Topik Terkait: Hukum Nazar (halaman 15)

  • Hukum Melukis Menurut...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:00 WIB
    Sebagian besar hadis mencela gambar dan orang-orang yang menggambar, bahkan sebagian hadis-hadis itu sangat keras dalam melarang dan mengharamkan serta memberikan ancaman kepada mereka
  • Pengertian Taaruf :...
    Muslimah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 12:46 WIB
    Mengenal apa itu Taaruf, pengertiannya, tata cara, manfaat dan batasannya perlu diketahui dan dipahami setiap muslim yang ingin mencari pasangan secara Islami. Kenapa demikian?
  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:38 WIB
    Hukum bacaan Tajwid Surat Al-Ikhlas penting dipelajari umat muslim agar tidak keliru membacanya. Surat ini diturunkan di Makkah terdiri 4 ayat dan 47 huruf.
  • Beda Pendapat Hukum...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 03:06 WIB
    Idul fitri ditandai dengan salat dua rekaat, biasanya di lapangan atau di masjid. Di era corona ini, ulama menyarankan salat di rumah saja bersama keluarga. Lalu, bagaimana hukum salat id?
  • Syariat Merespons Kematian;...
    Muslimah
    Kamis, 03 November 2022 - 10:52 WIB
    Syariat Islam tidak membolehkan meratapi dan berteriak histeris terhadap mayit. Kebiasaan meraung-raung terhadap mayit ini dilakukan masyarakat musyrik Quraisy di jazirah arab sejak lama, yakni sebelum Islam.
  • Cak Nur: Fiqih Sudah...
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 14:33 WIB
    Fiqh adalah yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Muslim akan agama mereka sehingga, karenanya, paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir mereka.
  • Hukum Qadha Puasa bagi...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Mei 2021 - 08:06 WIB
    Uang wajib dibayar. Lalu, bagaimana hukumnya jika sebelum mengqadha puasa Ramadhan seseorang meninggal dunia? Siapa yang harus mengqadha? Berikut penjelasannya.
  • Bagaimana Hukum Saling...
    Tausyiah
    Rabu, 10 April 2024 - 09:53 WIB
    Benarkah salam-salaman atau saling bersalaman dan berpelukan setelah melaksanakan salat Ied adalah sunnah Nabi SAW?Bagaimana pandangan syariat terhadap tradisi yang berlaku di Indonesia tersebut?
  • Apa Hukum Bersalaman...
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 16:37 WIB
    Apa hukum bersalaman selesai salat? Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad yang dikutip dari Buku 30 Fatwa Seputar Ramadhan.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Kamis, 20 Juni 2024 - 16:51 WIB
    Hukum Tajwid Surat Yasin ayat 8 ini bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi umat muslim yang tengah mempelajari hukum tajwid. Dalam ayat ini banyak hukum bacaan Mad beserta beberapa hukum nun dan mim sukun.
  • Hukum Percaya Zodiak...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juli 2024 - 09:32 WIB
    Hukum percaya zodiak dalam Islam sama dengan hukum percaya akan ramalan, yakni dilarang. Zodiak merupakan perhitungan ramalan bintang didasarkan pada rasi bintang yang terletak berdekatan, membentuk suatu pola.
  • Doa saat Menggiring...
    Tips
    Minggu, 25 Juni 2023 - 09:35 WIB
    Membaca doa ketika berkurban adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Di antara syarat halalnya sembelihan adalah membaca basmalah.
  • Permainan dan Seni,...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kebanyakan manusia terjerumus pada permasalahan antara berlebihan dan mempermudah, mengingat karena masalah permainan dan seni lebih berkaitan dengan perasaan hati nurani daripada akal dan pemikiran.
  • Barang Temuan di Makkah...
    Hikmah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 08:53 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan barang temuan di Makkah secara khusus tidak halal diambil kecuali oleh orang yang akan mengumumkannya atau menyerahkan kepada pihak berwenang.
  • Kisah Hikmah : Ketika...
    Muslimah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 11:21 WIB
    Kisah ini datangnya dari ummul mukminin Aisyah radhiyallahuanha. Kisah ini dikutip dari kitab Masuliyyatun Nisaa Fil amri bil Maruf wan Nahyi Anil Munkar karangan DR. Fadhl Ilahi Dhahir.
  • Polisi di Masa Khulafa...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • Hukum Tajwid Surat An...
    Tips
    Rabu, 24 Januari 2024 - 07:31 WIB
    Hukum Tajwid Surat An Naba ayat 1 sampai 10 yang dijelaskan dalam artikel ini dapat dipahami dan dipelajari oleh setiap muslim. Supaya ketika membaca Al Quran tidak terjadi salah baca yang berujung kesalahan makna.
  • Apa Hukum Suap-menyuap...
    Hikmah
    Kamis, 08 Februari 2024 - 17:16 WIB
    Apa hukum suap-menyuap dalam Islam? Pertanyaan ini menjadi pembahasan yang penting diketahui umat Muslim. Karena perkara suap-menyuap tidak lagi menjadi hal asing di zaman sekarang
  • Macam-macam Talak Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 10:57 WIB
    Macam-macam talak menurut syariat Islam ada beberapa jenis, ada yang berdasarkan jumlah, boleh tidaknya rujuk, keadaan istri, dari segi penyampaian, serta dari segi langsung atau tidaknya suami menjatuhkan talak.
  • Kurban Wajib bagi yang...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 15:22 WIB
    Adapun orang-orang yang menyelisihi pendapat wajibnya kurban, maka syubhat mereka yang paling besar untuk menunjukkan (bahwa) menyembelih kurban hukumnya sunah adalah sabda Nabi.