Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 32)

  • Polisi dalam Pandangan...
    Tausyiah
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 15:22 WIB
    Polisi menjadi tema sosial yang tak pernah berhenti dibicarakan mengingat perannya yang sangat berarti di tengah masyarakat. Berikut pandangan Islam terhadap polisi.
  • Surat Luqman Ayat 6...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Sedekah Apakah Paling...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 17:07 WIB
    Keutamaan bersedekah selain dapat meredam murkanya Allah, juga dapat menghapus dosa-dosa. Muncul pertanyaan, apakah sedekah yang paling afdhol (paling utama)?
  • Iman Tidak Cukup Hanya...
    Tausyiah
    Senin, 16 Januari 2023 - 17:36 WIB
    Iman tidak cukup hanya dengan sikap batin yang percaya atau mempercayai sesuatu belaka, tapi menuntut perwujudan lahiriah atau eksternalisasinya dalam tindakan-tindakan.
  • Begini Doa Sebelum dan...
    Tausyiah
    Senin, 08 Maret 2021 - 18:44 WIB
    Doa mestinya dilakukan setiap saat. Bagi siswa hendaknya berdoa sebelum, selama, dan setelah ujian. Melalui doa, siswa akan lebih tenang, rileks, dan lebih fokus dalam menghadapi ujian.
  • Mimpi Hujan dan Banjir,...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 10:12 WIB
    Mimpi tentang hujan dan banjir adalah firasat yang tidak menyenangkan. Ini masuk klasifikasi mimpi buruk, kendati tidak mutlak. Ulama Muabbirn menafsirkan mimpi tersebut dengan berbagai arti.
  • Awal Rajab Jatuh Kamis?...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 14:59 WIB
    Penetapan awal Bulan Rajab 1443 Hijriyah tahun ini dilaporkan terjadi perbedaan. Bagaimana hukum orang yang terlanjur puasa sunnah Rajab hari ini?
  • Berikut Dalil Hukum...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 04:33 WIB
    Salah satu pendapat yang menonjol adalah sunnah atau sunnah muakkad bagi yang mampu. Maknanya bukan wajib bagi yang mampu. Mereka yang berpendapat demikian berpijak pada beberapa hadis.
  • Tawadhunya Imam Syafii,...
    Hikmah
    Minggu, 10 Oktober 2021 - 23:15 WIB
    Kurang apalagi Imam Syafii. Sufi iya, ilmu fiqih dan Ushul Fiqih dikuasainya. Hafizh Quran lagi. Bahkan di bidang ilmu Hadis beliau dijuluki sebagai Nashirus Sunnah (pembela sunnah).
  • Kisah Gus Baha Menemukan...
    Dunia Islam
    Selasa, 15 November 2022 - 15:08 WIB
    Ada sebuah kisah Gus Baha menemukan 200 hukum fiqih tersembunyi dalam Al-Quran yang disampaikan oleh beberapa habaib. Para habib tersebut mengakui Gus Baha sebagai ulama yang sangat paham fiqih atau ahli fiqih
  • Tidak Ada Kasta, Islam...
    Tausyiah
    Senin, 07 September 2020 - 16:43 WIB
    Salah satu karakteristik dasar ajaran Islam adalah kesetaraan. Bermula dari penilaian manusia yang bersifat universal, tanpa membeda-bedakan berdasarkan ras, etnis, dan seterusnya.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya seruan untuk berijtihad bukan sekadar asal-asalan dan membuka pintunya kepada setiap orang yang mengaku dengan lantang padahal belum terpenuhi syarat-syarat utama dalam ijtihad.
  • Wawasan Kebangsaan dalam...
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 16:43 WIB
    Pakar-pakar hukum menetapkan bahwa adat kebiasaan dalam suatu masyarakat selama tidak bertentangan dengan prinsip ajaran Islam, dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan hukum.
  • Pada Mulanya Rasulullah...
    Tausyiah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 19:16 WIB
    Ini adalah ujian terakhir yang menimpa seorang mukmin. Itulah makna firman Allah, Allah meneguhkan (iman) orang orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia.
  • MUI Sebut Meninggal...
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 20:19 WIB
    Menurut Imam Ibnu Hajar, dalam kitabnya Badz al-Maun Fi Fadhilat At-Thaun, seseorang yang terpapar thaun atau wabah, lalu dia meninggal, maka dia wafat dalam keadaan syahid.
  • 4 Penyebab Perbedaan...
    Hikmah
    Rabu, 01 November 2023 - 05:15 WIB
    Sebagian ulama memilih abstain tentang hukum nikah Misyar. Menurut mereka esensi pernikahan seperti ini berikut dalil yang dipergunakan baik yang mendukung maupun yang menolak tampak belum meyakinkan.
  • Penjelasan Gus Baha...
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 18:53 WIB
    Penjelasan Gus Baha tentang hukum memajang foto di rumah dan perbedaan pendapat tentang hukum foto dan gambar makhluk hidup cukup simpel. Pastinya, yang haram itu foto pornografi, tandasnya.
  • Benarkah Menikah di...
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 15:32 WIB
    Menikah di bulan Muharram bagi sebagian kalangan terutama masyarakat di Pulau Jawa sangat ditabukan atau dilarang, terutama di bulan Suro atau hari Asyura (hari ke-10 bulan Muharram). Benarkah demikian?
  • Mengapa Wanita Tidak...
    Muslimah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 10:16 WIB
    Mengumandangkan azan dari wanita untuk jamaah yang akan salat, semua mazhab sepakat tidak boleh dilakukan. Mengapa demikian?
  • Apakah Berenang Membatalkan...
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 10:01 WIB
    Agar tubuh tetap fit saat berpuasa kita juga dianjurkan tetap rajin berolahraga. Salah satu olahraga favorit adalah berenang. Namun, apakah aktivitas berenang membatalkan puasa?