Topik Terkait: Universitas Islam Madinah (halaman 99)

  • Sthepen Hawking, Atheis...
    Hikmah
    Senin, 28 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Sthepen Hawking. Siapa yang tak mengenalnya? Di kalangan para ilmuwan dia disejajarkan dengan tokoh ilmuwan klasik sekelas Albert Einsten, Sir Isaac Newton dan tokoh ilmuwan hebat lainnya.
  • Rasulullah SAW Mengangkat...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 09:57 WIB
    Di antara tanda-tanda kiamat adalah orang-orang hina diangkat sebagai pemimpin dan lebih mempercayakan mereka melebihi orang-orang terbaik mereka.
  • 7 Keutamaan Surah Al-Baqarah
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 20:11 WIB
    Surah Al-Baqarah (sapi betina) adalah surah kedua dari 114 surah Alquran. Surah Al-Baqarah dimasukkan dalam golongan surat Madaniyyah dan merupakan surah terpanjang dalam Alquran.
  • Orang yang Dibenci dan...
    Tausiyah
    Jum'at, 27 Desember 2019 - 16:55 WIB
    Banyak hadis Nabi menjelaskan tentang amalan yang paling dicintai Allah Taala. Lalu, siapa sebenarnya orang yang dicintai dan dibenci Allah Taala.
  • Kisah Penciptaan Nafsu...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Januari 2020 - 16:19 WIB
    Pengarang Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) Abu Laits As-Samarqandi menceritakan kisah penciptaan Akal (al-Aql) dan Nafsu (Nafsun atau Nufusun).
  • Jihad Laut Daulah Aghlabiyah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 November 2021 - 15:50 WIB
    Daulah Aghlabiyah mencapai masa keemasan ketika di bawah pimpinan Ziyadatullah I. Pasukan dinasti ini mampu melakukan ekspansi hingga ke wilayah Eropa. Benua Afrika pun berjaya.
  • 5 Hak Istri yang Wajib...
    Muslimah
    Kamis, 15 September 2022 - 10:16 WIB
    Umumnya, percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut
  • 7 Cara Berhias yang...
    Muslimah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 07:44 WIB
    Ada banyak jenis cara berhias untuk mempercantik diri kaum muslimah. Namun, Islam memberi rambu-rambu agar dandanan atau perhiasan yang dipakai muslimah tidak berdampak pada murkanya Allah
  • Bolehkah Memakai Hand...
    Tausyiah
    Kamis, 23 April 2020 - 16:36 WIB
    Penggunaan Hand Sanitizer di saat musibah pandemik saat ini sudah tidak asing lagi. Muncul pertanyaan, bagaimana hukumnya jika Hand Sanitizer mengandung alkohol?
  • Kisah Harun Al-Rasyid...
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 18:25 WIB
    Pada tahun kedua, pemerintahan Khalifah Harun Al-Rasyid, wilayah Dinasti Abbasiyah mendapat rongrongan baru dengan lahirnya Dinasti Idrisiyah di Maroko dan bangkitnya Kekaisaran Carolingian di Eropa Barat.
  • Sejarah Pemegang Kekuasaan...
    Hikmah
    Sabtu, 07 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Secara geografis, para ahli membagi wilayah Arab ke dalam lima bagian yaitu Hijaz, Tihamah, Najd, Arud, dan Yaman. Adapun Hijaz terdiri dari tiga kota yaitu Makkah, Madinah dan Thaif.
  • Akhlak terhadap Sesama...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 15:11 WIB
    Petunjuk mengenai hal ini bukan hanya dalam bentuk larangan melakukan hal-hal negatif seperti membunuh, atau mengambil harta tanpa alasan yang benar, melainkan juga sampai kepada menyakiti hati.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 15:58 WIB
    Sebagai gantinya dibawakan seekor kuda beban. Tetapi waktu berjalan kuda itu bertingkah dan gentanya bergemerincing. Yang demikian ini tidak disukai oleh Khalifah Umar.
  • Kisah Umar bin Abdul...
    Dunia Islam
    Rabu, 17 November 2021 - 15:51 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz membebaskan budak yang meracuni dirinya sebelum beliau wafat. Alas, kau sudah meracuniku. Apa yang membuatmu tega melakukan hal itu? tanya Khalifah kepada budaknya.
  • Menikahlah, Katakan...
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 08:58 WIB
    Kebanyakan muslim dan muslimah yang berpacaran, banyak melanggar syariat yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Mereka saling bersentuhan dan kadang mereka nampak asyik mengumbar kemesraan.
  • Inilah Penyakit yang...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Juli 2023 - 23:27 WIB
    Rasulullah SAW pernah mengabarkan bahwa ada satu penyakit yang akan menimpa umat Islam di akhir zaman. Penyakit ini sangat berbahaya sehingga kita wajib untuk mewaspadainya.
  • Musik Haram? Bahkan...
    Dunia Islam
    Jum'at, 24 September 2021 - 15:30 WIB
    Ulama memang masih berbeda pendapat tentang hukum nyanyian dan musik. Ada yang membolehkan dan ada yang melarang. Asal tahu saja ya, notasi musik ternyata temuan ilmuwan Islam.
  • Mau Menikah? Ini Hadis-hadis...
    Tips
    Jum'at, 12 November 2021 - 18:12 WIB
    Islam memandang pernikahan dan pembentukan keluarga sebagai sarana efektif untuk memelihara muslim dan muslimah dari kerusakan, dan melindungi masyarakat dari kekacauan.
  • Masjid Jumat, di Sinilah...
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:03 WIB
    Rasulullah SAW mendirikan sholat Jumat pertama kali di Madinah, tepatnya di Masjid Jumat. Sayangnya, masjid dalam penegakan syiar Islam ini kerap terlupakan.
  • Syam dan Mesir Ditaklukkan...
    Hikmah
    Kamis, 11 Juli 2024 - 14:43 WIB
    Ketika Heraklius menemui ajalnya di Konstantinopel, keadaan istana sudah dicekam oleh kekacauan akibat bencana yang telah menimpa Syam dan Mesir.