Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 12)

  • Profil Ilhan Omar Anggota...
    Dunia Islam
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 07:00 WIB
    Anggota parlemen AS dari Partai Demokrat ini mengumumkan akan memboikot pidato Presiden Israel, Isaac Herzog, dalam sesi gabungan Kongres, yang dijadwalkan Rabu nanti.
  • Masuk Angin, Raja Minta...
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 03:29 WIB
    Baginda Raja mengeluh sering mendapat gangguan perut. Kata tabib, Baginda kena serangan angin. Untuk itu ia meminta Abu Nawas menangkap dan memenjarakan angin.
  • Kisah Muawiyah: Khalifah...
    Hikmah
    Kamis, 05 September 2024 - 16:15 WIB
    Muawiyah juga tercatat sebagai khalifah yang pertama kali dalam pemerintahan Islam mempergunakan tenaga Body-Guard (pengawal pribadi) untuk alasan keamanan.
  • Utusan Khalifah Ini...
    Hikmah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 13:46 WIB
    Setelah memberikan keterangan, kaisar Romawi kagum akan kecerdasan dan kelihaiannya, serta takjub akan keluasan wawasan dan kekuatan daya tangkapnya.
  • Raja Paling Berpengaruh...
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2024 - 15:33 WIB
    Dalam sejarah, pada abad kesembilan ada dua nama Raja besar yang gemilang dalam urusan-urusan dunia Charlemagne di barat dan Harun al-Rasyid di timur.
  • Politik Jihad Khalifah...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 November 2021 - 05:15 WIB
    Angkatan laut Islam sempat moncer di era Daulah Umayyah. Namun tatlala era Daulah Abbasiyah, jihad laut seakan tenggelam, kecuali pada era Khalifah Harun Ar-Rasyid armada laut mulai menggeliat kembali.
  • Debat Ibnu Abbas dengan...
    Hikmah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 16:04 WIB
    Abdullah bin Abbas berkisah bahwa setelah kalah debat maka bertobatlah sekitar dua ribu orang di antara mereka, dan sisanya terbunuh dalam kesesatan.
  • Biografi dan Profil...
    Dunia Islam
    Selasa, 19 Desember 2023 - 10:05 WIB
    Abu Hurairah adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal karena menyimpan banyak hadis atau perkataan Rasulullah. Ia juga dijuluki Bapak Kucing Kecil.
  • Doa Husnul Khatimah...
    Tips
    Selasa, 12 September 2023 - 17:58 WIB
    Doa husnul khatimah yang diajarkan Abu Bakar Ash-Shiddiq ini sangat baik diamalkan umat muslim. Abu Bakar adalah salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.
  • Ini Penyebab Retaknya...
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Nabi Isa AS Orang Pertama...
    Hikmah
    Senin, 20 Desember 2021 - 18:23 WIB
    Nabi Isa AS adalah orang pertama yang mendirikan sholat pada waktu Maghrib, tiga rakaat. Tiap rakaat sholat Nabi Isa memiliki maksud yang berbeda.
  • Begini Wasiat Umar bin...
    Hikmah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 13:50 WIB
    Umar tidak cukup hanya menyerahkan majelis syura itu ke tangan keenam tokoh itu bahkan ia ingin sekali berpesan kepada khalifah sesudahnya, yang menurut pendapatnya akan merupakan kebijakan yang lebih baik.
  • Abu Dzar al-Ghifari...
    Hikmah
    Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:09 WIB
    Abu Dzar al-Ghifari sukses mengislamkan Bani Ghifar dan Bani Aslam. Dua suku ini dikenal sebagai komplotan perampok terbesar pada waktu itu. Rasulullah pun mendoakan dua suku tersebut.
  • Kekuatan Jiwa Besar...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 September 2023 - 11:25 WIB
    Kata-kata yang diucapkan Abu Bakar serta ayat Quran yang dibacakannya untuk meyakinkan orang, menunjukkan adanya suatu kekuatan dirinya dalam menghadapi kenyataan.
  • Subhanallah, Beginilah...
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 19:46 WIB
    Abu Dzar Al-Ghiffari dan Bilal bin Rabah radhiallahu anhuma adalah dua sahabat setia Rasulullah SAW yang ikut berjuang menegakkan risalah Islam.
  • Abu Nawas Hamil dan...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 07:42 WIB
    Apabila seorang mengeluarkan titah, tidak boleh mencabut perintahnya lagi, jika itu dilakukan, ibarat menjilat air ludah sendiri. Itu tanda-tanda pengecut.
  • Kisah Imam Sufyan Ats-Tsauri...
    Hikmah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 22:31 WIB
    Imam Sufyan Ats-Tsauri adalah seorang tokoh ulama yang dihormati pada masanya. Beliau punya banyak kisah hikmah dan karomah yang luar biasa. Berikut ceritanya.
  • Masa Depan Maahad Al-Zaytun,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:26 WIB
    Buya Anwar Abbas mengingatkan yang harus dipersoalkan dan perlu diselesaikan secepatnya oleh pemerintah adalah persoalan melanggar hukum yang dilakukan oleh tokoh yang bernama Panji Gumilang
  • Kalah Berdebat dengan...
    Hikmah
    Sabtu, 07 Agustus 2021 - 17:19 WIB
    Abdullah bin Abbas adalah sepupu Rasulullah SAW. Ia menguasai dan mendalami berbagai cabang ilmu. Telah lama ia ditakuti oleh Kaum Khawarij karena logikanya yang tepat dan tajam.
  • Sepupu Umar Bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:16 WIB
    Sebelum masa kenabian Muhammad SAW, Zaid adalah guru spiritual Abu Bakar Ash-Shiddiq. Zaid dan beberapa orang Mekkah, termasuk Abu Bakar adalah orang yang menolak menyembah berhala.