Topik Terkait: Kisah Siti Sarah

  • Kisah Pilu Tatkala Siti Hajar Menghapus Jejaknya Agar Tidak Terlacak Siti Sarah
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:21 WIB
    Rasulullah SAWmenyampaikan kepada kita bahwa dalam kepergiannya Hajar menyeret bajunya di belakangnya untuk menghapus jejak kakinya agar Sarah tidak mengetahui ke mana dia pergi.
  • Tatkala Siti Sarah Bersumpah akan Memotong Daging Siti Hajar
    Hikmah
    Jum'at, 24 April 2020 - 07:54 WIB
    Siti Hajar seringkali berani menentang omongan Siti Sarah. Saking jengkelnya, Siti Sarah mengucapkan sumpah yang berat, yaitu akan memotong daging Siti Hajar.
  • Ini Doa Siti Sarah Ketika Mengalami Pelecehan Seksual
    Hikmah
    Sabtu, 03 September 2022 - 13:33 WIB
    Seorang raja menghendaki Siti Sarah menjadi istrinya. Dan ketika raja itu mulai nakal, Siti Sarah berdoa kepada Allah SWT sehingga tangan sang raja menjadi kaku.
  • Raja Mesir Memaksa Menikahi Siti Sarah Akhirnya Taubat
    Hikmah
    Kamis, 23 April 2020 - 10:55 WIB
    Setelah raja mendekati Sarah dan hendak meraba dengan tangannya, tangan itu jadi kaku. Raja pun bertaubat sehingga tangannya bisa digerakkan kembali.
  • Meneladani Siti Sarah Istri Nabi Ibrahim : Wujud Kecantikan Dunia dan Akhirat
    Muslimah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:20 WIB
    Meneladani istri Nabi Ibrahim Alaihissalam, yakni Sarah atau Siti Sarah penting bagi kaum muslimah saat ini. Istri pertama Nabi Ibrahim ini, merupakan contoh seorang muslimah yang selamat dari godaan nafsu Firaun.
  • Kisah Hikmah : Belajar Sabar dari Siti Hajar!
    Muslimah
    Minggu, 27 November 2022 - 11:02 WIB
    Kehadiran Siti Hajar dalam kehidupan Nabi Ibrahim Alaihissalam, berkat istri pertamanya Sarah. Siti Hajar pada awalnya merupakan budak yang membantu Sarah, istri Nabi Ibrahim tersebut.
  • Begini Kisah Nabi Ibrahim dalam Taurat yang Dikoreksi Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 11:39 WIB
    Apa yang disebutkan di dalam hadis tentang keadaan Hajar, habisnya air, sai Hajar di antara Shafa dan Marwah, datangnya Jibril yang memancarkan air, dan perincian-perincian lain tidaklah disinggung dalam Taurat.
  • Cerita Ajaran: Siti Fatimah dan Binatang
    Hikmah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:56 WIB
    Fatimah menghabiskan hari-hari baiknya dengan menyebut keinginannya ke kusen di dinding, Mihrab, berilah aku kekuatan untuk memahami dan berbicara dengan binatang.
  • Kisah Khalifah Umar dan Gadis yang Jujur
    Hikmah
    Senin, 28 Mei 2018 - 17:11 WIB
    Khalifah Umar bin Khaththab radhiallahu anhu (RA) memiliki kegemaran ronda malam sendirian untuk melihat langsung kondisi rakyatnya.
  • Sosok Siti Aminah, Perempuan Mulia Ibunda Nabi SAW
    Muslimah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 15:05 WIB
    Sosok ibu teramat mulia. Apalagi seorang ibu yang melahirkan manusia yang sangat mulia di bumi dan langit yakni Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Dialah Siti Aminah.
  • Kisah Sufi: Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Kisah Nabi Musa Mendakwahi Firaun dengan Lembut, Begini Ucapannya
    Hikmah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Nabi Musa alaihissalam diutus oleh Allah untuk mendakwahi Firaun, raja Mesir yang zalim. Beliau diperintahkan berbicara kepada Firaun dengan kelembutan.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kandil Besi
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 10:19 WIB
    Kisah ini disampaikan di sebuah madrasah sufi, sebagai suatu latihan-pengembangan bagi para murid yang dianggap terlalu berpikir harafiah atau literal.
  • Kisah Sufi Malik Dinar Mencari Guru Tersembunyi
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Dalam kisah ini, Raja yang Menang adalah perwujudan fungsi akal yang lebih tinggi, yang disebut Rumi Roh Manusia, yang harus manusia kembangkan sebelum ia bisa berfungsi dalam keadaan tercerahkan.
  • Kisah Abu Nawas Mencari Jodoh: Doanya Itu Lho Penuh Siasat
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 18:31 WIB
    Kisah Abu Nawas mencari jodoh cukup religius, juga menggelitik. Dibilang religius, karena ia rajin berdoa dalam rangka mendapatkan gadis pujaannya. Menggelitik, karena redaksi doa itu tak lazim.
  • Kisah Ulat Berzikir dan Malunya Nabi Daud AS
    Hikmah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 13:15 WIB
    Kisah Nabi Daud banyak dijelaskan dalam Al-Quran, terutama dalam 9 surat berikut, surat Shad, Surat Al-Anbiya, An-Naml, Saba, Al-Baqarah, An-Nisa, Al-Maidah, Al-Anam dan Al-Isra.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2020 - 12:50 WIB
    Dalam ajaran kejiwaannya, para sufi menganggap penyampaian pengetahuan secara biasa niscaya rentan terhadap penyimpangan dan kekeliruan oleh sebab penyuntingan
  • Kisah Hikmah : Tentang Tasbih Fatimah
    Muslimah
    Minggu, 07 November 2021 - 07:25 WIB
    Dalam kitab Fadhail Amal karya Maulana Muhammad Zakariya al Kandhalawi, ada kisah yang sangat penuh dengan hikmah pembelajaran tentang hidup, yakni kisah Tentang Tasbih Fatimah.
  • Kisah Heroik Abu Bakar Saat Menemani Rasulullah Hijrah
    Hikmah
    Rabu, 06 Juni 2018 - 21:06 WIB
    Abu Bakar As-Shiddiq radhiallahu anhu (RA) bukanlah seorang Rasul, namun keutamaan dan kebaikannya tak pernah habis untuk dituliskan.
  • Kisah Sahabat Nabi Disandera Jin Saat Hendak Salat Isya
    Hikmah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:49 WIB
    Kisah sahabat Nabi disandera oleh Jin saat hendak pergi sholat Isya termasuk kisah unik yang sarat dengan hikmah. Kisah ini terjadi pada zaman Sayyidina Umar bin Khattab.