Topik Terkait: Makanan Dan Minuman Mamin (halaman 4)

  • Keberkahan Sayuran Labu : Disukai Rasulullah SAW dan Para Nabi
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 19:00 WIB
    Sayuran labu termasuk salah satu sayuran yang disebut dalam Al-Quran. Sayuran labu disukai para nabi termasuk disukai oleh Rasulullah Shallalhu Alaihi wa Sallam.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 29: Penciptaan 7 Lapis Langit dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • Beberapa Hadis yang Mengharamkan Gambar dan Lukisan
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 18:51 WIB
    Di antara hadis yang diriwayatkan mengenai larangan menggambar: Setiap pelukis itu di neraka, yang akan menjadikan nyawa untuk setiap gambar yang ia buat, lalu akan menyiksanya di neraka Jahanam.
  • Prioritas Makanan dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Petunjuk tentang itu disampaikan secara menakjubkan pada Surat Abasa (80) ayat 24 sampai 32. Rangkaian ayat itu diawali, Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya!
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
    Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Nama 25 Nabi dan Rasul dalam Bahasa Ibrani
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 16:30 WIB
    Berikut nama 25 nabi dan rasul dalam bahasa Ibrani. Bahasa ini masuk dalam bahasa Semit dan menjadi bahasa resmi Israel. Bahasa Ibrani dituturkan oleh sebagian orang Yahudi di seluruh dunia.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Menjahit dan Wafat Saat Plesir ke Surga
    Hikmah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Idris adalah orang yang pertama kali memiliki kemampuan menjahit pakaian dan mendapatkan upah dari menjahit. Bukan hanya itu, Nabi Idris juga menjadi orang pertama kali yang bisa menulis
  • Riya dan Sumah, 2 Perkara Ini Sering Diremehkan Kalangan Perempuan
    Muslimah
    Senin, 15 Maret 2021 - 15:47 WIB
    Niat yang tadinya ikhlas karena Allah, tetapi dilakukan terus menerus dan masif akhirnya bisa bercampur riya dan sumah. Inilah yang secara tidak sadar sering diremehkan, termasuk di kalangan perempuan.
  • Belajar dari Sa’ad bin Abi Waqqash, Mengapa Doanya Selalu Terkabul
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:40 WIB
    Adakalanya seorang Muslim bersungguh-sungguh dalam melakukan amal saleh akan tetapi ia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah mengkonsumsi harta yang haram.
  • Doa dan Zikir Setelah Salat Maghrib
    Tips
    Selasa, 11 April 2023 - 15:50 WIB
    Doa dan zikir setelah salat Maghrib ini dicontohkan Rasulullah SAW. Doa dan zikir ini penting diketahui umat Islam, karena doanya ringkas tetapi fadhilahnya dapat menambah ketaatan.
  • Doa Qunut Subuh Sendiri dan Berjamaah, Ini Perbedaan Bacaannya
    Tips
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 00:11 WIB
    Doa Qunut Subuh sendiri dan berjamaah pada dasarnya sama, namun terdapat perbedaan dalam bacaannya. Berikut penjelasan dan cara membacanya.
  • Abu Yazid dan Seorang Muridnya
    Hikmah
    Rabu, 22 April 2020 - 15:45 WIB
    Guru, aku sudah beribadah 30 tahun lamanya. Aku salat setiap malam dan puasa setiap hari, dan aku tinggalkan syahwatku, tapi aku belum menemukan pengalaman ruhani.
  • Mata Air Salsabil: Sebuah Metafor, Alegori, Kiasan yang Sungguh Indah
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 16:04 WIB
    Al-Quran melukiskan bahwa dalam surga, para penghuninya akan diberi minum yang sejuk dan amat menyegarkan yang airnya diambil dari mata air yang bernama salsabil-an atau sal sabil-an.
  • Kapan Waktu yang Tepat Mengamalkan Zikir Pagi dan Sore?
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 09:33 WIB
    Ada juga bacaan yang sangat perlu dibiasakan untuk dibaca oleh setiap muslim, yakni bacaan zikir pagi dan sore. Di kalangan para santri, zikir pagi dan sore sering disebut dengan istilah zikir shobah dan masa.
  • Romantisme Cinta Atikah dan Abdullah
    Muslimah
    Minggu, 22 November 2020 - 13:31 WIB
    Banyak kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah bagi perempuan muslimah saat ini. Masing-masing shahabiyah memiliki keutamaan sendiri. Satu di antaranya adalah Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • Idries Shah Tentang Kisah Raksasa dan Sufi
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Doa dan Dzikir Malam Maulid Nabi
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 17:28 WIB
    Doa dan dzikir malam Maulid Nabi termasuk di antara amalan yang sangat berkah karena di dalamnya terdapat pujian kepada Allah dan sholawat kepada Rasulullah SAW.
  • Antara Doa, Dizkir dan Wirid, Manakah yang Paling Afdhal?
    Tips
    Rabu, 15 Desember 2021 - 07:52 WIB
    Dalam keseharian sebagai seorang mukmin, kita dianjurkan untuk selalu berdoa, berdzikir dan wirid. Dan ternyata dari tiga aktivitas tersebut, terdapat perbedaan. Apa saja perbedaan doa, dzikir dan wirid ini?
  • Hati-hati,  Muslimah Milenial Sangat Rentan Izzah dan Iffah
    Muslimah
    Senin, 21 Juni 2021 - 17:20 WIB
    Di era media sosial (medsos) saat ini, ada beberapa perbuatan yang dilarang syariat justru banyak disepelekan kalangan milenial. Salah satunya, kaum perempuan milenial yang tidak menjaga izzah dan iffah-nya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Teh dan Angan-Angan Minuman Surgawi
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 06:27 WIB
    Ketika kebenaran itu nyata, dan saat orang-orang telah mengecap teh, situasinya berbalik orang yang mengatakan hal-hal layaknya orang agung dan berpengetahuan ternyata tolol.