Kumpulan Artikel: Ramadhan (halaman 45)

  • Bolehkah Harta Zakat Didistribusikan untuk Korban Terdampak Corona?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 08:05 WIB
    Distribusi zakat untuk mereka yang terdampak Covid-19 perlu mendapat kajian ulama dan pemerintah. Apakah harta zakat boleh didistribusikan kepada korban terdampak wabah Corona ini?
  • Meraih Lailatul Qadar, Apakah Harus Begadang Semalam Suntuk?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Banyak yang bertanya haruskah seseorang menghidupkan malam tanpa tidur dengan ibadah jika ingin meraih Malam Lailatul Qadar? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Zarkasih Lc.
  • Mukmin yang Membaca Al-Quran Seperti Jeruk Manis, Begini Maksudnya
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  • Lailatul Qadar, Gus Baha: Saleh Kelas Ringan Juga Dapat
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 17:00 WIB
    Gus Baha yakin, berkah luasnya Rahmat Allah, selagi umat Nabi, yang ketika itu tak maksiat, meski saleh-saleh biasa, saleh kelas ringan, tetap dapat lailatul qadar
  • Mimpi Rasulullah SAW Diperlihatkan Lailatul Qadar
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Memburu Kemaafan di 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 23:12 WIB
    Banyaknya nama dan julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan memiliki kedudukan agung. Sebagaimana Al-Quran memiliki banyak nama, Ramadhan juga punya banyak julukan.
  • Ada Apa dengan Ayat Kursi? Ini Keutamaannya
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:53 WIB
    Siapa yang tak kenal dengan Ayat Kursi? Ayat 255 dari surah Al-Baqarah yang merupakan ayat populer dan paling banyak dihapal umat Islam di dunia.
  • Lailatul Qadar Kompensasi Usia Umat Nabi Muhammad yang Pendek
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 17:08 WIB
    Allah memberi Lailatul Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan saat Rasulullah menganggap usia umatnya terlalu pendek untuk beribdah bila dibandingkan ummat terdahulu.
  • Taubat di Bulan Ramadhan: Masih Ada Waktu Sedikit Lagi
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:46 WIB
    Wahai hamba-hamba yang lalai dari kebenaran, padahal telah dibukakan pintunya. Bersiaplah kalian untuk diterima, karena sekarang adalah waktunya pengijabahan.
  • Mengambil Hikmah Puasa dalam Memerangi Pandemi Covid-19
    Hikmah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:43 WIB
    Dalam Bahasa Arab, puasa dikenal dengan istilah Shaum atau Shiyam. Keduanya memiliki makna Al-Imsak yaitu menahan diri atau menunda kesenangan.
  • Santri Dididik Jadi Ahli Pikir-Zikir
    Santri
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 11:45 WIB
    Pengasuh Ponpes Pancasila Kiai Muhlasin menyatakan, pesantren yang diasuhnya menggabungkan dua unsur ilmu pengetahuan umum dan agama.
  • Memperkuat Silaturahmi meski Hanya Lewat Daring
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:03 WIB
    Tradisi umat Islam di Indonesia setelah berpuasa Ramadhan selama sebulan adalah melakukan silaturahmi untuk saling memaafkan. Namun di masa Covid-19 ini silaturahmi sulit dilakukan karena demi menghindari terjadinya penularan virus.
  • Inilah Masjid Pertama yang Dibangun di Muka Bumi
    Hikmah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:15 WIB
    Masjid adalah rumah ibadah bagi umat Islam yang berarti sujud atau tunduk. Masjid artinya tempat bersujud dan sebutan lain bagi masjid adalah mushalla, langgar atau surau.
  • Totalitas Puasa untuk Meraih Taqwa
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:02 WIB
    Puasa itu arti mencegah (imsak) dan menahan. Artinya, menahan diri dari yang membatalkan puasa berupa makan, minum dan menyalurkan syahwat kepada pasangan yang sah.
  • Begini Rasanya Disalami Malaikat Jibril di Malam Lailatul Qadar
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 04:09 WIB
    Badan merinding, hati merasa tenang dan damai, serasa ingin menangis, dan keyakinan beriman kepada Allah semakin mantap, mungkin Anda sedang disalami Malaikat Jibril.
  • 4 Bahaya Jika Seseorang Menjauh dan Melupakan Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Sejak 14-15 Abad lalu, Allah Taala sudah menyebutkan akan datangnya masa umat Islam menjauh dari Al-Quran. Menjauh artinya tidak membacanya, tidak mentabburinya, apalagi mengamalkannya.
  • Tata Cara Iktikaf Menurut Ustaz Abdul Somad
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 23:45 WIB
    Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari disebutkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan itikaf di 10 terakhir Ramadhan hingga beliau wafat.
  • Panduan Khutbah Singkat Idul Fitri dari Lembaga Dakwah PBNU
    Tips
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:49 WIB
    Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan panduan singkat khutbah Idul Fitri untuk keluarga di rumah. Khutbah Idul Fitri ini bisa dibaca oleh keluarga di rumah.
  • Bolak-balik Melakukan Dosa, Ini Penawarnya
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 13:52 WIB
    Semua manusia pasti pernah melakukan dosa dan kesalahan kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (beliau makshum, terpelihara dari dosa).
  • Miliki Pengajar Beragama Hindu, Ngaji Kitab Kuning dengan Bahasa Bali
    Santri
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 11:08 WIB
    Di semua ponpes, Talimul Mutaallim menjadi semacam kajian wajib santri. Bedanya, di ponpes yang terletak di Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali ini, mengaji kitab kuning dilakukan menggunakan bahasa Bali.