Topik Terkait: Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud (halaman 108)

  • Saudagar Tajir Nan Dermawan...
    Hikmah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 05:00 WIB
    Abu Hanifah memiliki prinsip bahwa tidak ada yang lebih bersih dan lebih mulia daripada orang yang makan dari hasil tangannya sendiri. Oleh sebab itu, beliau berdagang.
  • 600.000 Orang Tewas...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Maret 2022 - 18:43 WIB
    Abu Muslim berpesan: Bunuhlah setiap orang yang Anda curigai. Akibatnya, kurban pembunuhan yang dilakukan Abu Muslim dengan memenjarakannya hingga tewas mencapai lebih dari 600.000 jiwa.
  • Raziyya Al-Din dan Shajarat...
    Dunia Islam
    Senin, 21 Maret 2022 - 16:15 WIB
    Dalam sejarah Islam, Raziyya adalah perempuan pertama yang berkuasa. Perempuan kedua adalah Sajarah al-Dur (1249 M), pendiri Dinasti Mamluk 1249-1517 M di Mesir.
  • Ketika Syubhat Menjadi...
    Tausyiah
    Senin, 18 September 2023 - 15:27 WIB
    Hal-hal yang selama ini dianggap syubhat atau samar-samar, namun setelah di kemudian hari oleh ilmu dan pengetahuan ditemukan sangat merugikan maka hal tersebut menjadi haram
  • Habib Umar: Indonesia...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 08:05 WIB
    Hidup damai dalam keamanan adalah impian semua orang. Bagi Anda yang hidup di negeri seperti Indonesia sudah sepatutnya bersyukur. Berikut pesan Habib Umar tentang Indonesia.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Pasukan Muslim Kepung...
    Hikmah
    Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:30 WIB
    Ketika itulah Yazdigird mengutus orang kepada Saad menawarkan langkah perdamaian bahwa Tigris akan dijadikan batas pemisah dengan pihak pasukan Muslimin.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tips
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 18:14 WIB
    Keutamaan membaca 10 ayat Surat Al Kahfi ia akan dilindungi dari Dajjal. Sebuah hadis menyatakan barangsiapa menghafal 10 ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal.
  • Hijrah Nabi Muhammad...
    Dunia Islam
    Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:16 WIB
    Besok, Sabtu 30 Juli 2022 adalah bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah. Dalam Islam, bulan Muharram identik dengan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah beberapa abad lalu.
  • Ayat-Ayat Kiamat Sudah...
    Tausyiah
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:27 WIB
    Ayat-ayat al-Qur-an dan hadis-hadis shahih telah menginformasikan bahwa kiamat sudah dekat. Munculnya sebagian besar tanda-tanda kiamat merupakan bukti bahwa akhir dunia sudah di depan pintu.
  • Makna Kata Khalifah...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 10:06 WIB
    Dari sini, kata khalifah seringkali diartikan sebagai pengganti karena yang menggantikan selalu berada atau datang di belakang, sesudah yang digantikannya.
  • Al-Qasim: Derita Panjang...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 13:35 WIB
    Orang-orang banyak belajar kepada cucu Abu Bakar Ash-Shiddiq ini dengan penuh perhatian. Sementara beliau memberikan ilmunya tanpa pamrih atau jual mahal.
  • Kisah Hijrah Perempuan...
    Dunia Islam
    Kamis, 07 April 2022 - 09:57 WIB
    Ramadan menjadi pemberi hikmah atau pelajaran kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Malang.
  • Kisah Khalifah Abu Jafar...
    Hikmah
    Sabtu, 19 Oktober 2024 - 19:00 WIB
    Kematian mereka membangkitkan kemarahan Muhammad bin Abdullah. Dia pun menggerakkan pemberotakan di tanah Hijaz bersama 30.000 pasukan di bawah pimpinan saudaranya Ibrahim bin Abdullah.
  • Israel, Orang yang Bergulat...
    Hikmah
    Kamis, 02 November 2023 - 16:34 WIB
    Siapa sejatinya Israel itu? Nama Israel, disebut dalam Al-Quran. Misalnya dalam QS Maryam : 56-57 dan QS Ali Imran : 93. Israel yang dimaksud pada ayat-ayat tersebut adalah seorang nabi.
  • Sedikit tentang Paham...
    Hikmah
    Selasa, 01 Oktober 2024 - 09:37 WIB
    Sebagian besar kaum Muslimin Indonesia, jika tidak seluruhnya, adalah menganut paham Asyari di bidang akidah. Pertama, karena Islam di Indonesia beraliran Sunni, sehingga tidak menganut akidah Syiah atau Muktazilah.
  • Arti dan Makna Kalimat...
    Hikmah
    Jum'at, 22 September 2023 - 13:47 WIB
    Kebiasaan dalam masyarakat muslim kita, bila selesai membaca Al-Quran kemudian mengucapkan kalimat shadaqallahul adzim. Apa arti dan makna sebenarnya dari kalimat tersebut? Dan bagaimana hukumnya?
  • Sejarah Kedatangan Muslim...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 10:30 WIB
    Sebelum masa Islam, negeri Syam mengenal tiga entitas Arab. Pertama adalah kemunculan kabilah Anbath di wilayah selatan, Tadmur di wilayah utara dan kabilah Ghassan berada antara kedua kabilah tersebut.
  • Indahnya Adab Bergaul...
    Tausiyah
    Selasa, 03 Maret 2020 - 10:10 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) dikenal sebagai sosok yang mempunyai banyak sahabat. Dalam bergaul, beliau senantiasa menanamkan kasih sayang.
  • Wawasan Kebangsaan Dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 17 April 2021 - 16:31 WIB
    Penggabungan diri ke dalam satu wadah kekerabatan dapat disetujui oleh Al-Quran, apalagi menggabungkan diri pada wadah yang lebih besar semacam kebangsaan.
  • Surat Al-Anbiya Ayat...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 06:52 WIB
    Khasiat Surat Al-Anbiya ayat 82 antara lain dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Adapun caranya yaitu dengan memperbanyak membaca Surat Al-Anbiya ayat 82 sebagai zikir setelah mendirikan salat fardhu.