 09:42 WIB
    Hukum tajwid Surat Al Kahfi ayat 110 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru ketika membacanya.
  • Boleh Mendonorkan Organ...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 10:21 WIB
    Mendonorkan organ tubuh itu seperti menyedekahkan harta. Hal ini boleh dilakukan terhadap orang muslim dan nonmuslim, tetapi tidak boleh diberikan kepada orang kafir harbi yang memerangi kaum muslim.
  • Syarat Sah Hewan yang...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juni 2024 - 13:15 WIB
    Dalam ibadah kurban, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terkait hewan yang akan dikurbankan pada hari raya Iduladha nanti. Apa saja hewan yang sah dan dibolehkan untuk berkurban ?
  • Hukum Sholat Tahajud...
    Tips
    Selasa, 28 Februari 2023 - 23:15 WIB
    Sholat tahajud merupakan salah satu sholat malam (Qiyamul Lail) yang dikerjakan setelah bangun dari tidur. Jumlah rakaatnya tidak terbatas, minimal dua rakaat.
  • Permudah Masyarakat...
    Dunia Islam
    Jum'at, 08 April 2022 - 20:53 WIB
    Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan produk bernama Zakat Self Service (ZSS). Mesin yang terinspirasi dari mesin ATM ini memiliki layanan yang cepat dan akurat dalam memudahkan aktivitas zakat, infak, atau sedekah (ZIS) di ruang publik seperti rumah sakit hingga pusat perbelanjaan.
  • Dahsyatnya Doa Orang...
    Hikmah
    Rabu, 21 Agustus 2024 - 15:49 WIB
    Doa orang terzalimi memiliki keutamaan yang luar biasa. Al Quran menggambarkannya dengan sangat indah dan dahsyat. Bagaimana bunyi ayat tersebut?
  • Ayat-Ayat Waris: Hukum...
    Tips
    Sabtu, 19 November 2022 - 09:25 WIB
    Perihal hak waris, Prof Dr Muhammad Ali ash-Shabuni menjelaskan hukum bagian kedua orangtua yang diatur dalam al-Quran Surat An-Nisa ayat 11. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Merenggangkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Hukum Rida Terhadap...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:38 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan rida pada qadar hukumnya wajib, karena hal itu termasuk kesempurnaan rida akan rububiyah Allah. Maka setiap mukmin harus rida pada qadha Allah, ujarnya.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan penerapan syariat bukanlah khusus diberlakukan atas para penguasa saja, meskipun mereka adalah orang yang pertama kali dituntut karena mereka memegang kekuasaan di tangannya.
  • 6 Amalan Lisan yang...
    Tips
    Senin, 20 Juni 2022 - 09:17 WIB
    Banyak amalan ringan yang mudah kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari, ternyata memiliki pahala luar biasa dan berlimpah. Kabar gembira tersebut, akan banyak dijumpai dalam kitab-kitab bertemakan fadhail amal.
  • Mengapa Al-Quran Tidak...
    Hikmah
    Kamis, 16 November 2023 - 17:20 WIB
    Dajjal merupakan sosok manusia yang akan membawa fitnah besar di akhir zaman sekaligus tanda dekatnya Hari Kiamat. Mengapa Al-Quran tidak menyebut Dajjal? Mari simak ulasan berikut ini.
  • Benarkah Al-Quran dan...
    Tips
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 07:57 WIB
    Al-Quran dan Hadis menyebutkan pengharaman khamar, tetapi tidak terhadap ganja dan heroin. Lalu, bagaimanakah sesungguhnya hukum syara terhadap penggunaan benda-benda tersebut?
  • Berlebihan dalam Berdoa...
    Muslimah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:51 WIB
    Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang bukanlah apa-apa di hadapan Allah Subhanahu wa taala. Karena itu, sebagai umat Islam kita juga dianjurkan selalu memanjatkan doa agar segala keinginannya dikabulkan oleh Allah.
  • Hukum Mengucap Sayyidina...
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 20:26 WIB
    Mengucap kata Sayyidina ketika menyebut nama Nabi Muhammad SAW sering menjadi perbincangan bagi warga muslim. Bagaimana sebenarnya hukum menyebut kata Sayyidina?
  • Syaikh Yusuf Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 20:08 WIB
    Mereka mengira bahwa syariat Islam yang didakwahkan merupakan sesuatu yang labil, tidak memiliki kriteria dan batasan yang pasti, sehingga setiap hakim memberikan penafsiran sendiri-sendiri.
  • Dasar Hukum Khitbah...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Status hubungan dari khitbah masih sebatas tunangan, belumlah menjadi pasangan suami isteri. Oleh karena itu, pasangan yang telah bertunangan perlu mengindahkan syariat.
  • Hukum Utang Tidak Dibayar...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:59 WIB
    Hukum utang tidak dibayar padahal dalam kondisi mampu melunasinya tidak dibenarkan dalam Islam. Utang wajib dibayar. Konsekuensi tidak membayar utang dalam Islam amat berat.
  • Dosa yang Terampuni...
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 16:04 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala tidak akan mengampuni dosa syirik. Dan Allah memberi ampunan dosa kepada siapa yang Allah kehendaki.