Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 39)

  • Profil Habib Idrus bin...
    Dunia Islam
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 05:10 WIB
    Habib Idrus bin Salim Al-Jufri salah satu pahlawan keturunan Arab yang berjasa dalam Kemerdekaan RI. Beliau membentengi kawasan Timur Indonesia lewat lembaga Alkhairat yang didirikannya.
  • Pembaca Al-Quran dan...
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 14:24 WIB
    Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca Al Quran dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan (dalam membaca), maka baginya dua pahala.
  • Polemik Pernikahan Ikrimah...
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 14:31 WIB
    Ada sebagian anggota pasukannya yang menduga bahwa Ikrimah sebaiknya menolak saja seperti yang dilakukan Rasulullah, supaya dalam hal ini dapat mengambil teladan dari Rasulullah.
  • Kisah Ubaidillah Putra...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 06:30 WIB
    Timbul kesan dalam hatinya bahwa semua orang asing di Madinah telah ikut berkomplot, dan semua tangan mereka sudah juga mengucurkan darah kejahatan.
  • Di Balik Kisah Sengketa...
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 05:28 WIB
    Rasulullah SAW tidak peduli terhadap bahaya kecil (ringan), yang menimpa Samurah dibanding dengan bahaya besar yang menimpa pemilik kebun itu yaitu tetap adanya pohon-pohon kurma yang jumlahnya sedikit itu.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Hadis Arbain: Pintu-Pintu...
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 08:00 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-29 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Konflik Bani Umayyah...
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 09:10 WIB
    Konflik yang terjadi pada era jahiliyah antara Bani Hasyim dan Bani Umayyah terus berlanjut pada masa Islam. Aroma permusuhan ini kian kental tatkala Muawiyah mendirikan Dinasti Umayyah.
  • Mimpi Bertemu Nabi dan...
    Hikmah
    Senin, 23 November 2020 - 17:08 WIB
    Tidak berselang lama, masuk seseorang dari Bani Sadus yang dijuluki sebagai AlMaut Al-Aswad (Kematian hitam), lalu dia mencekik beliau dan cekikannya seperti tebasan pedang.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 14:12 WIB
    Gus Musa Muhammad menceritakan kisah Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan seekor anjing yang sarat dengan hikmah dan pelajaran berharga. Berikut kisahnya.
  • Ketika Umar Nekad Deklarasi...
    Hikmah
    Minggu, 07 Juni 2020 - 04:51 WIB
    Setelah Umar bin Khattab menjadi muslim, apa yang langkah selanjutnya? Apakah dia diam-diam saja, seperti tidak pernah terjadi apa-apa, atau apa?
  • Kisah Keluarga Fakir...
    Hikmah
    Selasa, 12 Januari 2021 - 15:21 WIB
    Sampai kapan engkau sibuk dengan kelezatan, sedangkan engkau akan ditanya tentang semua yang kau lakukan? Demikian nasihat sederhana Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki.
  • Anjuran Memperbanyak...
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 10:05 WIB
    Hari ini sudah memasuki hari ke-18 Ramadhan. Bagaimana persiapan kita menyambut 10 hari terakhir Ramadhan yang di dalamnya terdapat satu malam kemuliaan bernama Lailatul Qadar.
  • Tanda Allah Menutup...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 07:30 WIB
    Kita dianggap baik oleh orang karena Allah menutupi aib kita. Bagaimana tanda Allah menutup Aib seseorang? Berikut penjelasan ulama Yaman Habib Umar Bin Hafizh.
  • 4 Hal Ini Mengangkat...
    Tausiyah
    Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:28 WIB
    Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi menyampaikan kajian tentang adab dan akhlak kemuliaan di Pondok Pesantren Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng Jakarta Barat, Kamis malam (30/10/2019).
  • 5 Karomah Sayyidina...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 17:45 WIB
    Salah satu keistimewaan Ali bin Abi Thalib adalah orang kedua memeluk Islam, setelah Sayyidah Khadijah istri Nabi Shallallahu alahi wa sallam. Selain keistimewaan itu, ada 5 karomah Sayyidina Ali.
  • Cara Mengompromikan...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Allah Taala memberitahukan dalam sebagian ayat-Nya bahwa semua urusan ada dalam kekuasaan-Nya. Dan dalam sebagian ayat lainnya memberitahukan bahwa semua perkara itu kembali kepada mukallaf
  • Begini Gambaran Dekatnya...
    Tausyiah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 11:53 WIB
    Ayat-ayat al-Qur-an dan hadis shahih menunjukkan telah dekatnya hari Kiamat karena munculnya sebagian besar tanda-tanda Kiamat merupakan bukti bahwa Kiamat sudah dekat.
  • Keturunan Rasulullah...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Kaumnya memberi julukan Zainul Abdin dan julukan ini justru lebih dikenal daripada nama aslinya. Selain itu karena sujud yang sangat lama, penduduk Madinah juga menyebutnya sebagai Assajad.
  • Pesan Nabi, Teladanilah...
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 06:30 WIB
    Para Khalifah yang mulia (Al-Khulafa al Rasyidun) merupakan golongan paling istimewa di antara para sahabat Nabi. Mereka pemilik keutamaan yang sempurna. Dari empat Khulafaur Rasyidin, ada dua sahabat terbaik.
  • Debat Ummu Yaqub dengan...
    Tausyiah
    Senin, 29 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Debat Ummu Yaqub dengan Abdullah bin Masud terkait tato ini dinukil dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dan dikutip Abdul Halim Abu Syuqqah dalam bukunya berjudul Tahrirul-Marah fi Ashrir-Risalah