Topik Terkait: Jilbab Dan Akhlak (halaman 2)

  • Ketika Maskapai Penerbangan Membolehkan Awak Kabin Mengenakan Jilbab
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juni 2023 - 06:12 WIB
    Pada awal tahun ini, British Airways tak lagi mengharamkan hijab bagi awak kabin muslimah. Sebelumnya, Westjet, Air Canada, dan US Airways juga mengizinkan pramugari mengenakan jilbab.
  • Makna Jilbab dalam Pandangan Para Ulama Terdahulu
    Muslimah
    Selasa, 19 September 2023 - 08:04 WIB
    Saat ini telah berkembang nama hijab atau jilbab, busana muslimah yang sesuai kaidah dan syariat untuk menutup aurat kaum wanita. Tentang makna jilbab, Imam An Nawawi menyebutkan ada 11 pendapat mengenai makna jilbab tersebut.
  • Tak Melulu Soal Serius, Islam pun Menganjurkan Pentingnya Tersenyum dan Bercanda
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 13:57 WIB
    Banyak ulama yang berpendapat bahwa tawa dan senyum adalah salah satu sebab yang paling kuat yang membuat manusia agar lebih efektif dan produktif.
  • Sahabat Rasulullah Sangat Mulianya Akhlak Tawadhunya,  Ini Dialognya
    Hikmah
    Minggu, 20 Juni 2021 - 13:35 WIB
    Pada zaman Nabi SAW dan sahabat, terkenal dengan sebutan generasi emas atau zaman keemasan umat islam. Bukan zamannya yang emas, tetapi orang-orangnyalah yang mempunyai akhlak berhati emas.
  • Jangan Mudah Membuka Aib Orang Lain
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 06:01 WIB
    Waktu yang paling dinanti kaum perempuan biasanya ketika berkumpul dengan teman atau sahabatnya, entah itu saat arisan, hang out atau sekadar makan siang bersama. Dan, salah satu topik yang sering diperbincangkan mereka adalah soal aib .
  • Antara Jilbab dan Akhlak,  Adakah Korelasinya?
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 14:57 WIB
    Kerap kali permasalahan jilbab atau hijab dikaitkan dengan akhlak seseorang. Hingga hampir mencoreng kesucian dari makna hijab itu sendiri. Sebenarnya adakah keterkaitan antara jilbab dengan akhlak ini?
  • 23 Akhlak Nabi Muhammad yang Menakjubkan Layak Diteladani
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Tak ada manusia yang dalam dirinya tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 23 akhlak beliau yang patut kita teladani.
  • Indahnya Akhlak Rasulullah SAW Terhadap Non Muslim
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 05:05 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) tidak hanya teladan dalam hal ibadah, Beliau juga panutan dalam urusan muamalah (pergaulan antar-manusia).
  • Memaknai Keberkahan Ramadan (4): Bulan Menempa Karakter dan Akhlak Mulia
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 00:21 WIB
    Di antara keberkahan Ramadan yang tidak kalah pentingnya adalah dipersiapkan sebagai bulan untuk menempa karakter kemanusiaan kita. Karakter yang dimaksud adalah akhlak mulia.
  • Sejarah Jilbab dan Asal Usulnya Mengapa Harus Dikenakan Wanita Muslimah
    Muslimah
    Selasa, 08 November 2022 - 10:14 WIB
    Jilbab atau hijab sebagai busana muslimah, memiliki sejarah yang cukup panjang. Hijab dalam bahasa Arab hijb, bentuk plural-nya hujub, secara bahasa berarti mencegah jangan sampai terjadi, menutup dan menghalangi.
  • Tersenyum dan Lapang Dada, Salah Satu Perilaku Rasulullah yang Wajib Dicontoh
    Tips
    Senin, 21 Juni 2021 - 06:25 WIB
    Perilaku seorang muslim, sejatinya, sangat luwes. Tidak kaku. Seorang muslim disunahkan untuk senantiasa tersenyum, menjaga emosi dari marah, dan selalu berlapang dada.
  • Ini Alasan Mengapa Kita Harus Memuji Nabi Muhammad
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 11:30 WIB
    Setelah diangkat sebagai Rasul, Nabi Muhammad tampil sebagai sosok yang terpuji. Akhlaknya benar-benar agung dan orang yang melihatnya dibuat terpesona.
  • Akhlak Suami, Barometer Kebaikan Rumah Tangganya?
    Muslimah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Rumah tangga yang baik akan dipenuhi akhlak karimah dan kelembutan di dalamnya. Sehingga, setiap muslim dalam rumah tangganya haruslah instropeksi jika selama ini rumah tangganya dipenuhi hubungan saling durhaka.
  • Aktualisasi Akhlak Muslim, Jujur dalam Perkataan dan Perbuatan
    Muslimah
    Minggu, 10 Januari 2021 - 01:01 WIB
    Seseorang dikatakan jujur apabila menyatakan kebenaran sesuai dengan fakta yang ada tanpa menambah-nambahi ataupun mengurang-ngurangi Jujur juga bermakna kesesuaian kata hati dengan ucapan
  • Inilah 5 Dasar Akhlak Mulia
    Muslimah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:14 WIB
    Seorang muslim dituntut untuk selalu memperbaiki akhlak serta kondisi keilmuan pribadi masing-masing. Bukan hanya sekedar ilmu duniawi, lebih dari itu, yakni ilmu agama.
  • Imam Syafii, Syair Zuhud dan Syair Akhlak Karyanya
    Hikmah
    Senin, 09 Agustus 2021 - 15:27 WIB
    Imam Syafii dikenal sebagai salah seorang dari empat imam madzhab tetapi tidak banyak yang tahu bahwa ia juga seorang penyair. Berikut contoh syair sang imam tersebut.
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Berjilbab Bukan Pemaksaan Tapi Kewajiban Muslimah, Ini Dalil-Dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:01 WIB
    Benarkah jilbab merupakan pemaksaan syariat terhadap kaum perempuan? Adakah dalil-dalil Al-Quran yang menegaskan jilbab sebagai kewajiban bagi muslimah?
  • Amanah, Tanda-tanda Iman Seorang Mukmin
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Hati-hati,  Penyakit Hati Ini Sering Tak Sadar Dilakukan!
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 17:36 WIB
    Muslimah, seringkali saat kita bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang, tanpa disadari ternyata banyak mengalir dosa, mulai dari menggunjingkan tetangga, membanggakan dan memamerkan diri (riya), berbohong, dan perbuatan tidak terpuji lainnya.