Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 90)

  • Sang Penakluk Konstantinopel...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Kekuatan Sultan Muhammad al Fatih terletak pada ketinggian pribadinya. Mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun.
  • Amalan Agar Dipermudah...
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 10:34 WIB
    Salah satu di antara shalawat untuk dipermudahkan berziarah ke makam Rasulullah yang kami terima ijazahnya adalah penggalan shalawat Dalail Khairat yang terdapat pada Hizb Selasa.
  • Begini Kode Etik Pengunjung...
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:21 WIB
    Arab Saudi menekankan umat Islam yang ingin mengunjungi Al Rawda Al Sherifa, tempat makam Nabi Muhammad SAW, di Masjid Nabawi Madinah hendaknya mematuhi kode etik.
  • Ali bin Abu Thalib,...
    Hikmah
    Jum'at, 23 April 2021 - 05:00 WIB
    Penguasaan, penafsiran dan penerapan hukum Islam oleh Ali dilakukan secara tepat dan diakui Rasulullah SAW. Hal itu dibuktikan dengan diangkatnya Ali bin Abu Thalib sebagai qadhi di Yaman.
  • Kisah Nabi Sulaiman...
    Hikmah
    Senin, 14 Maret 2022 - 19:05 WIB
    Nabi Sulaiman memberi semut sebiji gandum lalu memeliharanya dalam sebuah botol. Setelah genap satu tahun, Sulaiman membuka botol untuk melihat nasib si semut.
  • Kisah Nabi Ibrahim Melawan...
    Tausiyah
    Sabtu, 17 Agustus 2019 - 22:27 WIB
    Hidup manusia yang alami dan suci seringkali menjadi sunnah (aturan) Allah bahwa dalam perjalanannya mengalami berbagai interupsi (gangguan, godaan, tantangan).
  • Kisah Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:54 WIB
    Baru saja ia mulai niat salat hendak bertakbir tiba-tiba muncul seorang laki-laki di depannya berhadap-hadapan dan menikamnya dengan khanjar tiga atau enam kali yang sekali mengenai bawah pusar.
  • Hukum Makmum Enggan...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 16:42 WIB
    Apa hukum mengucapkan amin setelah imam salat membaca Surah Al-Fatihah? Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjelaskan, membaca amin setelah imam membacakan Surah Al-Fatihah dalam salat hukumnya sunah.
  • Kisah Vlad Dracula Melawan...
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 08:38 WIB
    Kisah Vlad Dracula melawan Sultan Muhammad Al Fatih berakhir dengan kemenangan Sultan Muhammad Al Fatih. Anehnya, Barat mendistorsi sejarah kepahlawanan Islam ini.
  • KH Hasyim Asyari: Perbedaan...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:46 WIB
    Kiai Haji Muhammad Hasyim Asyari mengatakan perbedaan dalam furu (makalah rincian) sudah terjadi sejak zaman para sahabat Nabi SAW, juga pada para pendiri mazhab.
  • Petunjuk Nabi dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 07:45 WIB
    Sholat rawatib adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) dan sesudah (badiyah) sholat fardhu (wajib). Ada perbedaan penafsiran dari ulama mengenai total jumlah rakaatnya.
  • Memanah: Salah Satu...
    Tausyiah
    Rabu, 05 Juni 2024 - 15:03 WIB
    Di satu saat Nabi pernah berjalan-jalan menjumpai sekelompok sahabatnya yang sedang mengadakan pertandingan memanah, maka waktu itu Rasulullah SAW memberikan dorongan kepada mereka.
  • Saat Perang Badar, Inilah...
    Tips
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 06:50 WIB
    Saat terjadi perang Badar yang tidak seimbang antara kaum muslimin dengan kaum musyrik, Rasulullah SAW berdoa kepada Allah SWT dengan diaminkan para pengikutnya memohon pertolongan, dan doa Rasulullah SAW tersebut sangat menggetarkan.
  • Kisah Ratu Balqis yang...
    Hikmah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 16:41 WIB
    Ratu Balqis adalah pemimpin perempuan di Negeri Saba. Dia dikenal sebagai pemimpin yang demokratis. Balqis bisa menjadi pemimpin negeri Saba dengan usaha dan rintangan.
  • Ini Mengapa Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 10:11 WIB
    Nabi SAW bersabda: Barangsiapa di antara kamu menyembelih kurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga.
  • Hikmah di Balik Pertemuan...
    Hikmah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 15:39 WIB
    Kisah pertemuan Nabi Musa alaihissalam dengan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj menyimpan hikmah dan pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Ilmu Keislaman di Masa...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 15:21 WIB
    Meski pun Nabi Muhammad merupakan sumber semua ilmu-ilmu keislaman, namun perwajahan ilmu di masa itu belum diformat seperti yang kita kenal pada masa sekarang.
  • Salah Satu Permainan...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 14:50 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan semua ini sebagai dorongan Nabi terhadap masalah pacuan kuda. Sebab berpacu kuda sebagaimana kami katakan di atas, adalah permainan, olahraga juga suatu latihan, ujarnya.
  • Pertemuan dengan Khidir,...
    Hikmah
    Jum'at, 13 November 2020 - 06:55 WIB
    Orang Berbaju Hijau ini sering dihubungkan sebagai Orang Yahudi dan dalam legenda disamakan dengan tokoh-tokoh seperti St. George dan Elijah.
  • Sayyidah Aisyah Bilang...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Februari 2022 - 09:22 WIB
    Sayyidah Aisyah ra mengatakan apabila Rasulullah SAW melihat awan mendung di atas langit atau angin yang bertiup cukup kencang maka akan terlihat kemurungan di wajahnya.