Topik Terkait: Perang Al Qadisiyah (halaman 163)

  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri salah satu ulama yang doanya mustajabah. Ulama generasi Tabiin yang menetap di Basrah Irak ini juga dikenal sebagai ulama Sufi yang doanya Mustajab.
  • Hadis Berikut Ini Dinilai...
    Hikmah
    Rabu, 06 September 2023 - 05:15 WIB
    Hadis berikut ini dinilai banyak ulama sangat penting sehingga banyak dikajian. Hadis ini sangat penting untuk dihafal dan disebarkan karena hadis ini senjata dalam mengingkari kemungkaran, ujar Imam An-Nawawi.
  • Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:33 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari adalah simbol perlawanan rakyat atas kekuasaan yang korup. Sepeninggal Nabi SAW, ia sempat menghunus pedangnya untuk membunuh para koruptor.
  • Penafsiran Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Mei 2023 - 11:38 WIB
    Quraish Shihab mengatakan tidak setiap perubahan sosial dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam menarik kesimpulan pemahaman atau penafsiran ayat-ayat Al-Quran.
  • Kisah Karomah Salman...
    Hikmah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 20:11 WIB
    Sebagai sahabat Nabi yang mulia, Salman Al-Farisi ternyata memiliki karomah yang merupakan anugerah dari Allah Taala. Salah satu karamah Salman dikemukakan dalam Kitab Hujjatullah ala Al-Alamin.
  • Hukum Memelihara Anjing...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 19:55 WIB
    Memelihara anjing karena ada kepentingan, misalnya untuk berburu, menjaga tanaman, menjaga binatang dan sebagainya dapat dikecualikan dari hukum memelihara anjing tanpa keperluan.
  • Hilonim, Yahudi Mayoritas:...
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 November 2023 - 11:20 WIB
    Hilonim, yang cenderung sekuler dalam pandangan mereka, sejauh ini merupakan kelompok Yahudi terbesar di Israel, yang mencakup sekitar setengah dari jumlah orang Yahudi Israel.
  • Nyanyian dan Musik dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:18 WIB
    Barangsiapa yang melihat kondisi kaum Muslimin dan mau merenungkan realita kehidupan mereka, maka tidak akan ada perdebatan antara Muslim yang taat (konsis) dalam masalah mendengar dan menikmati lagu yang baik.
  • Al-Quran Mulia (2):...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:50 WIB
    Jalan Allah itu mirip adagium demokrasi, yaitu Dari-oleh-dan untuk Allah Azza Wa Jalla. Barang siapa membuat jalan sendiri atau mengandalkan rasio semata, maka itu pasti sesat, pasti jalan setan.
  • Perkembangan Penafsiran...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:12 WIB
    Corak penafsiran ilmiah al-Quran telah lama dikenal. Benihnya bermula pada masa Dinasti Abbasiyah, khususnya pada masa pemerintahan Khalifah Al-Mamun (w. 853 M).
  • Bolehkah Mewarnai Rambut?...
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 16:43 WIB
    Seiring kemajuan teknologi saat ini banyak di antara kaum muslim dan muslimah mewarnai atau mengecat rambutnya. Bagaimana pandangan Islam terhadap hal ini?
  • Kisah Segantang Gandum...
    Hikmah
    Kamis, 15 September 2022 - 17:06 WIB
    Kisah segantang gandum dan seekor anak kambing betina untuk seluruh pasukan muslim dalam Perang Khandaq ini diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab Peperangan, bab: Perang Khandaq atau Ahzab.
  • Kisah Pakar Tafsir Ulama...
    Hikmah
    Minggu, 27 September 2020 - 09:06 WIB
    Kisah ini saya dapatkan saat pertama kali datang di Mesir tahun 2006 lalu. Seorang marbot mendapati ulama besar Al-Azhar Syeikh Syarawi sedang membersihkan toilet masjid.
  • Begini Hebatnya Orang-Orang...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:59 WIB
    Para pengungsi mulai berinteraksi dengan kondisi kehidupan mereka yang sulit. Maka jadilah kamp-kamp pengungsi sebagai pusat aktivitas nasional, pusat mobilisasi politik dan kekuatan moral (spirit).
  • Keutamaan Kota Mekkah...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 22:33 WIB
    Kota Mekkah (Makkah Al-Mukaramah) merupakan tempat paling mulia di muka bumi. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa kota ini memiliki banyak keistimewaan.
  • Pembaca Al-Quran dan...
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 14:24 WIB
    Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia, sedangkan orang yang membaca Al Quran dalam keadaan terbata-bata dan dia kesulitan (dalam membaca), maka baginya dua pahala.
  • Seuntai Kalung Cantik...
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 15:25 WIB
    Umamah dikenal sebagai muslimah yang cerdas, lembut, dan keibuan. Kematangan pribadi itu tak terlepas dari asuhan langsung sang manusia mulia kakeknya, Muhammad.
  • Ternyata Ada Iri yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 07:20 WIB
    Kata iri atau dengki biasanya berkonotasi negatif. Namun ternyata, ada juga iri yang diperbolehkan. Seperti apa bentuk iri yang diperbolehkan itu?
  • Kisah Santri Hasan al-Basri...
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 09:58 WIB
    Siapapun yang telah memiliki imam seperti Hasan, kata orang tua itu, apa yang dibutuhkannya dari orang lain? Hasan telah menunjukkan siapa diriku. Sekarang aku akan menunjukkan siapa dia
  • Tanda Kehadiran Lailatulqadar:...
    Tausyiah
    Kamis, 06 April 2023 - 17:12 WIB
    Lailatulqadar adalah malam kemuliaan, laksana malam seribu bulan. Lalu, apa arti malam Qadar, dan mengapa malam itu dinamai demikian? Lalu, seperti apa tanda-tandanya?