Kumpulan Artikel: Ramadhan 2020

  • Doa Akhir Bulan Ramadhan Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 17:24 WIB
    Tak terasa kita sudah berada di pengujung bulan Ramadhan 1443 Hijriyah, Ahad (1/5/2022). Berikut doa agar dipertemukan lagi dengan Ramadhan mendatang.
  • Ramadhan Telah Pergi, Ini Tanda Diterima Atau Tidaknya Puasa Kita
    Tausyiah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 07:42 WIB
    Hampir seminggu bulan Ramadhan telah meninggalkan kita. Banyak yang bertanya-tanya, bagaimana nasib puasa kita di bulan Ramadhan, apakah diterima atau ditolak?
  • Nasihat Buya Yahya di Hari Idul Fitri, Bergembiralah!
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Jangan Lengah! Ini Pesan Habib Umar di Hari-hari Terakhir Ramadhan
    Tausyiah
    Kamis, 21 Mei 2020 - 23:44 WIB
    Tidak terasa hari ini kita sudah sampai di hari-hari pengujung bulan Ramadhan 1441 Hijriyah. Hari yang menentukan berhasil tidaknya puasa yang kita jalani.
  • Lebaran di Tengah Pandemi, Apakah Dianjurkan Berjabat Tangan?
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:58 WIB
    Di hari-hari terakhir Ramadhan, masyarakat muslim Indonesia biasanya sibuk menyiapkan berbagai keperluan lebaran. Namun, saat ini suasana lebaran akan berbeda dari biasanya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Inilah Ayat Terakhir yang Diturunkan ke Langit Dunia
    Tips
    Rabu, 20 Mei 2020 - 20:12 WIB
    Para ulama mengatakan bahwa Al-Quran diturunkan ke Baitul Izzah (langit dunia) dari Lauhul Mahfuz ketika malam Lailatul Qadar. Lalu apa ayat terakhir yang diturunkan ke langit dunia?
  • Penyebab Mulut Firaun Menganga Ketika Mati
    Hikmah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 17:45 WIB
    Dari sekian banyak mumi raja-raja Mesir yang ditemukan para arkeolog, hanya mumi Ramses II yang ditemukan dalam posisi mulut terbuka menganga, seperti orang yang menahan kesakitan.
  • Ustaz Muchlis: Jangan Mengandalkan Diri, Libatkan Selalu Allah Taala
    Tausyiah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 16:34 WIB
    Beberapa training yang memotivasi diri fokus pada permainan kata-kata dan membuka pikiran, seringkali kita dengar kamu adalah yang berkuasa atas dirimu atau kamu adalah yang menentukan masa depanmu.
  • Hari Raya Idul Fitri, Tetap Bahagia dalam Pembatasan
    Tausyiah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 07:07 WIB
    Meski Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi Covid-19, momentum 1 Syawal 1441 H seyogianya tidak mengurangi makna hari kemenangan sebagai ekspresi rasa syukur atas keagungan Allah SWT.
  • 9 Keutamaan Lailatul Qadar, Salah Satunya Doa Diaminkan Malaikat Jibril
    Tausyiah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Lailatul Qadar merupakan salah satu anugerah Allah Taala untuk umat Rasulullah SAW. Kedudukan malam itu semua amal ibadah dilipatgandakan oleh Allah Taala. Berikut keutamaannya.
  • 3 Alasan Mengapa Lailatul Qadar Dianugerahkan kepada Umat Nabi Muhammad
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Al-Quran menjelaskan keutamaan Lailatul Qadar dalam satu surah yang sering dibaca setiap bulan Ramadhan yaitu Surah Al-Qadr (kemuliaan) terdiri dari 5 ayat.
  • Belajar dari Thalut, Raja Beriman yang Berhasil Menundukkan Nafsu
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 20:19 WIB
    Thalut adalah seorang raja beriman pemimpin Bani Israel pada masa Nabi Daud alaihissalam masih remaja. Ada pelajaran berharga dari kisah Raja Thalut melawan Jalut yang zalim.
  • 10 Malam Terakhir Ramadhan, Waktu Terbaik untuk Berdoa
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 17:46 WIB
    Keutamaan berdoa di bulan Ramadhan tidak perlu diragukan lagi karena semua hari-harinya adalah makbul, apalagi di pengujung 10 hari terakhir Ramadhan.
  • Meraih Lailatul Qadar, Apakah Harus Begadang Semalam Suntuk?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 03:20 WIB
    Banyak yang bertanya haruskah seseorang menghidupkan malam tanpa tidur dengan ibadah jika ingin meraih Malam Lailatul Qadar? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Zarkasih Lc.
  • Mukmin yang Membaca Al-Quran Seperti Jeruk Manis, Begini Maksudnya
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  • Mimpi Rasulullah SAW Diperlihatkan Lailatul Qadar
    Tips
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:05 WIB
    Dalam Hadis Sahih Muslim bab Kitab Puasa disebutkan tentang keutamaan Lailatul Qadar. Salah satunya mimpi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan Lailatul Qadar.
  • Memburu Kemaafan di 10 Hari Terakhir Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 23:12 WIB
    Banyaknya nama dan julukan menunjukkan sesuatu itu mulia dan memiliki kedudukan agung. Sebagaimana Al-Quran memiliki banyak nama, Ramadhan juga punya banyak julukan.
  • Ada Apa dengan Ayat Kursi? Ini Keutamaannya
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:53 WIB
    Siapa yang tak kenal dengan Ayat Kursi? Ayat 255 dari surah Al-Baqarah yang merupakan ayat populer dan paling banyak dihapal umat Islam di dunia.
  • Mengambil Hikmah Puasa dalam Memerangi Pandemi Covid-19
    Hikmah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 16:43 WIB
    Dalam Bahasa Arab, puasa dikenal dengan istilah Shaum atau Shiyam. Keduanya memiliki makna Al-Imsak yaitu menahan diri atau menunda kesenangan.
  • Memperkuat Silaturahmi meski Hanya Lewat Daring
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:03 WIB
    Tradisi umat Islam di Indonesia setelah berpuasa Ramadhan selama sebulan adalah melakukan silaturahmi untuk saling memaafkan. Namun di masa Covid-19 ini silaturahmi sulit dilakukan karena demi menghindari terjadinya penularan virus.