Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 53)

  • Kisah 3 Orang Mengaku...
    Hikmah
    Jum'at, 16 September 2022 - 15:41 WIB
    Ada 3 orang kepada Rasulullah SAW mengaku telah berzina. Mereka ingin bersih dari dosanya sehingga meminta dihukum sesuai hukum Allah SWT. Lalu, bagaimana tanggapan Rasulullah SAW?
  • Rukun Umroh Sesuai Sunnah...
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:16 WIB
    Rukun Umroh sesuai sunnah perlu diketahui umat muslim sebaga bekal untuk menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci. Dalam pelaksanaannya, rukun ibadah haji dan umroh hampir sama.
  • Puasa Syawal Haruskah...
    Tips
    Selasa, 03 Mei 2022 - 22:19 WIB
    Setelah Ramadhan berlalu, saatnya umat muslim menunaikan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Haruskah puasa sunnah 6 Syawal ini dikerjakan berturut-turut?
  • Akibat Dosa Zina, Salah...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 13:57 WIB
    Zina termasuk ke dalam Al-Kabaair dan akan lebih besar lagi dosanya apabila kita melihat siapa yang melakukannya dan kepada siapa. Kalau zina itu dilakukan oleh orang yang telah tua, maka dosanya akan lebih besar.
  • Mad Lazim: Pengertian,...
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
    Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Quran.
  • Aspek Hukum Jimak saat...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Ayat ini membolehkan hubungan seks (bersebadan) di malam hari bulan Ramadan, dan ini berarti bahwa di siang hari Ramadan, hubungan seks tidak dibenarkan.
  • Bolehkah Perempuan Haid...
    Muslimah
    Kamis, 01 Juli 2021 - 19:27 WIB
    Sebelum tidur, kita dianjurkan untuk berwudhu.Namun, apakah anjuran ini juga berlaku untuk perempuan yang tengah berhadast besar seperti menstruasi atau haid? Bagaimana hukumnya?
  • Rasulullah SAW Gemar...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Agustus 2024 - 06:03 WIB
    Olahraga tinju cukup populer di Tanah Air. Begitu juga pertandingan MMA (Mixed Martial Arts). Permainan ini menarik banyak peminat meskipun menampilkan pertunjukan berdarah-darah. Lalu, bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Bolehkah Menyalurkan...
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • Bolehkah Membatalkan...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:30 WIB
    Bolehkah membatalkan sholat ketika terjadi gempa bumi? Seperti diketahui, Indonesia termasuk salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi.
  • Bagaimana Hukum Qunut...
    Tausiyah
    Selasa, 01 Oktober 2019 - 18:51 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum membaca doa qunut saat Subuh. Berikut penjelasan rinci Ustaz Abdul Somad dalam bukunya 77 Tanya Jawab Salat.
  • Menceritakan Nikmat...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 23:12 WIB
    Bagaimana sebenarnya hukum menceritakan nikmat kepada orang lain? Bolehkah atau dilarang? Mari simak penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Apakah Surat Yasin Boleh...
    Muslimah
    Rabu, 07 Desember 2022 - 10:14 WIB
    Apakah surat Yasin boleh dibaca saat haid dan bagaimana hukumnya? Seperti diketahui, dalam Islam saat wanita sedang haid dilarang melakukan sejumlah ibadah terutama ibadah yakni sholat, puasa dan memegang mushaf al-Quran.
  • Hukum Membayar Kafarat...
    Muslimah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:06 WIB
    Salah satu pembatal puasa dan merupakan dosa di bulan Ramadan adalah berjimak di siang hari. Maka, yang melakukannya wajib bertauba disamping kewajiban membayar kafarat (tebusan).
  • 3 Tahapan Perintah Salat...
    Hikmah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:21 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Muaz ibnu Jabal ra menceritakan bahwa ibadah salat difardukan melalui tiga tahapan, dan ibadah puasa difardukan melalui tiga tahapan pula.
  • 5 Hikmah Diharamkannya...
    Hikmah
    Rabu, 08 Februari 2023 - 17:01 WIB
    Memakan bangkai hukumnya haram sebagaimana ditegaskan dalam Al-Quran. Berikut lima hikmah diharamkannya makan bangkai menurut Syaikh Yusuf Qardhawi.
  • Masih Suka Lepas Pasang...
    Muslimah
    Sabtu, 14 September 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana Islam memandang muslimah yang sering lepas dan pasang jilbab? Pertanyaan ini mengemuka karena dalam keseharian, banyak kaum muslimah yang masih melakukan hal tersebut.
  • Hukum Menyusahkan Istri,...
    Tausyiah
    Senin, 02 September 2024 - 17:00 WIB
    Seorang suami tidak boleh menyusahkan dan berbuat yang tidak baik dalam pergaulannya dengan istri, dengan maksud supaya istrinya itu mau menebus dirinya.
  • Eksistensi Muslimah...
    Muslimah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 12:00 WIB
    Medsos sudah menembus batas apa saja. Asal ada subjek dan gadget, maka setiap orang bakal tergoda untuk upload apa saja di sana. Tak terkecuali, kaum perempuan muslimah, yang menjadikan medsos sebagai alat untuk memamerkan eksistensinya.
  • Hukum Mengeluh bagi...
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.